Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 20, 2019
Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Mencegah Anemia, Mencegah Kanker, Baik Bagi Kecantikan, Menurunkan Berat Badan.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan
Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan
Anda tentunya sudah tidak aneh lagi dengan makanan biar-agar. Makanan ini begitu lembut serta menyegarkan apalagi jikalau dalam kondisi acuh taacuh. Agar-agar yaitu makanan yang berasal dari rumput maritim yang telah diolah sedemikian rupa. Nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh lantaran pada kenyataannya rumput laut ini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

 Rumput maritim merupakan suatu tanaman yang tumbuh dilaut yaitu tumbuh diatas pasir atau pada kerikil karang. Dalam bahasa inggris rumput maritim ini sering disebut dengan seaweed. Rumput laut merupakan tanaman yang dari devisi thallophyta atau tanaman ganggang yang multiseluler. Sementara itu rumput laut ini merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam jenis alga. Rumput maritim ini terdiri dari beberapa jenis yaitu ada yang bisa dikonsumsi da nada yang tidak mampu dikonsumsi. Jenis rumput maritim yang mampu dikonsumsi diantaranya ganggang hijau, ganggang merah, ganggang coklat serta ganggang biru. Rumput bahari sendiri tidak memiliki akar, daun maupun batang seolah-olah tanaman pada umumnya.

 Rumput laut bisa dibentuk sebagai sayur ketika kita makan ataupun dibentuk aneka makanan lainnya sesuai selera. Berbagai nutrisi banyak sekali terkandung dalam rumput maritim sehingga rumput maritim bisa dijadikan sebagai tanaman obat untuk kesehatan tubuh. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa nutrisi yang terkandung dalam rumput laut cukup tinggi yaitu karbohidrat, protein, lemak, air, abu, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin k, kalsium, oksigen, nitrogen, selenium, natrium, magnesium, zat besi, yodium, asam lemak omega-3.

1. Mencegah Kanker
 Rumput laut memiliki antioksidan yang cukup tinggi yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas ini merupakan salah satu pemicu yang mampu mengakibatkan timbulnya penyakit kanker. Antioksidan yang terdapat pada rumput bahari merupakan senyawa kimia lignin. Senyawa ini memiliki fungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh. Makara dengan mengonsumsi rumput laut secara rutin dan teratur sanggup mencegah timbulnya kanker yang berbahaya bagi tubuh.

2. Mencegah Anemia
 Mengonsumsi rumput maritim secara rutin ternyata mampu mencegah penyakit anemia. Rumput maritim diyakini mampu mencegah penyakit anemia lantaran dalam rumput laut terkandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini merupakan asupan yang baik untuk darah sehingga terhindar dari penyakit anemia.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
 Manfaat lain dari rumput maritim ialah membantu dalam proses penyembuhan luka. Mengonsumsi rumput maritim akan mempercepat penyembuhan luka dikarenakan dalam rumput maritim terkandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C mempunyai kiprah penting dalam proses penyembuhan luka.

4. Baik Untuk Diet
 Jika sedang melakukan diet atau menurunkan berat badan cobalah mengonsumsi rumput bahari sebagai asupan pengganti. Rumput bahari ini rendah lemak serta tidak mengandung kalori sama sekali. Selain itu yodium dalam rumput laut sangat baik untuk kelenjar tiroid yang memiliki fungsi sebagai suatu kelenjar pengatur metabolism tubuh. Dengan teraturnya sistem metabolism tubuh secara otomatis akan menyeimbangkan berat tubuh agar tetap normal. Makara dikala melaksanakan diet cobalah mengonsumsi rumput laut sebagai makanan pengganti.

5. Menyehatkan Kelenjar Tiroid
 Yodium yang terkandung dalam rumput maritim sangat diperlukan oleh kelenjar tiroid dalam proses metabolism tubuh. Jika asupan yodium tidak terpenuhi secara maksimal maka tubuh sangat sulit untuk mensintesis hormone yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Sehingga dengan mengonsumsi rumput maritim secara rutin akan menjaga kelenjar tiroid dan memperlancar sistem metabolism tubuh.

6. Mencegah Penuaan Dini
 Selain manfaat diatas, rumput maritim juga memiliki manfaat yang baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Penuaan dini terjadi karena kurangnya asupan nutrisi baik itu mineral maupun vitamin. Rumput bahari memiliki kandungan mineral serta vitamin yang cukup tinggi yang sangat baik bagi tubuh. Makara supaya penuaan dini dapat dicegah konsumsilah rumput bahari secara rutin baik itu dijadikan sebagai sayur ataupun kuliner lainnya.

7. Mengatasi Kulit Kering
 Kulit kering memang sering kali menjadi salah satu perkara yang berarti. Untuk mengatasi perkara kulit kering ini cobalah mengonsumsi rumput maritim secara rutin. Kandungan asam lemak dalam rumput bahari mampu mengembalikan kelembaban kulit sehingga terhindar dari masalah kulit kering.

 Rumput laut yang sering dibentuk sebagai bahan utama supaya-agar ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Untuk itu alangkah baiknya jikalau sering mengonsumsi rumput bahari secara rutin. Untuk mengonsumsi rumput maritim bisa dibentuk dengan banyak sekali cara mulai dari dibentuk biar-agar, sayur, atau olahan lainnya.

 Itulah artikel ihwal Manfaat Rumput Laut bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel kali ini menambah wawasan wacana dunia kesehatan. Kunjungi juga artikel menarik lainnya wacana Manfaat Daun Sirsak yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Tampilkan Komentar