5 Manfaat Biji Durian Yang Jarang Diketahui

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 10, 2019
Durian merupakan tanaman tropis yang buahnya dapat dimakan. Seperti namanya, durian memiliki ciri khas berupa kulit buah yang keras dan tajam seolah-olah duri. Buah kontroversial, di mana sebagian orang menyukainya dan yang lain benci dengan aromanya.


5 Manfaat Biji Durian Yang Jarang Diketahui

Durian (Durio zibenthinus Murr) memberikan banyak kontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan. Abu kulit durian dapat dipakai untuk melancarkan menstruasi. Kulit buahnya sering dijadikan sebagai pengusir nyamuk. Untuk meredakan demam, minumlah air yang didapatkan dengan merebus daunnya.


5 Manfaat Biji Durian Yang Jarang Diketahui


Biji durian dapat dikonsumsi dengan mengolahnya terlebih dahulu. Nutrisi yang terdapat di dalamnya seperti protein, lemak, karbohidrat, fosfor, dan kalsium. Tidak hanya itu, biji durian juga mengandung pati dalam jumlah tinggi sehingga dapat dipakai sebagai alternatif pengganti kuliner pokok. Bijinya mampu dimakan sebagai bubur yang mempunyai rasa nikmat, dengan pengolahan yang baik.

Perhatian: Jangan memakan biji durian mentah, lantaran asam lemak siklopropena (cyclopropene) yang terapat di dalamnya bersifat racun bagi tubuh.

Biji durian mampu diolah dengan metode ekstraksi. Biji dikeringkan sehingga diperoleh pati dengan menghaluskan bahan hingga berukuran sangat kecil atau ibarat debu halus.

1. Meningkatkan energi badan

Biji durian mempunyai sari pati dalam kadar tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh. Rebus bijinya untuk mendapatkan manfaat ini.

2. Menyehatkan tulang dan gigi


Sebuah penelitian menunjukkan adanya fosfor dan kalsium di dalam biji durian, yang baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Kedua mineral ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, menguatkan gigi, serta mencegah osteoporosis. Kaprikornus, mulai kini tidak harus minum susu berkalsium saja, banyak sumber kalsium lain yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan mineral ini. Baca: 14 Cara Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat Di Usia Lanjut!

3. Mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi badan

Protein yang terkandung di dalam biji durian bermanfaat untuk membantu mengikat lemak di dalam badan, menguatkan otot, serta menjaga daya tahan tubuh.

4. Sebagai bahan adonan tablet

Dengan proses ekstrasi akan diperoleh serbuk biji durian, yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk campuran tablet. Proses ekstrasi dimulai dengan mencuci bijinya hingga benar-benar bersih, jemur di bawah terik matahari. Setelah dihaluskan hingga berbentuk pati, ekstrasi akan menghasilkan butiran yang sangat halus.

5. Menjadi kuliner sehat yang enak

Biji durian dapat diolah menjadi kuliner yang lezat, atau dengan pengolahan sederhana tetap memiliki rasa nikmat. Berbagai nutrisi yang terdapat di dalam biji durian membuatnya tergolong kuliner sehat yang cukup memiliki nilai gizi. Nutrisi yang dimaksud seakan-akan karbohidrat, kalsium, protein, lemak, fosfor, dan lainnya. Konsumsi biji durian dapat dilakukan dengan merebus atau memanggangnya, hingga menjadi sebuah cemilan nikmat dan kaya nutrisi yang sangat diharapkan oleh badan.

Fakta nutrisi biji durian

Di bawah ini yaitu nutrisi yang terdapat di dalam 100 gram biji durian mentah tanpa kulit, dikutip dari publikasi ilmiah:


  • 2.6 g Protein
  • 51.5 g Kadar air
  • 0.4 g Lemak
  • 43.6 g Karbohidrat
  • 17 mg Kalsium
  • 1.0 mg Zat Besi
  • 1.9 g Abu
  • 68 mg Fosfor
  • 962 mg Kalium
  • 3 mg Natrium
  • 250 µg BetaKaroten
  • 0.9 mg Niacin
  • 0.05 mg Riboflavin
  • 520 kJ Energi

Anda mampu melihat banyak sekali gizi terdapat di dalam biji ini. Kaprikornus saya rasa sangat disayangkan jika kita membuang biji durian, sehabis makan buahnya. Dengan makan biji durian yang telah diolah, banyak manfaat didapat seakan-akan stamina badan meningkat. Demikian pula tulang makin kuat.

Tampilkan Komentar