7 makanan dan Minuman Pantangan untuk Ibu Hamil

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 25, 2019
Minuman Pantangan untuk Ibu Hamil
Kesehatan Ibu Hamil dan perkembangan janin sangat rentan terhadap gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari turunan ataupun teladan kehidupan. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi Bunda yang ingin memiliki bayi lahir sehat. Bahkan pantangan Ibu Hamil dari aspek medis, sering dilakukan lantaran tradisi yang berkembang di masyarakat.

Pada artikel ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memaparkan Pantangan kuliner dan Minuman Untuk Ibu Hamil, yang di pandang dari sisi medis:

  • Ibu Hamil dihentikan  Makanan Mentah, baik dari binatang dan sayuran karena memiliki resiko tinggi memicu gangguan Kesehatan Ibu Hamil. Mengkonsumsi makanan mentah sangat berisiko keguguran terutama pada Kehamilan Usia Muda.
  • Ikan dengan Kandungan Merkuri tidak boleh dikonsumsi Ibu Hamil, karena dikhawatirkan mampu menggaggu perkembangan otak dan sistem saraf janin. Adapun jenis ikan yang banyak mengandung merkuri seperti ikan mackerel, ikan todak, tilefish.
  • Ibu Hamil dihentikan Makan makanan Pemicu Alergi, lantaran risiko alergi mungkin juga dialami oleh janin di dalam kandung. Adapun jenis makanan yang sering menjadi penyebab alergi seperti misalkan kacang atau produk olahannya.
  • Minuman Beralkohol tidak boleh dikonsumsi Ibu Hamil, lantaran mampu menghambat asupan nutrisi bagi janin Bunda selain itu oksigen yang diharapkan janin akan tersendat. Alkohol juga akan menyampaikan pengaruh pada kemampuan otak janin sehingga menyebabkan beberapa gangguan bayi ketika lahir termasuk IQ dan gangguan fisik lainnya.
  • Minuman Mengandung Kafein merupakan salah satu Pantangan untuk Ibu Hamil, terutama yang berasal dari minuman aksesori. Hal ini dikarenakan meningkatkan resiko keguguran dan bayi lahir dengan berat tubuh yang rendah bahkan bisa juga menyebabkan ajal di ketika persalinan.
  • Makanan dengan Kalori yang berlebih, akan memicu obesitas pada Ibu Hamil. Ibu Hamil yang mengalami obesitas sebelum ketika hamil akan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan berlebih bahkan beresiko diabetes. Namun bukan berarti Bunda mampu menurunkan berat badan pada abad kehamilan yang menghambat nutrisi untuk janin.
  • Susu yang mentah atau yang tidak Dipasteurisasi tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, lantaran Pasteurisasi susu dilakukan bertujuan untuk membasmi kuman jahat dengan menggunakan suhu panas. Sehingga apabila susu masih mentah, dikhawatirkan ada basil yang mampu berbahaya untuk kehamilan termasuk keguguran.


Ringkasan:
  • Gangguan Kesehatan Ibu Hamil bisa disebabkan lantaran hal sepele, seakan-akan mengkonsumsi makanan yang salah,
  • Pantangan kuliner Ibu Hamil seolah-olah makanan Mentah, Ikan dengan Kandungan Merkuri, Makan makanan Pemicu Alergi, makanan mengandung Kalori tinggi.
  • Pantangan Minuman Ibu hamil seakan-akan Minuman Beralkohol, Minuman mengandung kafein tinggi, dan susu mentah.

Tampilkan Komentar