Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 15, 2019
 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan, Mengatasi Insomnia, Mencegah Kanker, Mengatasi Luka, Obat Cacingan, Menyehatkan Kulit, Obat Diabetes, Obat Disentri.


 Jika anda jalan-jalan ke daaerah pedesaan Pulau jawa khususnya pasti akan banyak sekali tumbuhan petai cina yang tumbuh di pinggir jalan,sungai atau di tebing-tebing. Memang tanaman petai cina ini ditanam pada zaman dauhulu untuk mencegah longsor atau pengikisan. Seiring perkembangan zaman tanaman petai cina ini juga banyak ditanam di kawasan di Luar Pulau jawa.

 Petai cina atau sering disebut dengan lantoro sebenarnya bukan tanaman yang berasal dari pulau Jawa namun tanaman ini berasal dari dari daerah Anerika yang beriklim tropis. Petai cina ini merupakan tumbuhan dari suku polong-polongan. Disebut petai cina lantaran ukurannya lebih kecil dari petai biasa yang diibaratkan dengan mata orang cina yang cenderung sipit makanya dinamakan petai cina.

 Karena perkembangbiakannya yang mudah yaitu dari bijinya yang ditanam di tanah sehingga petai cina ini mudah tumbuh serta menyebar di pelosok Negara kita. Setelah menyebar di setipa tempat maka petai cina sendiri memiliki nama lebih dari satu sesuai tempat masing-masing antara lain Sunda (peuteuy selong), Jawa (lantoro, metir, kemlandingan), Madura (kalandhingan). Sementara itu nama ilmiah dari petai cina ialah leucaena yang berarti lamtoro berkepala putih.

 Petai cina ini mempunyai sifat netral serta rasanya agak pahit, dan sedikit anggun. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dalam petai cina banyak sekali kandungan zat baik itu menral maupun kalsium dengan kadar cukup tinggi yang sangat diharapkan oleh tubuh. Sehingga petai cina banyak digunakan untuk obat tradisional berbagai penyakit. Pada umumnya kepingan yang digunakan dari tanaman petai cina ini ialah daun serta buahnya. Kandungan zat dalam tanaman petai cina antara lain protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, energi. Dari kandungan yang terdapat pada tanaman petai cina tersebut, maka petai cina ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh antara lain mengatasi disenti, menurunkan kadar gula dalam darah, menyehatkan kulit, membunuh cacing dalam tubuh, mencegah kanker, mengatasi insomnia.

 Inilah Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan Tubuh

1. Obat Disentri
 Disentri memang bukan penyakit menular serta tidak tergolong sebagai penyakit yang berbahaya seperti halnya penyakit jantung. Namun meskipun demikian, penyakit disentri juga mengakibatkan pengaruh yang mengganggu sekali. Untuk mengatasi penyakit disentri tersebut mampu menggunakan obat tradisional dari petai cina. Siapkan biji petai cina kira-kira 10-15 gram dan krokot sebanyak 25 gram. Rebuslah kedua materi tersebut dengan air sebanyak 500 cc. Biarkan air rebusan ramuan tersebut hingga tersisa setengahnya kemudian angkat saring dan dinginkan. Minumlah ramuan petai cina tersebut secara rutin dan teratur sampai penyakit disentrinya sembuh 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari.

2. Obat Diabetes
 Petai cina juga mampu menjadi obat tradisional yang baik untuk penyakit yang tergolong beresiko tinggi salah satunya yaitu diabetes. Secara garis besar penyakit diabetes ini terjadi karena kadar gula dalam darah cukup tinggi. Penyakit diabetes ini sangat sulit dalam proses penyembuhannya. Petai cina bisa menjadi solusi untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga mengurangi penykit diabetes. Petai cina ini mampu menormalkan fungsi pancreas yang menghasilkan hormone insulin. Hormon insulin sendiri ialah suatu hormone yang mempunyai fungsi menormalkan kadar gula dalam darah. Siapkan biji lantoro 5 gram kemudian ditumbuk sampai halus seakan-akan abu kopi. Setelah itu seduhlah dengan air panas sebanyak 100 cc. Minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur 30 menit sebelum makan selagi hangat dengan aturan sehari 2 kali.

