Manfaat Tanaman Boroco Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 21, 2019
 Tumbuhan boroco atau disebut boborocoan dalam bahasa Sunda merupakan gulma tahunan. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan liar meskipun ada yang ditanam dipekarangan sebagai tanaman hias. Penyebaran tumbuhan boroco ini ialah di lahan terbuka, semak, pinggir jalan atau tempat terbuka lainnya. Selain itu tanaman boroco ini cocok di daerah yang mempunyai ketinggian sampai 1200 diatas permukaan bahari. 


 Tumbuhan boroco mempunyai batang yang tegak serta mempunyai tinggi sampai 1 meter. Daun tumbuhan boroco merupakan daun tunggal dengan bentuk lanset seakan-akan bundar telur. Pinggir daun mempunyai gerigi tapi halus dengan ujung daun meruncing dan pangkal daunnya runcing. Daun yang memiliki tangkai pendek ini berwarna hiaju atau merah. Batangnya agresif dengan cabang banyak dengan warna batang hiaju, merah atau ungu. Untuk bunganya sendiri tumbuh dari ujung batang dengan warna merah keunguan atau merah keputihan. Ukuran bunga boroco sendiri bisa mencapai 10 cm dengan bentuk bulir dan dalam setiap bulirnya terdapat banyak buah serta dalam setiap buah memiliki banyak biji.

 Klasifikasi tanaman boroco adalah tanaman ini merupakan tanaman dari keluarga amaranthaceae serta memiliki nama ilmiah celosia argenta L. Selain boborocoan, tanaman boroco ini sering disebut juga dengan nama bayam kucing, bayam ekor belanda atau kuntha.

 Meskipun zat yang terkandung dalam tumbuhan boroco ini belum diketahui secara pasti, namun tanaman boroco ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Boroco memiliki efk farmakologis anti radang mata dan anti tekanan darah tinggi (hipertensi). Rasa dari tanaman boroco ini yaitu sejuk dan pahit. Pemanfaatan tumbuhan boroco bagi kesehatan sudah banyak dipakai serta akhirnya cukup maksimal. Pada pemanfaatannya serpihan yang dipakai dari tanaman boroco ini adalah mulai bunga, daun, akar, biji dan potongan lainnya atau dengan kata lain seluruh potongan tanaman bisa dimanfaatkan.

 Inilah manfaat tumbuhan boroco bagi kesehatan beserta cara penggunaannya :

1. Mengatasi Muntah Darah
 Manfaat yang pertama tanaman boroco bagi kesehatan adalah sebagai obat muntah darah. Muntah darah merupakan suatu penyakit dimana seseorang mengeluarkan darah dikala muntah. Banyak sekali faktor yang menyebabkan muntah darah tersebut. Untuk menghentikan muntah darah menggunakan tanaman boroco sangat praktis serta mudah sekali untuk menciptakannya.

 Caranya : Siapkan boroco sebanyak 50 gram serta daging 50 gram yang sudah dicuci bersih. Setelah itu buatlah sop dari daging serta tanaman boroco tersebut. Makanlah sup tersebut sampai habis dengan hukum makan 1 hari sekali. Cara ini diyakini efektif untuk menghentikan muntah darah.

2. Obat Disentri
 Disentri adalah masalah kesehatan yang mengganggu sistem pencernaan badan. Disentri ini jangan dianggap sepele sebab mempunyai imbas yang tidak baik dan berbahaya bagi badan. Pada umumnya disentri disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk bersama kuliner. Untuk mengatasi disentri tersebut bisa memakai ramuan dari tanaman boroco. Boroco ini akan membunuh kuman atau basil penyebab disentri tersebut.

 Caranya : Cuci bersih seluruh serpihan tanaman boroco sebanyak 50 gram. Setelah itu tanaman boroco tersebut direbus dengan air sebanyak 3 gelas. Jika air rebusan boroco tersebut tersisa separuhnya kemudian angkat dan saring. Minumlah ramuan boroco tersebut sesudah cuek 3 kali sehari dengan hukum minum setengah gelas untuk tiap kali minum.

3. Mengatasi Infeksi Mata Bagian Dalam Dan Luar
 Mata sangat rentan sekali terhadap iritasi apalagi bagi yang sering berkendara sepeda motor tanpa pelindung mata. Debu merupakan faktor yang paling berperan penting dalam terjadinya iritasi mata. Iritasi mata terjadi dibagian luar dan dalam mata. Atasilah iritasi mata tersebut dengan ramuan dari tanaman boroco. Ramuan boroco akan menyembuhkan iritasi mata baik pecahan luar maupun dalam.

 Caranya : Ambilah biji boroco yang telah dicuci higienis sebanyak 50 gram. Rebuslah biji boroco tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Angkat, saring dan minumlah secara teratur ramuan tersebut sehari 3 kali minum dan tiap minum setengah gelas.

4. Mengatasi Keputihan
 Masalah keputihan merupakan suatu kasus bagi kaun perempuan dan sangat mengganggu sekali. Keputihan ini terjadi karena serangan kuman atau kuman. Masalah kebersihan merupakan masalah utama yang membuat keputihan itu muncul. Untuk mengatasi kasus keputihan ramuan boroco bisa menjadi solusi yang sempurna.

 Caranya : 60 gram daging sapi serta 60 gram bunga boroco dicuci sampai bersih. Setelah itu kedua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air. Setelah air rebusannya tinggal setengahnya, angkat dan biarkan hambar. Minumlah air rebusan tersebut ½ gelas tiap kali minum dengan aturan pakai sehari 3 kali. Untuk dagingnya sendiri dimakan sampai habis. Lakukan secara teratur sehingga balasannya maksimal.

5. Mengobati Hipertensi
 Banyak sekali obat dipasaran yang dijual untuk mengobati hipertensi (darah tinggi). Berbagai obat tersebut tentunya menggunakan materi kimia yang besar kecilnya mempunyai dampak samping. Untuk itu cobalah menggunakan bahan alami yang tidak menggunakan materi kimia sehingga tidak mempunyai imbas samping. Banyak sekali pengobatan alami untuk hipertensi dan salah satunya adalah dengan boroco. Tanaman boroco ini sangat efektif mengatasi hipertensi.

 Caranya : Biji boroco sebanyak 30 gram dicuci higienis. Rebuslah biji boroco yang telah dicuci bersih tersebut dengan 1 gelas air. Biarkan hingga air rebusannya tinggal setengahnya. Angkat, saring dan cuekkan. Minumlah ramuan tersebut secara rutin sehari 2 kali dengan aturan minum ¼ gelas tiap minum.

perhatian : Dilarang menggunakan ramuan dari tanaman boroco bagi penderita glukoma (tekanan bola mata tinggi)

 Manfaat tumbuhan bagi kesehatan memang banyak sekali meskipun tanaman tersebut tumbuh liar seakan-akan tumbuhan boroco. Pemanfaatan lebih baik bila berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter supaya lebih mantap hasilnya.

Tampilkan Komentar