5 Cara Efektif Untuk Mengatasi Kepikunan Dini

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 06, 2019
Daya ingat sangat dibutuhkan untuk menunjang semua aktivitas sehari-hari. Kepikunan dapat menyebabkan berbagai masalah dalam kehidupan. Semua planning yang telah disusun dengan baik, mampu menjadi acak-acakan balasan ingatan yang buruk. Memori otak yang kuat diharapkan oleh semua orang, khususnya di usia produktif. Sayangnya kepikunan mampu dialami oleh seseorang di usia muda, yang seharusnya punya daya ingat yang baik.


5 Cara Mengatasi Kepikunan Dini
Penyakit mudah lupa menjadi sulit diobati, tanpa cara penanganan yang sempurna. Kepikunan biasanya dialami oleh usia lanjut, namun kini tidak sedikit orang muda yang memiliki daya ingat yang rendah. Gaya hidup dan contoh makan bisa menjadi faktor penyebab, apakah seseorang punya memori otak yang kuat atau sebaliknya. Artikel sebelumnya: Tips Efektif Melenyapkan Insomnia Dengan Praktis!

Penyebab umum kepikunan

Di bawah ini adalah beberapa penyebab yang bisa menciptakan seseorang kehilangan daya ingat di usia dini:

1. Kurang waktu tidur

Salah satu syarat dari acuan hidup sehat ialah tidur cukup. Malam hari merupakan waktu ideal bagi badan untuk beristirahat, sehingga kinerja organ tubuh pulih kembali. Demikian pula otak akan lebih sehat dengan istirahat yang cukup. Namun bagi sebagian orang, malam hari justru dijadikan sebagai waktu untuk merampungkan pekerjaan yang menumpuk. Begadang tidak baik terhadap daya ingat seseorang. Otak akan mengalami kekacauan untuk menyimpan isu, sehingga memicu risiko kepikunan dini.

2. Stres dan depresi

Tekanan ataupun stres yang diderita oleh seseorang mampu menurunkan kemampuan berfikir dan daya ingatnya. Konsentrasi dan kemampuan otak dalam menyimpan memori dapat menurun akhir stres. Depresi dapat timbul lantaran perkara keluarga, pekerjaan, atau perkara eksklusif lainnya.

3. Otak malas untuk berfikir

Ketika tertimpa sebuah masalah, sebagian orang malas memikirkan cara memecahkannya. Kebiasaan menghiraukan kasus dapat menurunkan kemampuan otak dalam berfikir, sehingga respon otak menjadi lambat dan lemah.

Solusi untuk kasus kepikunan sangat terkait dengan penyebab yang telah disebutkan di atas. Anda mampu menilik dan mencocokkan kasus yang terjadi.


5 Cara efektif untuk mengatasi kepikunan dini


Di bawah ini yaitu cara menguatkan daya ingat sehingga terhindar dari penyakit kepikunan dini:

1. Mengasah ketajaman otak dengan terus berguru

Palajari pengetahuan baru yang disukai, sesuai minat Anda. Lebih cantik lagi jikalau terlibat dengan bergabung ke dalam grup yang memiliki minat sama. Diskusilah secara aktif di dalam komunitas tersebut. Alternatif lainnya ialah dengan rajin mempelajari banyak sekali gosip bermanfaat yang bertebaran di Internet.

2. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Selain mencegah kerusakan sel-sel badan akibat radikal bebas, fungsi lain dari antioksidan ialah melindungi sel otak. Makanan yang kaya akan antioksidan seperti bayam, blueberry, kismis, bawang putih, strawberry dan buah berry lainnya.

3. Hirup Nafas panjang

Sesekali menarik nafas dalam-dalam akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Oksigen yang masuk ke dalam darah dan otak akan meningkatkan kemampuan berfikir. Darah yang kekurangan oksigen akan berakibat menurunkan fungsi otak. Lakukan olahraga pernafasan di luar ruangan. Jika memnungkinkan, lakukan latihan di area yang jauh dari polusi udara.

4. Melatih otak dengan permainan


Permainan yang bersifat tebak-tebakan seakan-akan teka-teki silang ataupun sudoku dapat membantu meningkatkan daya ingat otak. Anda dapat melakukannya saat mempunyai waktu luang, di luar jam kerja.

5. Waktu tidur yang cukup

Seperti disebutkan di atas, kekurangan tidur dapat melemahkan kinerja otak sehingga memicu kepikunan dini. Durasi tidur yang proporsional berdasarkan jago kesehatan ialah sekitar 7 sampai 8 jam per hari. Cukupi waktu tidur Anda semoga kinerja otak terjaga, serta kemampuan otak meningkat.

Demikian cara menguatkan daya ingat dan mencegah kepikunan dini yang praktis dilakukan. Gaya hidup sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak Anda, demikian pula konsumsi kuliner sehat.

Tampilkan Komentar