3 Komplikasi Mematikan Penyakit Diabetes

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 23, 2019

Bahaya Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus merupakan penyakit di mana tubuh tidak sanggup memproduksi insulin (hormon yang mengatur jumlah gula dalam darah) secara cukup. Sehingga mampu menyebabkan gula darah naik, dan banyak masalah di cuilan tubuh. Penyakit Diabetes berpotensi menimbulkan komplikasi pada organ-organ penting tubuh.

Adapun tiga komplikasi diabetes yang paling banyak terjadi dan harus diwaspadai, lantaran mampu menyebabkan kematian, yaitu:

Komplikasi liver pasien diabetes, lebih berisiko sampai dua kali lipat dibandingkan yang tidak menderita diabetes. Sebagian besar penderita diabetes mempunyai hati berlemak, meski tidak mengalami obesitas. Kondisi ini bahkan sangat umum terjadi pada orang yang ramping, namun mempunyai kadar gula darah tinggi atau menderita resistensi insulin. Bahkan dokter menyarankan untuk melaksanakan tes darah dan USG untuk memeriksa kesehatan hati mereka setiap tahun.

Komplikasi penyakit jantung dan pembuluh darah juga rentan terjadi pada pasien diabetes. Pasien diabetes cenderung untuk mendapat penyakit jantung atau stroke pada usia lebih awal dibanding orang lain yang tidak menderita diabetes. Serangan jantung pada penderita diabetes lebih berisiko mengakibatkan ajal. Hal ini dikarenakan kadar glukosa darah yang tinggi dari waktu ke waktu mampu menyebabkan penumpukan lemak di belahan dalam dinding pembuluh darah, sehingga menyebabkan penyumbatan dan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis).

Komplikasi pada Ginjal, pasien Diabetes, disebabkan karena apabila adanya pembuluh darah di ginjal yang mengalami luka, dan ginjal tidak mampu membersihkan darah dengan benar. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh lebih banyak mempertahankan air dan garam , sehingga menyebabkan kenaikan berat badan dan pembengkakan pergelangan kaki. Diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf, sehingga menyebabkan tubuh mengalami kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih. Tekanan yang dihasilkan oleh kandung kemih yang penuh akan melukai ginjal.

Apabila urine berada di dalam kandung kemih dalam waktu yang usang, maka akan terjadi bisul. kuman penyebab infeksi akan tumbuh semakin cepat karena darah mengandung gula dalam kadar yang tinggi. Perlu anda ketahui, bahwa sekitar 30 % pasien dengan diabetes tipe-1 (juvenile onset) dan 10-40 persen penderita diabetes tipe-2, hasilnya menderita gagal ginjal.

Ringkasan:
  • Diabetes mellitus adalah penyakit di mana tubuh mengatur jumlah gula dalam darah,
  • Komplikasi yang sering terjadi pada pasien diabetes ialah penyakit Liver, Jantung, dan Ginjal

Tampilkan Komentar