AWAS! Kanker Sering Terjadi pada Anak

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 09, 2019
Mengobati Kanker pada Anak
Kanker merupakan penyakit yang bisa menyerang siapapun bahkan tidak dibedakan berdasarkan usia, termasuk juga bisa menyerang anak-anak bahkan juga bayi sekalipun. Penyebab mengapa sel-sel menjadi tidak terkendali sehingga memicu kanker, hingga kini tidak diketahui secara pasti.

Menurut dr Anky Tri Rini KE, SpA-Onk saat ini setidaknya ada sekitar 200 jenis kanker. Bahkan jenis kanker pada orang sampaumur juga mampu menyerang anak, tetapi ada juga yang tidak. Adapun Jenis Kanker yang Sering Terjadi pada Anak, adalah sebagai berikut:
  • Leukemia atau kanker darah yaitu jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada bawah umur. Jenis kanker ini berbeda dengan jenis kanker lainnya, lantaran leukemia adalah jenis kanker cair, bukan kanker yang berupa tumor. Leukemia kongenital, merupakan kanker yang sudah dibawa semenjak lahir, dan jenis kanker ini juga mampu menyebar ke organ tubuh lainnya. Pada anak pria, mampu menyebar ke buah zakar atau testis. Adapun menyebarnya kanker ke alat kelamin anak pria ini mampu dilihat jika besarnya testis kanan dan kiri tidak sama.
  • Retinoblastoma yaitu kanker bola mata yang juga cukup sering menyerang bawah umur. gejala awal Retinablastoma adalah mata anak terlihat seakan-akan mata kucing, mata merah, dan mata juling. Retinablastoma ini bisa menyebabkan benjolan pada mata.
  • Neuroblastoma merupakan kanker pada sistem saraf anak. Kanker ini berbentuk tumor padat yang mampu muncul di beberapa kepingan badan, dan sering kali muncul benjolan pada perut anak, yang ditandai dengan perut membesar dan padat ketika diraba.
  • Kanker tulang, tidak hanya menyerang orang remaja, namun juga bisa menyerang anak-anak. Adapun tanda-tandanya mampu berupa besarnya tungkai kaki yang tidak sama, dan yang perlu diwaspadai adalah Kanker tulang mampu menyebar ke paru-paru anak.
  • Kanker hati dan ginjal, merupakan salah satu kanker yang juga mampu menyerang bawah umur. Adapun gejalanya ialah perut anak yang semakin buncit dan apabila diraba muncul benjolan.
  • Kanker indung telur, merupakan salah satu jenis kanker yang memang jarang terjadi pada anak anak, dan hanya menyerang anak perempuan. dr Anky Tri Rini KE, SpA-Onk sendiri menyampaikan pernah mendapati pasien kanker indung telur yang ketika itu usia pasien masih belasan tahun atau masih SMP.
Ringkasan:
  • Ada sekitar 200 jenis kanker yang saat ini telah ditemukan dan bisa menyerang siapa saja,
  • Kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga mampu dialami oleh anak-anak bahkan oleh bayi yang gres dilahirkan,
  • Kanker yang Sering Terjadi pada Anak seperti, Leukemia, Retinoblastoma, Neuroblastoma, Kanker tulang, Kanker hati dan ginjal dan Kanker indung telur.

Tampilkan Komentar