Manfaat tumbuhan Obat Bunga Kenop/Gomphrena globosa L.

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 08, 2019
Manfaat tumbuhan Obat Bunga Kenop/Gomphrena globosa L.
Bunga Kenop/Gomphrena globosa L.
Bunga kenop/Gomphrena globosa L. berasal dari Amerika dan Asia, biasa ditanam sebagai tanaman hias, kadang tumbuh liar di ladang-ladang. Tumbuh baik hingga ketinggian 1.400 m di atas permukaan laut, pada tempat-tempat yang cukup mendapat sinar matahari. Selain sebagai tanaman hias juga mampu digunakan sebagai materi obat tradisional. Herba tahunan, tinggi 60 cm atau lebih dan berambut. Batangnya berwarna hijau kemerahan, berambut, membesar pada ruas percabangan. Daun duduk berhadapan, bertangkai, bentuk daun bulat telur sungsang sampai memanjang, panjang daun 5-10 cm, lebar 2-5 cm, ujung runcing, warna hijau, berambut kasar di kepingan atas dan halus di potongan bawah, warna rambut putih. Bunga bentuk bonggol, warna merah bau tanah keungu-unguan seperti bola, ada juga yang berwarna putih.

Familia
Amaranthaceae

Nama tempat
  1. Sumatera: Kembang puter, ratna pakaja.
  2. Jawa: adas-adasan, udel-udelan, gundul (Jawa).
  3. Sulawesi: taimantulu (Gorontalo).
Nama aneh
Qian ri hong (T), Globeamaranth flower (I), butang-butang (M), amarantine globuleuse, kugelamarant.

Sifat Kimiawi dan efek Farmakologis
Rasa anggun, netral, berkhasiat sebagai antibatuk (antitusif), menghilangkan sesak (antiasthmatic).

Kandungan Kimia
Gomphresin I, II, III, V, VI, dekarboksilase, nitrat reduktase, nitrit reduktase, glutamat.

Bagian yang digunakan
Bunga dan seluruh tanaman, segar atau dikeringkan.

Kegunaan
  • Sesak napas (asthma bronchial)
  • Radang susukan napas akut dan menahun (acute dan chronis bronchitis)
  • Batuk darah pada TBC, watuk rejan (pertusis)
  • Radang mata (conjunctivitis), mata merah dan bengkak.
  • Penglihatan tidak tajam dan tidak terang.
  • Sakit kepala, migren.
  • Panas pada anak, demam.
  • Panas dalam pada bawah umur karena gangguan liver.
  • Mimpi jelek (night screaming), anak selalu nangis malam hari.
  • Sering kaget pada anak, kejang pada belum dewasa.
  • Perut kembung pada bawah umur.
  • Disentri.
  • Buang air kecil tidak lancar dan sakit (dysuria).
  • Menghilangkan benjolan di badan.
  • Keseleo, koreng, gatal-gatal (pruritus), jerawat (furunculus).
  • Dan lain-lain.
Dosis Pemakaian
  1. Pemakaian luar: tumbuhan segar dari bunga kenop dihaluskan kemudian dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit atau direbus dengan air secukupnya kemudian air rebusannya digunakan untuk mencuci cuilan badan yang sakit.
  2. Pemakaian dalam (minum): 9-15 gram bunga kenop direbus kemudian diminum.
Pemakain Luar
Luka terpukul, koreng: tanaman bunga kenop secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada kepingan yang sakit.

Pemakaian Dalam
  1. Buang air kecil tidak lancar dan sakit (dysuria); 10 gram bunga kenop, 30 gram rambut jagung (Zea mays L.) direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan airnya diminum.
  2. Disentri : - 10 kuntum bunga kenop segar, 30 gram krokot segar (Portulaca oleracea L.), direbus dengan air secukupnya, lalu disaring dan diminum secara rutin, lakukan tiga kali sehari. atau 10 kuntum bunga kenop dan 30 gram patikan kebo Euphorbia hirta L.) direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, sesudah cuek disaring lalu airnya diminum.
  3. Sesak napas (asthma bronchial): 10 kuntum bunga kenop, 10 gram jahe (Zingiber officinale Rosc.), direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian disaring dan diminum airnya hangat-hangat.
  4. Radang saluran napas kronis (cronic bronchitis): 10 kuntum bunga kenop, 15 gram kaktus yang telah dikupas kulitnya (Opuntia dilleni ((Ker-Gawl.) Haw.), 10 gram jahe (Zingiber officinale Rosc.), gula batu secukupnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian airnya disaring dan diminum hangat-hangat. Sudah dibuat obat suntik. Disuntiakan pada titik akupunktur, pada 10% penderita, timbul rasa kering ditenggorokan sesudah mendapatkan suntikan, tetapi hanya sementara.
  5. Mengatasi benjolan di badan: 10 kuntum bunga kenop, 30 gram daun yang kuasa (Gynura segetum (Lour.) Merr.), direbus dengan air secukupnya kemudian disaring dan diminum airnya.
  6. Anak-anak selalu menangis malam hari: 6 kuntum bunga kenop, 2 kuntum bunga krisan (Chrysanthemum morifolium Ram.), direbus dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc, lalu airnya diminum setelah disaring.
  7. Panas dalam pada anak-anak lantaran gangguan liver: 7-14 kuntum bunga kenop, 15 gram temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.), 75 gram jali (Coix lacryma-Jobi L.) direndam hingga lembut, direbus dengan 750 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian disaring dan diminum airnya dengan menambahkan madu secukupnya sedangkan jalinya dimakan.
  8. Perut kembung pada bawah umur: 5-10 kuntum bunga kenop kering dan 5 gram jahe (Zingiber officinale Rosc.) direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring kemudian airnya diminum.
  9. Sering kaget pada anak-anak: 5-10 kuntum bunga kenop, 20 butir biji teratai (Nelumbium nelumbo Druce.) 5 butir angco (Fructus jujubae), gula batu secukupnya, direbus dengan air secukupnya kemudian airnya diminum sedangkan biji teratai dan angco nya dimakan.
  10. Penglihatan kurang tajam dan kurang jelas, mata merah: 15 kuntum bunga kenop, 30 gram bunga krisan (Chrysanthemum morifolium Ram.), direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, tambahkan madu secukupnya, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat.
  11. Sakit Kepala, migren:
  • 10 kuntum bunga kenop, 10 gram jahe (Zingiber officinale Rosc.), 60 gram lidah buaya (Aloe vera L.) yang telah dikupas kulitnya, direbus dengan 500 cc hingga tersisa 250 cc kemudian disaring dan diminum airnya hangat-hangat.
  • 15 gram bunga kenop dan 10 gram bunga krissan (Chrysanthimum, Sp.) direbus dengan 400 cc hingga tersisa 200 cc, disaring lalu diminum.
Catatan
Setiap pengobatan dilakukan secara teratur. Untuk penyakit yang serius atau berat tetap konsultasikan ke dokter.

Kunjungi tanaman memiliki kegunaan obat yang lain di Macam tanaman memiliki kegunaan Obat


    Tampilkan Komentar