Manfaat tanaman Mahkota ilahi

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Agustus 27, 2019
Mahkota yang kuasa (Phaleria macrocarpa)
Mahkota dewa
(Phaleria macrocarpa)
Mahkota tuhan (Phaleria macrocarpa) berasal dari Papua Irian Jaya, seringkali ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, berbatang kayu pendek dan bercabang banyak. Buah mahkota tuhan ini bundar, diameter 3-5 cm, permukaan licin, beralur, berwarna merah menyala dan saat muda berwarna hijau, yang tumbuh di batang utama hingga ranting. Daging buah berwarna putih, berserat dan berair, biji bulat, keras, berwarna coklat. Berakar tunggang dan berwarna kuning kecoklatan. Perbanyakan dengan cangkok dan bijinya. Daun lingkaran panjang, daun tunggal bertangkai pendek, runcing, menyirip dan rata, berwarna hijau tua, panjang 7-10 cm, lebar 2-5 cm. Bunga muncul sepanjang tahun, tersebar dibatang atau ketiak daun, berwarna putih.
Selain keuntungannya mahkota yang kuasa mengandung racun yang menyebabkan mabuk, kejang. Untuk itu perlu diperhatikan takaran pemakaian dalam memakai tanaman obat ini.

Famili
Thymelaeaceae

Nama Lain
Makuto Rojo (Jawa)
Makuto Ratu
Obat dewa
Pau (Obat Pusaka)
Crown of God
Boh Anggota yang kuasan
Simalakama (Malayu)

Sifat Kimiawi dan pengaruh Farmakologis
Mahkota yang kuasa ini rasanya agak pahit dan mengandung :
  1. Alkaloid, bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam badan
  2. Saponin yang bermanfaat sebagai :sumber anti basil dab anti virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, dan mengurangi penggumpalan darah.
  3. Flavonid bermanfaat sebagai : melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurango kandungan kolesterol serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar resiko penyakit jantung koroner, berfungsi sebagai anti-oksidan, membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakkan.
  4. Polifenol yang berfungsi sebagai anti histamin (anti alergi)

Khasiat Mahkota ilahi
Untuk menyembuhkan banyak sekali penyakit seolah-olah :

1. Hepatitis
5 gram daging buah mahkota yang kuasa kering yang telah diiris, 15 gram pegagan, 10 gram sambiloto kering dan 15 gram daun dewa, dicuci higienis semua materi. Masak semua bahan dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, saring dan dinginkan. Minum air ramuan tersebut 3x sehari masing-masing 1 gelas.

2. Kanker dan Tumor
5 gram buah mahkota dewa yang telah diiris dan dikeringkan dicampur dengan 15 gram temu putih, 10 gram sambiloto kering dan 15 gram cakar ayam kering, cuci higienis semua bahan, lalu rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, saring dan dinginkan. Minum ramuan 1 jam sebelum makan, dengan takaran 1 gelas dan maksimal 3 gelas sehari.

3. Diabetes Militus
Buah mahkota tuhan matang sebanyak 5-6 buah, kemudian iris tipis dengan menggunakan pisau dan basuh bersih;
Rebus bahan yang telah diiris dalam 5 gelas air sampai mendidih dan biarkan air rebusan tersisa sampai 3 gelas;
Saring air rebusan dan dinginkan
Minum air rebusan 3x sehari

4. Rematik dan Asam Urat
5 gram irisan daging buah mahkota ilahi dan 15 gram akar sidaguri, 10 gram sambiloto kering, basuh bersih semua materi. Rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas, saring dan dinginkan. Minum 3x sehari masing-masing 1 gelas, diminum 1 jam sebelum makan.

Manfaat daun mahkota dewa untuk mengobati : kanker, tumor, diabetes (kencing cantik), pembengkakkan prostat, asam urat, darah tinggi (hipertensi), reumatik kerikil ginjal, hepatitis dan jantung.

Catatan :
Setiap pengobatan dilakukan secara teratur. Untuk penyakit yang serius disarankan untuk tetap berkonsultasi pada dokter.

Kunjungi tanaman berkhasiat obat yang lain di : Macam tumbuhan berkhasiat Obat


Tampilkan Komentar