Manfaat Tanaman Cakar Ayam

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 18, 2019
 Manfaat Tanaman Cakar Ayam Bagi Kesehatan, Obat Patah Tulang, Obat Jari Bengkak, Obat Saluran Pernafasan, Mencegah Kanker, Penambah Nafsu makan.

Manfaat Tanaman Cakar Ayam
Manfaat Tanaman Cakar Ayam

  Banyak sekali tanaman yang dimabil namanya dari ciri fisik tanaman tersebut. Tanaman-tanaman yang namanya diambil dari ciri fisik dikarenakan ada ciri khas dari tanaman tersebut. Salah satunya yaitu tanaman cakar ayam. Tanaman cakar ayam ini mempunyai ciri yang khas yaitu daunnya tersusun seakan-akan sisik dan cakar ayam. Namun pada artikel kali ini yang akan dibahas bukan ihwal nama-nama tanaman melainkan ihwal manfaat tanaman cakar ayam bagi kesehatan tubuh.


 Cakar ayam merupakan tanaman yang termasuk kedalam keluarga selaginellaceae dan devisi paku-pakuan dengan nama latin selaginella hieron. Habitat dari tanaman cakar ayam ini biasanya sering ditemukan di tempat acuh taacuh atau di jurang dan tebing dengan ketinggian 750 meter dibawah permukaan laut. Daun tanaman cakar ayam berbentuk lonjong dengan panjang 5 mm dan lebar sekitar 2 mm. Daun tersebut memiliki ukuran kecil kecil, ujung runcing, pangkalnya rata dengan warna hijau muda dibagaian bawah dan hijau tua dibagian atas. Daun tanaman cakar ayam ini tersusun dari kiri ke kanan yang mrip dengan cakar ayam sehingga dinamakan tanaman cakar ayam. Batang dari tanaman cakar ayam ini bisa mencapai tinggi 35 cm dengan batangnya tegak lurus.

 Selain nama cakar ayam ada juga sebutan lain untuk tanaman ini yaitu cemara kipas gunung dan rumput solo. Sifat dari tanaman cakar ayam yaitu hangat dengan rasa yang bagus. Dalam tanaman cakar ayam terkandung aneka macam zat kimia antara lain alkaloid, saponin dan phytosterol. Dari zat yang terkandung dalam tanaman cakar ayam tersebut menjadikan tanaman ini mampu dimanfaatkan bagi kesehatan badan. Penyakit yang dapat diatasi antara lain patah tulang, rematik, bengkak susukan pernafasan, kanker paru, koreng, menambah nafsu makan. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari cakar ayam bagi kesehatan yaitu seluruh belahan mulai dari akar, daun, bunga, batang.

 Berikut manfaat dan cara pengobatan dari tanaman cakar ayam bagi kesehatan

1. Penambah Nafsu Makan Untuk Anak
 Anak-anak memerlukan banyak sekali nutrisi dan mineral yang baik untuk pertumbuhan serta kesehatannya. Namun anak-anak sangat sulit sekali bila disuruh makan dan lebih sering jajan. Padahal makan merupakan hal yang baik untuk asupan nutrisi serta mineral pada anak. Untuk itu tingkatkan nafsu makan bawah umur memakai ramuan dari tanaman cakar ayam. Ramuan dari tanaman cakar ayam ini sangat efektif meningkatkan nafsu makan pada bawah umur. Sipakan cakar ayam yang telah dikeringkan sebanyak 20 gram. Rebuslah cakar ayam tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih. Angkat, saring dan minumlah secara teratur dan rutin ramuan cakar ayam tersebut.

2. Mengatasi Kanker
 Kanker yang menyerang badan terdiri dari beberapa macam mulai dari kanker rahim, kanker hati dan sebagainya. Semuan kanker tersebut bila dibiarkan dan tidak ditangani secepat mungkin bisa berakibat fatal bagi tubuh. Berbagai obat serta penanganan untuk kanker sudah banyak sekali mulai dari yang harganya murah sampai mahal. Namun ada juga untuk mengatasi kanker dengan biaya yang murah namun khasiatnya tidak kalah baik dengan yang banyak dijual dengan harga yang mahal. Obat tersebut adalah ramuan dari cakar ayam. Ramuan dari cakar ayam ini mampu mengatasi kanker kalau dikonsumsi secara rutin dan teratur. Siapkan 50 gram cakar ayam yang sudah dikeringkan kemudian direbus dengan api kecil selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu angkat, saring dan cuekkan. Minumlah ramaun tersebut secara teratur.

3. Obat Infeksi Saluran Pernafasan
 Infeksi yang menyerang susukan pernafasan banyak sekali. Infeksi tersebut biasanya diakibatkan oleh virus dan bakteri yang masuk bersama udara. Atasilah abses jalan masuk pernafasan tersebut menggunakan ramuan dari tanaman cakar ayam. Rebuslah tanaman cakar ayam sebanyak 50 gram. Setelah itu saring dan biarkan hambar. Minumlah secara teratur ramuan cakar ayam tersebut sampai bisul terusan pernafasannya sembuh. Jenis-jenis abses terusan pernafasan yang bisa diatasi menggunakan ramuan cakar ayam antara lain radang amandel, serak, batuk, radang paru, bronchitis.

4. Mengatasi Patah Tulang
 Manfaat selanjutnya dari tanaman cakar ayam adalah mampu mengatasi masalah patah tulang. Ramuan dari cakar ayam ini sanggup membantu mempercepat penyembuhan serta mengurangi rasa sakit dari patah tulang tersebut. Ada 2 cara untuk mengatasi kasus patah tulang yaitu pemakaian luar dan dalam.
Pemakaian luar : Siapkan cakar ayam secukupnya kemudian dilumatkan sampai halus. Tempelkan ramuan cakar ayam tersebut pada daerah yang tulangnya patah secara merata kemudian dibalut. Namun untuk pemakaian luar dilakukan bila posisi tulang sudah baik dan tidak terdapat luka.
Pemakaian dalam : 30 gram cakar ayam yang sudah dikeringkan direbus beberapa jam. Setelah itu disaring dan setelah acuh taacuh air ramuan cakar ayam tersebut diminum. Lakukan secara rutin dan teratur.

5. Obat Bengkak Jari Tangan
 Cara memanfaatkan cakar ayam untuk jari tangan yang bengkak yaitu dengan melumatkan tanaman cakar ayam kemudian ditempelkan pada serpihan tangan yang sakit lalu dibalut. Ganti ramuan dari cakar ayam tersebut dengan yang baru bila sudah kering.

 Tanaman obat yang tumbuh di Negara kita sangat banyak serta beragam. Berbagai tanaman obat tersebut ada yang sudah sering digunakan dan dikenal serta ada juga yang belum dikenal dan dipakai seperti tanaman cakar ayam ini. Tanaman cakar ayam ini mungkin tidak sepopuler tanaman obat lainnya. Nah melalui artikel kali ini semoga menambah wawasan ihwal tanaman obat beserta manfaatnya.

Tampilkan Komentar