11 Cara Merawat Rambut Keriting Dengan Smoothing Yang Awet

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 13, 2019
Banyak wanita ingin meluruskan rambut dengan melakukan rebonding ataupun smoothing. Kedua perawatan rambut ini dapat membuat rambut lurus, lembut dan mudah diatur. Perlu diketahui wacana perbedaan rebonding dan smoothing. Jika rebonding bertujuan untuk meleuruskan rambut, smoothing berguna untuk melemaskan dan melembutkan rambut.


11 Cara Merawat Rambut Keriting Dengan Smoothing Yang Awet
Waktu pengerjaan rebonding lebih lama sekitar satu jam, dibandingkan smoothing. Rebonding menggunakan krim yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada rambut dan menciptakannya lembut, kemudian dicatok. Sedangkan smoothing tidak menggunakan alat catok, hanya sisir biasa.

Rebonding akan menghasilkan rambut lurus secara permanen, namun terlihat kaku dan tajam seolah-olah jarum. Sedangkan smoothing tidak terlalu lurus, sehingga dapat diubah bentuknya. Rebonding cocok untuk rambut ikal, sedangkan smoothing cocok untuk rambut yang agak bergelombang, mengembang, atau keriting.


11 Cara Merawat Rambut Keriting dengan Smoothing Yang Awet


Kali ini mengenai cara merawat rambut keriting / tidak lurus supaya menjadi rambut lurus dan bagus dengan teknik smoothing. Apalagi bagi wanita Asia, mempunyai rambut lurus, hitam dan berkilau merupakan suatu keinginan. Apapun mereka lakukan, namun banyak perempuan yang belum mengetahui cara merawat rambut keriting atau bergelombang dengan benar.

1. Terapkan masker rambut

Setelah bahan yang digunakan untuk smoothing meresap dengan sempurna ke rambut, silahkan keramas menggunakan shampo yang biasa anda gunakan. Menggunakan shampo khusus rambut lurus akan lebih baik. Keringkan rambut dengan handuk lembut dengan cara ditepuk, kemudian gunakan masker rambut. Oleskan secara merata dari batang hingga ujung rambut. Lakukan cara ini setiap seminggu, untuk memberikan nutrisi pada rambut. Biasakan untuk membilas rambut setelah masker melekat selama 10 menit. Baca: 9 Cara Membuat Masker Alami Untuk Kecantikan!

2. Tidak keramas sehabis smoothing

Setelah selesai melaksanakan smoothing pada rambut, jangan mencuci rambut menggunakan shampo sebelum lewat 3 hari. Jika rambut terkena air, kemungkinan obat pelurus akan luntur sehingga rambut kembali ke bentuk semula.


3. Mencuci rambut setiap seminggu

Agar rambut tetap lurus dan lembut lebih usang, basuh rambut anda sebanyak 4 kali dalam 1 bulan. Pilihlah shampo yang cocok dengan jenis rambut Anda, untuk mencegah kerusakan rambut.

4. Hindari Mengikat atau Menjepit Rambut

Biarkan rambut anda terurai ke bawah, lepas dari ikatan ataupun jepitan. Dengan mengikat rambut, akan menyebabkan bekas berupa gelombang.

5. Hindari menggunakan Hair Dryer

Setelah mencuci rambut ataupun menggunakan masker rambut, jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut Anda. Penggunaan alat ini justru akan merusak rambut. Gunakan handuk lembut, tepuk-tepukkan pada rambut hingga kering.

6. Lakukan trim pada rambut

Jika ada ujung rambut yang nampak bercabang dan garang, lakukan pemotongan. Pangkas ujung rambut paling tidak sebulan sekali, namun jikalau rambut tidak bercabang biarkan panjang.

7. Hindari terlalu sering mencatok rambut

Dalam teknik smoothing, penggunaan alat catok tidaklah sesering rebonding. Mencatok rambut hanya akan menciptakan rambut menjadi rusak dan kering. Jika terpaksa mencatok rambut, selalu gunakan pelembab rambut (hair moisturizer).

8. Hindari sisir plastik yang rapat

Sisir yang bergigi rapat mampu menyebabkan rambut rontok atau patah, jadi gunakan sisir yang bergigi jarang. Penggunaan sisir yang terbuat dari plastik dapat menyebabkan dampak listrik statis yang kurang baik bagi kesehatan rambut.

9. Rawat rambut dengan creambath

Dengan melakukan creambath, mampu menyampaikan nutrisi dan vitamin pada rambut, sehingga rambut lebih sehat. Lakukan perawatan ini seminggu sebanyak 2 kali.

10. Gunakan sarung bantal yang terbuat dari materi satin

Bahan satin dapat mencegah kekusutan rambut. Dengan menggunakan bahan ini, rambut akan terlihat rapi dan tidak kusut dikala bangkit tidur.

11. Hindari mewarnai rambut

Cat rambut umumnya mengandung zat kimia yang tidak cocok untuk rambut smoothing. Tunggulah sampai 3 bulan, jika ingin mengecat rambut Anda.

Demikian Cara merawat rambut bergelombang dengan tehnik Smoothing supaya bertahan usang dan awet. Baca juga: 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami. Tips kecantikan ini dibutuhkan membantu mengatasi masalah rambut bergelombang, keriting, ataupun kasar. Sehingga meningkatkan kecantikan rambut Anda.

Tampilkan Komentar