14 Cara Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat Di Usia Lanjut

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 05, 2019
Setiap orang ingin memiliki tubuh sehat, jauh dari sakit. Namun sekerasa apapun usaha kita dalam mencegah serangan penyakit, terkadang terdapat celah sehingga tubuh sakit. Demikian pula kesehatan tulang harus tetap dijaga sampai usia lanjut. Makara, bagaimana cara untuk menjaga tulang agar tetap sehat?

14 Cara Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat Di Usia Lanjut

Seiring perputaran waktu, kesehatan tulang dapat menurun. Tulang yang dulu padat, kini mengalami keropos secara bertahap. Tulang yang besar lengan berkuasa di usia muda dapat melemah di usia lanjut. Kondisi ini disebut sebagai osteoporosis, di mana kepadatan tulang menurun sehingga menjadi makin rapuh dan simpel patah.


14 Cara menjaga tulang semoga tetap sehat di usia lanjut


1. Cukupi asupan vitamin D

Penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D, untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Konsumsi sayuran hijau seakan-akan brokoli, serta minum susu segar. Berjemurlah di bawah sinar matahari selama sekitar 15 menit di pagi hari.


2. Konsumsi bawang merah dan bawang putih

Keduanya banyak mengandung zat sulfur yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

3. Hindari minuman bersoda

Salah satu efek buruk dari minuman bersoda yaitu menurunkan kadar kalsium yang terdapat pada tulang.

4. Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium

Mineral ini sangat diperlukan untuk menguatkan tulang, serta mencegah tulang ringkih dan keropos (osteoporosis). Kalsium mampu diperoleh dengan konsumsi makanan seakan-akan tempe, kacang-kacangan, susu, yoghurt, keju, buah-buahan, dan sayuran hijau.

5. Menjaga posisi tubuh ketika duduk

Beberapa kelainan tulang mampu disebabkan oleh kesalahan posisi duduk, salah satu contohnya adalah pegal-pegal. Posisi duduk yang benar sebagai berikut:

Kaki menapak pada lantai
Posisi duduk harus tegak dan rileks
Jangan terlalu sering untuk menengadahkan kepala ketika duduk
Pilih kursi yang mempunyai sandaran yang menopang tubuh hingga kepala

Kesalahan posisi duduk dapat menimbulkan pegal-pegal di belahan leher dan tulang belakang. Kondisi yang berlangsung secara terus-menerus mampu menyebabkan nyeri punggung.

6. Gunakan kasur yang nyaman ketika tidur

Kasur yang terlalu keras dan tidak nyaman juga dapat menimbulkan nyeri dan pegal-pegal pada bagian tulang.

7. Hindari berdiam diri terlalu lama

Lakukan gerakan-gerakan ringan seolah-olah berjalan di kawasan, menggeleng-gelengkan kepala, atau memutar-mutar tubuh. Untuk menjaga kekuatan tulang diperlukan pergerakan yang dinamis dan terus-menerus.

8. Perbanyak berjalan kaki atau naik-turun tangga

Kedua aktivitas ringan tersebut merupakan olahraga ringan yang simpel untuk dilakukan. Berjalan kaki minimal sejauh 1-2 kilometer setiap hari, atau meniti sepuluh anak tangga hingga 5-6 kali. Latihan ini dapat menguatkan tulang Anda.

9. Olahraga teratur

Olahraga di pagi hari merupakan kegiatan sehat yang dapat menguatkan otot tubuh dan tulang.

10. Pelajari cara jatuh yang tepat

Mungkin Anda mengangkat alis ketika mendengarnya. Faktanya, posisi jatuh yang salah dapat berakibat sangat fatal. Tips ketika terjatuh, jangan bertumpu pada tangan. Posisi jatuh yang benar yaitu badan meringkuk dan jatuh menyamping. Cara ini akan mencegah tulang tertimpa beban, yang mampu menimbulkan patah tulang.

11. Gunakan alat pelindung ketika berolahraga

Untuk mencegah patah tulang saat berolahraga, gunakan alat pengaman seperti dekker, helm, sepatu, dan sarung tangan. Tindakan ini akan mencegah cedera pada pecahan tulang.

12. Hindari membawa barang terlalu berat

Keseringan membawa barang berat menggunakan tangan kosong, akan berakibat jelek terhadap tulang belakang lantaran menahan beban berlebihan.

13. Hindari Melompat dari tempat tinggi

Gerakan ini juga berdampak buruk pada tulang kaki, lantaran mampu menyebabkan cedera yang parah seakan-akan patah tulang.

14. Tinggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minuman keras

Kedua kebiasaan buruk ini mampu menurunkan massa tulang, sehingga mampu menimbulkan tulang keropos.

Beberapa kelainan dan kerusakan tulang:

  • Pegal-pegal
  • Tulang Keropos
  • Patah Tulang
  • Flu Tulang
  • Kanker Tulang
  • Tulang Retak
  • Keseleo

Demikian tips menjaga kesehatan tulang biar tetap berpengaruh di usia lanjut. Semoga mampu menjadi asset berharga bagi kita di hari renta.

Tampilkan Komentar