Tips Mencegah Penyakit Anemia

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 06, 2019
  Darah sangat penting bagi badan demi kelangsungan hidup. Darah yang diperlukan tubuh haruslah normal tidak kurang atau lebih. Jika lebih maka akan timbul yang namanya hipertensi dan jika kurang timbul penyakit yang sering dikenal dengan nama anemia. Untuk itu darah harus selalu dalam keadaan normal. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mencegah penyakit anemia.

Tips Mencegah Penyakit Anemia
Tips Mencegah Penyakit Anemia
 Anemia merupakan salah satu penyakit darah. Pengertian anemia sendiri ialah suatu keadaan dimana haemoglobin atau sel darah merah berada pada posisi di bawah normal. Sel darah merah ini sangat penting untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dari paru-paru. Menurut hebat kesehatan seseorang divonis mengalami penyakit anemia kalau berada di bawah normal yaitu bagi pria kalau haemoglobinnya 13.5 g/dl, hematokritnya 41% sedangkan perempuan di bawah 12.0 g/dl dan hematokritnnya sekitar 36%. Penyakit anemia memang bukan penyakit yang berbahaya, namun jikalau dibiarkan mampu besar lengan berkuasa terhadap sistem kekebalan badan.

 Secara umum jika seseorang mengalami penyakit anemia biasanya bisa terlihat dari tanda-tanda yang ditimbulkan yaitu pusing, lemah atau lesu. Namun biar mampu memastikan mengalami penyakit anemia atau tidak harus diambil sempel darahnya untuk dicek. Selain itu juga seseorang mengalami penyakit anemia bisa dilihat berdasarkan tanda-tanda yang ditimbulkan.

 Berikut gejala-gejala penyakit anemia

1. Jika habis jongkok lalu bangun akan berkunang
2. Mudah cape, lelah, lemas
3. Rambut mengalami kerontokan
4. Mata pucat
5. Kulit pucat
6. Sulit berkonsentrasi
7. Mulut kering

 Penyebab utama dari penyakit anemia ialah lantaran kurangnya asupan mineral atau vitamin yang baik untuk menjaga darah semoga tetap dalam kondisi normal seakan-akan zat besi, asam folat, vitamin B 12 dan sebagainya. Untuk itu cegahlah penyakit anemia dengan cara mengonsumsi aneka macam kuliner yang banyak mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga darah tetap pada kondisi normal.

 Cara-cara mencegah penyakit anemia

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Yang Banyak Zat Besi
 Cara yang pertama untuk mencegah terkena penyakit anemia yaitu dengan perbanyak asupan zat besi. Zat besi ini merupakan mineral yang sangat dibutuhkan sekali oleh darah. Jika asupan zat besi tidak maksimal bukan mustahil akan terjadi penyakit anemia. Oleh karena itu konsumsilah kuliner yang banyak mengandung zat besi. Makanan yang mengandung zat besi tinggi antara lain kacang-kacangan, ikan, daging, sayuran hijau, tutut dan lainnya.

2. Konsumsi Makanan Yang Membantu Penyerapan Zat Besi
 Selain memperbanyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, untuk mencegah penyakit anemia harus dibarengi dengan mengonsumsi kuliner yang mampu membantu perembesan zat besi oleh darah. Dengan demikian zat besi yang masuk dalam tubuh akan cepat diserap dalam darah. Mengonsumsi buah-buahan, atau sayuran hijau dapat membantu perembesan zat besi secara maksimal.

3. Asupan Asam Folat Yang Cukup
 Asupan asam folat yang cukup ternyata bisa mencegah seseorang terkena penyakit anemia. Asam folat ini memang diharapkan juga oleh darah. Untuk menerima asupan asam folat yang cukup konsumsilah jenis sereal, kacang-kacangan atau aneka macam jenis jeruk secara rutin.

4. Asupan Vitamin C Yang Cukup
 Cara mencegah penyakit anemia lainnya adalah dengan asupan vitamin C yang cukup. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh lantaran fungsi vitamin C sangat banyak. Asupan vitamin C yang cukup ternyata bisa mencegah penyakit anemia. Vitamin C juga menjadi asupan yang baik untuk menjaga kekebalan badan.

5. Konsumsi Makanan Yang Mengandung B 12
 Makanan daging serta minum susu secara rutin ternyata dapat mencegah terkena penyakit anemia. Selain mengandung zat besi yang cukup tinggi, daging serta susu juga mengandung vitamin B 12 yang cukup tinggi juga. Vitamin B 12 ini dapat mencegah terkena penyakit anemia.

6. Hindari Konsumsi Makanan Yang Menghambat Penyerapan Zat Besi
 Zat besi yang masuk dalam badan haruslah diserap oleh tubuh secara maksimal sehingga penyakit anemia mampu dicegah. Namun zat besi yang masuk dalam badan mampu terganggu absorpsinya oleh tubuh. Banyak sekali jenis makanan maupun minuman yang mampu menghambat proses penyerapan zat besi oleh badan. Agar perembesan zat besi mampu maksimal oleh tubuh hindarilah beberapa kuliner atau minuman seperti anggur merah, the atau kopi.

7. Atasi Segera Penyakit Fybroids
 Jika mengalami penyakit fybroids segera obati ke dokter. Penyakit ini jikalau dibiarkan dapat memicu terjadinya penyakit anemia karena mengganggu sel darah.

8. Periksa Ke Dokter Secara Rutin
 Cara mencegah penyakit anemia yang paling dampaktif adalah dengan memeriksakan ke dokter secara teratur. Dengan cara ini bisa diketahui jikalau seseorang terkena penyakit anemia atau tidak. Periksakanlah secara teratur agar penyakit anemia dapat dicegah.

 Penyakit anemia memang bukan suatu penyakit yang berbahaya. Namun meskipun demikian hindarilah penyakit ini lantaran mempunyai pengaruh yang kurang baik. Agar terhindar dari penyakit anemia cobalah cara mencegah penyakit anemia tersebut sesuai dengan yang telah dijelaskan diatas.

Tampilkan Komentar