21 Manfaat Jus Tomat Untuk Kecantikan Rambut Dan Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 08, 2019
Tomat sering dianggap sebagai sayuran, sebagian yang lain menganggap sebagai buah. Tomat aman dikonsumsi, baik daging ataupun biji buahnya. Buah segar ini sangat familiar. Kelemahannya yaitu simpel busuk, sehingga dibutuhkan pengawetan supaya lebih bertahan untuk dikonsumsi. Bisa juga dengan cara disimpan di kulkas.



Vitamin C dan air yang melimpah di dalamnya sangat bermanfaat untuk kecantikan, adalah mencerahkan kulit dan merapatkan pori-pori. Semua orang tentunya menyukai buah yang terlihat segar ini. Nutrisi yang dikandungnya mempunyai segudang manfaat kesehatan.


21 Manfaat Jus Tomat Untuk Kecantikan Rambut Dan Kesehatan


1. Menguatkan tulang dan gigi

Tomat kaya akan kalsium yang berperan dalam menjaga tulang supaya tidak simpel menjadi ringkih dan keropos, juga meningkatkan kekuatan gigi.

2. Mencegah diabetes


Kromium yang terdapat di dalam buah ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah jumlah gula darah melonjak naik.

3. Menurunkan kadar lemak tubuh

Lemak yang tertimbun di dalam tubuh dapat memicu darah tinggi dan kenaikan berat tubuh. Konsumsi buah tomat yang diiringi dengan olahraga akan mempercepat penurunan berat badan. Tomat bebas lemak, namun tinggi protein dan kalori sehingga baik untuk mengatasi masalah berat tubuh. Penting: 9 Latihan Untuk Mengecilkan Perut Buncit!

4. Mencegah kanker

Menurut studi yang dicantumkan pada Journal of the National Cancer Institute, ada kaitan antara konsumsi tomat dengan tingkat risiko kanker. Konsumsi tomat secara proporsional dapat menurunkan risiko kanker usus besar, leher rahim, pankreas, dan paydara.

5. Membentuk otot tubuh

Ketika tidur, otot yang telah rusak akan diperbaiki kembali. Aktivitas tubuh ini juga dipengaruhi oleh asupan kuliner. Buah tomat kaya akan protein nabati yang memiliki kegunaan dalam pembentukan otot.

6. Melawan radikal bebas

Tomat memiliki flavonoid dan zea-xanthin, antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas.

7. Menyehatkan mata

Buah tomat sangat baik dikonsumsi oleh penderita mata minus, untuk mencegah kondisi makin parah. Semua nutrisi -  vitamin A, niacin, asam folat, dan thiamine, dan asam folat – sangat beguna untuk mencegah gangguan kesehatan pada mata.

8. Menjaga kolesterol tetap stabil

Dengan makan buah tomat setiap hari, dapat mengontrol keseimbangan kolesterol tubuh. Mineral di dalam buah ini sangat berperan dalama hal ini.

9. Menyehatkan jantung

Kalium di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengontrol denyut jantung, sehingga darah dipompa dengan baik dan stabil. Kondisi ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit


Tomat dapat digunakan sebagai krim alami saat dipadukan dengan materi alami lainnya, seakan-akan madu ataupun jeruk nipis. Kulit akan menjadi lebih kenyal, manis, dan segar.

10. Mencerahkan warna kulit

Untuk mengatasi kulit kusam, gosok wajah dengan irisan tomat segar. Jika dilakukan tiap hari, dalam seminggu kulit akan tampak lebih bersinar dan manis.

11. Mengecilkan pori-pori wajah

Haluskan tomat ke dalam blender, terapkan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit, sebelum dicuci.

12. Menghilangkan bengkak

Cukup dengan menggosokkan irisan tomat segar ke wajah atau gunakan sebagai masker selama 60 menit.

13. Melindungi kulit dari sinar UV

Sinar ultraviolet dapat menimbulkan kulit menjadi kering, kusam, dan bersisik. Tomat sdapat bekerja sebagai tabir surya alami. Likopen di dalam buah tomat mampu melindungi kulit tubuh dari kerusakan balasan sinar UV. Cukup dengan konsumsi secangkir besar jus tomat, akan memberikan perlindungan terhadap kulit dari dalam.

14. Mengatasi kulit berminyak

Wajah berminyak disebabkan produksi sebum yang berlebihan. Masalah ini mampu memicu bisul, komedo, ataupun flek hitam. Campur jus tomat dan mentimun, kemudian terapkan pada wajah yang mengkilap akibat minyak.

15. Menghilangkan kantung mata

Caranya dengan menempelkan irisan tomat pada kedua kelopak mata, saat tidur malam.

16. Menghaluskan kulit

Campur madu dengan tomat yang telah dihaluskan, sehingga terbentuk sebuah pasta. Oleskan ke wajah, pijat dengan lembut dan arah gerakan melingkar. Lakukan hingga krim habis, bilas dengan air hangat.

17. Memutihkan kulit tubuh

Basuh kulit Anda sampai bersih. Campurkan 1 sdt yoghurt, oatmeal, dan 2 sdt tomat yang telah dihaluskan. Balurkan krim alami ini pada wajah dan sekitarnya. biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Manfaat Tomat Untuk Rambut

Tomat dapat menjaga kesehatan rambut terkait nutrisi penting di dalamnya, seolah-olah vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

18. Menghilangkan ketombe

Haluskan 3 buah tomat segar, campur dengan 2 sdm jus lemon. Usapkan pada kulit kepala, jangan memakai kuku untuk menggaruk kepala. Biarkan selama ½ jam, sebelum dibilas.

19. Kondisioner alami

Gunakan tomat sebagai kondisioner harian, rambut akan bebas dari kekusutan dan kerontokan. Baca: 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami!

20. Mengatasi kerontokan rambut

Konsultasi dengan dokter perihal sensitivitas rambut, sebelum menerapkan tomat pada rambut.

21. Melenyapkan basi pada kulit kepala

Guyur rambut dengan jus tomat, pijat kulit kepala sebentar. Biarkan jus tomat kering selama 30 menit. Bilas rambut dengan shampo biasa.

Itulah manfaat jus tomat untuk kecantikan kulit wajah dan kesehatan. Hindari konsumsi secara berlebihan, untuk mencegah dampak samping yang membahayakan tubuh.

Tampilkan Komentar