9 Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Bahan Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 09, 2019
Demam Berdarah biasanya menyerang saat musim penghujan, di mana genangan air kotor di mana-mana. Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue yang diangkut oleh nyamuk aedes aegepty, yang sering berkeliaran di jam 6-9 pagi dan 2-5 sore. DBD merupakan penyakit berbahaya, bukan penyakit ringan.



Menurut catatan WHO, sekitar 50 sampai 100 juta perkara bengkak DB setiap tahun di seluruh dunia. Wanita lebih berisiko terhadap serangan penyakit ini, dibandingkan laki-laki. Di sini kita akan bahas obat tradisional untuk mengatasi penyakit ini. Bahan-bahan alami yang dipakai seperti kunyit, meniran, temu ireng, jambu biji, dan pepaya gantung.

Bahan alami itu diracik sehingga menjadi bentuk bubuk ataupun sirup. Inilah obat alami untuk menyembuhkan demam berdarah:


9 Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Bahan Alami


1. Rimpang Kunyit

Kunyit (Curcuma domestica) mempunyai sifat anti tumor, anti virus, anti mikroba, antioksidan, dan anti invasi sel kanker. Rempah ini mampu juga digunakan untuk membantu menyambuhkan penyakit DBD.

2. Daun Meniran


Meniran (Phyllanthus Urinaria) memiliki zat flavonoid yang bisa menambah trombosit darah sehingga baik untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue. Senyawa lain yang terdapat di dalamnya seakan-akan alka-loid, tannin, asam fenolat, dan triterpenoid. Semua senyawa itu bermanfaat untuk membantu mengobati demam berdarah. Cukup dengan minum air yang diperoleh dengan merebus daunnya. Lakukan dengan teratur untuk hasil maksimal.

3. Daun Pepaya Jantan

Daun pepaya mengandung beberapa senyawa seolah-olah karpain, kontinin, glikosida, karposid, miosmin, dan papain. Pepaya gandul lebih efektif dalam mengobati pembengkakan hati pada pasien demam berdarah. Daun Pepaya juga mempunyai anti-koagulan, antioksidan dan bisa mengatasi luka usus ataupun lambung.

4. Daun Jambu Biji

Flavonoid yang terdapat di dalamnya juga dapat meningkatkan kadar trombosit di dalam darah. Daun Jambu biji mempunyai minyak atsiri, tanin, dan minyak lemak. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa zat tanin di dalam daun Jambu biji sanggup menghambat aktifitas enzim reverse transcriptase yang dilakukan oleh virus dengue. Manfaat ini bisa diperoleh dengan konsumsi ekstrak kering daunnya.

5. Temu Ireng

Temu ireng juga membantu memperbaiki kerusakan sel-sel hati yang dialami oleh pasien DBD.


Ramuan herbal untuk mengobati demam berdarah


6. Daun pegagan dan Tapak dara

Siapkan 16gr daun pegagan kering, 15gr daun tapak dara kering, 15gr daun yang kuasa, dan 10 lembar daun jambu biji. Semua materi dicuci hingga higienis, rebus bersama 600ml air higienis. Tunggu sampai airnya mendidih dan menyusut setengahnya. Angkat, biarkan airnya cuek. Minum ramuan tradisional ini sebanyak dua kali dalam sehari, ulangi hingga sembuh.

7. Daun yang kuasa

Sediakan 10 lembar daun jambu biji, 5 lembar daun dewa, jeruk nipis, dan 1 sdt madu. Kedua daun direbus bersama lima gelas air hingga mendidih dan airnya menyusut tiga gelas. Saring, biarkan airnya dingin. Tambahkan air jeruk nipis dan madu ke dalamnya. Minum ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari, masing-masing 2 gelas. Ulangi hingga sembuh.

8. Buah Jambu biji

Sediakan buah jambu biji, kunyit, dan temulawak. Semua bahan dipotong-potong, haluskan ke dalam blender. Minum ramuan ini di pagi dan malam hari.

9. Kelapa Hijau

Sediakan kelapa hijau yang masih muda dan jeruk nipis. Peras jeruk nipis untuk didapatkan airnya, campur dengan air kelapa hijau. Minum airny setiap hari hingga sembuh.

Itulah ramuan herbal untuk menyembuhkan demam berdarah. Pelajari ihwal 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami. Pilih salah satu cara pengobatan yang mudah dilakukan. Konsultasi dengan dokter, untuk menyelidiki kondisi kesehatan Anda.

Tampilkan Komentar