Bahaya aborsi terhadap Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 10, 2019
Kesehatan Ibu Hamil
Tidak semua orang merasa senang dan senang dengan kelahiran seorang anak, meski sangat banyak juga yang sangat menginginkan kehamilan dan kelahiran. Hal ini seakan-akan Kehamilan yang tidak direncanakan, karena faktor kemiskinan, kekerabatan di luar nikah dan atau alasan yang lainnya.

Banyaknya alasan kehamilan yang tidak diinginkan, mengakibatkan sebagian perempuan menggugurkan kandungan (Aborsi) sesudah janin bersemi dalam rahimnya. Tindakan keji ini tidak hanya dilakukan oleh para perempuan berstatus istri yang bermaksud menghentikan kelangsungan kandungannya, tetapi juga banyak penyandang hamil pra-nikah melakukannya.

Di Indonesia ada sekitar 2.000.000 perkara pengguguran terjadi setiap tahun. Dan tentu jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan janjkematian balasan kecelakaan, maupun akibat penyakit.

Abortus merupakan perbuatan untuk menghentikan kehamilan dengan mengeluarkan janin dari kandungan sebelum janin mampu hidup di luar kandungan. Dan perlu anda ketahui, pengguguran ialah pembunuhan janin secara terselubung. Bagi pelaku akan dikenakan, sanksi sanksi cukup berat dan tidak hanya ditujukan kepada wanita yang bersangkutan, namun semua orang yang terlibat seperti dokter, dukun bayi, tukang obat dan yang mengobati atau menyuruh/ membantu/ melakukannya sendiri.

Dalam dunia kedokteran aborsi ada 3 macam yaitu :
  • Aborsi impulsif / Alamiah atau abortus spontaneu, yaitu pengguguran yang dilakukan tidak sengaja atau alamiah berlangsung tanpa tindakan apapun.
  • Aborsi Buatan / Sengaja atau abortus prvocatus criminalis, ialah pengakhiran kehamilan sebelum usia kehamilan 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram sebagai suatu akibat tindakan yang disengaja dan disadari oleh calon ibu maupun si pelaksana pengguguran (dalam hal ini dokter, bidan atau dukun beranak).
  • Aborsi Terapeutik / Medis atau abortus provocatus therapeuticum, merupakan pengguguran kandungan yang dilakukan atas indikasi medis. Secara Mudah pelaksanaan aborsi bergantung pada usia janin. Artinya jika usia kehamilan masih muda, pengguguran simpel dilakukan. Semakin renta semakin sulit dan resikonya makin banyak bagi ibu.

Berdasarkan keputusan MUI, pengguguran secara umum atau yang tidak berdasarkan alasan udzur syar’i merupakan perbuatan keji, berdosa besar, tidak berperikemanusiaan dan bertentangan aturan, moral, moral dan pedoman agama. Perbuatan ini sangat bertentangan dengan nilai kemanusiaan, sehingga harus dihindari terutama apa saja yang memicunya, seperti Hubungan S*ks diluar akad nikah.

Ringkasan:
  • Abortus adalah usaha untuk menghentikan kehamilan dengan mengeluarkan janin dari kandungan sebelumbisa hidup di luar kandungan,
  • Aborsi ilegal biasanya dilakukan karena faktor kemiskinan, perselingkuhan, atau kekerabatan di luar nikah,
  • Aborsi yang dilakukan tidak berdasarkan alasan udzur syar’i merupakan perbuatan keji, berdosa besar.

Tampilkan Komentar