Manfaat Putri Malu Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 12, 2019
 Manfaat Putri Malu Bagi Kesehatan, Mengatasi Rematik, Obat Cacingan, Obat Batuk Berdahak, Mengatasi Insomnia, Obat Hepatitis, Mengatasi Maag, Obat Bronhitis, Obat Kencing Batu.

Manfaat Putri Malu Bagi Kesehatan
Manfaat Putri Malu Bagi Kesehatan

 Sebutan putri bukan hanya menjadi milik manuasia saja lho. Tanaman juga ternyata ada yang mempunyai sebutan putri. Yah benar sekali putri aib namanya. Putrinya pemalu kali yah?hehehehehehe. Tentu saja bukan pemalu namun itu hanya sebutan saja karena respon dari tanaman tersebut sehingga dinamakan putri aib. Tanaman ini mampu dimanfaatkan untuk kesehatan yaitu sebagai obat tradisional. Untuk lebih jelasnya kita bahas bersama perihal manfaat putri malu bagi kesehatan di bawah ini.

 Putri aib sering ditemui di daerah terbuka seperti di ladang, pinggir jalan maupun di sawah dan di tempat terbuka lainnya. Putri aib ini merupakan salah satu tanaman yang namanya diambil karena respon dari tanaman itu sendiri. Respon yang terjadi dank has ialah daunnya akan menutup atau seakan-akan layu bila terkena sentuhan walaupun hanya sedikit sentuhannya. Ada beberapa nama untuk sebutan puti malu antara lain akan kaget, si kejut, atau rebah berdiri.

 Meskipun putri aib ini banyak tumbuh subur di Negara kita, bekerjsama tanaman ini awal mulanya ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan yang kemudian menyebar hingga banyak sekali Negara hingga ke Indonesia. Putri malu termasuk kedalam keluarga mimosoideae dengan nama ilmiah mimosa pudica. Selain itu putri aib juga termasuk kedalam suku polong-polongan. Ciri tanaman puri aib sendiri yaitu daunnya majemuk berukuran kecil yang tersusun rapi dengan warna hijau bercampur kemerah merahan dan berbentuk lonjong berujung lancip. Batangnya berduri dan berbulu dengan bentuk bundar. Sementara bunganya berwarna pink berbentuk seolah-olah bola yang tersusun rapi.

 Manfaat putri aib bagi kesehatan ternayata sudah dipakai semenjak zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Berbagai penyakit mampu diatasi memakai ramuan putri aib tersebut. Efek farmakologis dari putri aib antara lain anti watuk, anti radang, penurun panas serta peluruh air seni dan sebagai penenang. Bagian yang digunakan yaitu daun, akar, bunga, batang. Sementara putri aib mempunyai sifat kimia agak hambar, bagus serta astringen. Kandungan mimosine dalam putri aib yang tinggi sehingga putri malu sanggup menjadi obat tradisional aneka macam penyakit.

 Berikut Manfaat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Rematik
 Siapkan tanaman putri aib sebanyak 15-20 gram lalu cuci higienis. Setelah itu rendamlah tanaman putri malu tersebut dengan arak sebanyak 500 ml selama 14 hari. Gunakan ramuan tersebut untuk mengatasi rematik dengan cara menempelkan pada kepingan tubuh yang sakit secara rutin.

2. Obat Cacingan
 Cacingan bisa membuat si penderita menjadi kurus lantaran zat kuliner akan dihisap oleh cacing dalam tubuh tersebut. Cacingan ini bisa disembuhkan memakai ramuan dari tanaman putri malu. Caranya ambil akar tanaman putri malu sebanyak 15 gram lalu basuh higienis. Setelah itu akar putri aib tersebut direbus dengan tiga gelas air. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 1 gelas saja. Angkat, saring dan sesudah hambar diminum secara teratur 3 kali sehari dengan aturan setiap kali minum setengah gelas.

3. Obat Batuk Berdahak
 Salah satu jenis batuk yang sering terjadi adalah jenis batuk berdahak. Jika mengalami watuk akan disertai dahak yang tentu saja sangat mengganggu sekali. Tanaman putri aib mampu menjadi salah satu obat tradisional ampuh untuk mengatasi penyakit batuk khususnya watuk berdahak. Rebuslah akar putri aib yang sudah dicuci bersih sebanyak 10 gram dengan air sebanyak 3 gelas. Setelah air rebusannya tinggal 1 gelas kemudian angkat, saring dan sehabis hambar diminum secara rutin hingga kerikilk berdahaknya sembuh.

4. Mengatasi Insomnia
 Insomnia ialah suatu penyakit dimana seseorang sulit untuk bisa tidur. Insomnia ini bisa terjadi lantaran kebiasaan begadang yang usang kelamaan menjadi penyakit insomnia. Jika sudah mengalami penyakit ini maka untuk bisa tidur sore sangat susah sekali. Penyakit ini mengganggu sekali apalagi yang bekerja pagi hari. Untuk mengatasi penyakit ini bisa menggunakan tanaman putri aib. Siapkan daun putri aib, daun calincing serta daun sawi langit masing-masing 15 gram yang sudah dicuci higienis. Setelah itu rebuslah hingga mendidih semua bahan tersebut dengan air secukupnya. Angkat, saring dan minumlah ramuan tersebut secara rutin hingga penyakit insomnia yang mengganggu tersebut sembuh.

5. Obat Hepatitis
 Penyakit hepatitis termasuk kedalam penyakit yang mempunyai resiko tinggi. Penyakit ini kalau tidak segera ditangani mampu membahayakan. Untuk itu atasilah sesegera mungkin sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak pengobatan yang mampu dilakukan untuk mengatasi penyakit hepatitis ini salah satunya yaitu memakai tanaman putri aib sebagai obat tradisional. Cara menciptakannya cukup simpel yaitu cuci higienis daun putri malu sebanyak 10 gram kemudian direbus dengan air hingga mendidih sebanyak 200 ml. Angkat, saring dan ramuan tersebut diminum secara rutin 2 kali sehari.

6. Mengatasi Maag
 Penyakit maag terjadi lantaran adanya peradangan pada lambung. Penyakit maag ini menimbulkan rasa perih serta mampu menimbulkan mual bahkan muntah. Jika penyakit ini sudah masuk dalam tahap kronis bisa menyebabkan timbulnya banyak sekali penyakit. Sebelum penyakit maag itu masuk dalam tahap yang kronis sesegera mungkin diatasi. Cobalah memakai tanaman putri malu sebagai salah satu obat mengatasi penyakit maag. Siapkan putri aib 15 gram, 1 ruas jari kunyit, temu lawak 7 ruas jari kemudian basuh bersih. Campurkan semua materi dan tambahkan air sebanyak 100 ml untuk dibuat infus. Minumlah ramaun tersebut selama 2 minggu secara teratur sehari sekali.

7. Obat Kencing batu
 Jika mengalami penyakit ini, buang air kecil akan sakit sekali serta tidak lancer seolah-olah pada umumnya. Hal ini dikarenakan terhalang oleh suatu benda pada saluran pembuangan. Coba atasi kasus kencing watu tersebut memakai ramuan dari tanaman putri aib. Ramuan ini diyakini sanggup mengatasi penyakit kencing kerikil tersebut. Daun putri aib dan daun kumis kucing direbus hingga mendidih. Setelah masbodoh ramuan tersebut diminum secara rutin dan teratur hingga kencing kerikil tersebut sembuh total.

8. Obat Bronhitis
 Manfaat selanjutnya dari tanaman putri aib yaitu sebagai obat bronchitis. Bronhitis ini merupakan penyakit yang menyerang kepingan paru-paru. Penyakit ini mampu menyerang siapa saja dan kapan saja. Jika anda mengalami penyakit tersebut coba atasi menggunakan ramuan dari tanaman putri aib. Rebuslah daun putri aib sebanyak 50 gram menggunakan air sebanyak 500 cc. Biarkan air ramuan tersebut hingga air tersebut hingga tersisa 200 cc. Angkat, saring dan sehabis masbodoh diminum secara teratur sehari 2 kali dengan aturan minum setiap minum sebanyak 100 cc.

 Perhatian :
- Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi ramuan tanaman putri aib lantaran membahayakan kandungan
- Jangan mengonsumsi ramuan akar putri aib terlalu banyak alasannya berefek timbulnya keracunan.

 Tanaman putri aib mempunyai manfaat yang tersembunyi bagi kesehatan. Cobalah salah satu cara untuk mengatasi aneka macam penyakit menggunakan putri aib sesuai dengan yang dijelaskan diatas. Semoga artikel kali ini menambah wawasan mengenai manfaat dari putri aib.

Tampilkan Komentar