3. Menyehatkan kulit
 Petai cina mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kulit. Berbagai perkara pada kulit bisa diatasi memakai petai cina karena mengandung aneka macam zat yang baik bagi menjaga kesehatan kulit. Salah satu yang akan ditulis ialah untuk menghaluskan kulit. Untuk menghaluskan atau menjaga kulit tetap halus memakai daun petai cina. Pertama-tama siapkan daun petai cian secukupnya dan basuh terlebih dahulu. Saat mandi gunakanlah daun petai cina tersebut untuk digosokan ke seluruh tubuh secara merata dan biarkan 2 hingga 3 menit. Kemudian higieniskan dengan air atau menggunakan sabun mandi hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap kali mandi. Perhatian : Bila timbul gatal-gatal atau kulit merah-merah segera hentikan lantaran kulit anda tidak cocok.

4. Obat cacingan
 Masalah yang satu ini mampu menyerang siapa saja mulai dari bayi, bawah umur, sampaumur bahkan orang bau tanah. Cacingan ini membuat si penderita pada umumnya mempunyai tubuh kurus lantaran sari kuliner yang masuk kedalam tubuh diserap oleh cacing tersebut. Untuk mengatasi perkara cacingan tersebut petai cina menjadi obat tradisional yang ampuh. Ada 2 cara untuk mengatasi cacingan memakai petai cina.Tumbuk halus biji lantoro yang sudah kering secukupnya. Setelah itu abu petai cina tersebut diseduh dengan air panas dan sehabis hangat diminum.Makananlah petai cina yang masih mentah secara rutin. Hal ini akan membunuh cacing yang ada dalam tubuh serta mengeluarkannya.

5. Mengatasi Luka
 Jika mengalami luka kecil seolah-olah terkena pisau, tersandung kemudian luka atasilah menggunakan daun petai cina. Daun petai cina ini mampu menghentikan pendarahan balasan luka dan cepat menyembuhkan luka tersebut. Tumbuk halus daun petai cina kemudian tempelkan pada cuilan luka secara merata.

6. Mencegah Kanker
 Radikal bebas merupakan penyebab utama seseorang terkena penyakit kanker. Radikal bebas ini merupakan suatu zat yang menyerang tubuh lantaran faktor lingkungan yang kurang sehat, polusi udara atau makanan. Radikal yang menyerang tubuh usang-kelamaan akan mengakibatkan banyak sekali penyakit kanker. Untuk itu butuh antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Petai cina ternyata sanggup menjadi antioksidan yang baik untuk menangkal serangan radikal bebas yang menyerang tubuh. Cara pemanfaatannya sangat simpel mampu dimakan langsung atau kalau tidak suka bisa dibuat sayur yang dicampur dengan bahan lain. Konsumsilah petai cina secara rutin sehingga akan terhindar dari penyakit kanker.

7. Mengatasi Insomnia
 Insomnia atau sulit untuk tidur merupakan suatu penyakit yang sering menjadi suatu masalah yang cukup serius apalagi bila besok paginya harus bangkit pagi atau ada keperluan yang penting. Insomnia ini bisa memang bukan suatu penyakit yang berbahaya, namun jikalau dibiarkan bisa menimbulkan penaykit lain seperti anemia. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan banyak sekali obat tradisional untuk mengatasi insomnia ini. Namun selain tanaman obat yang telas dijelaskan, petai cina juga mampu mengatasi perkara insomnia ini. Siapkan petai cina bersama kulitnya sebanyak 15 gram kemudian direbus dengan 4 gelas air. Biarkan air rebusan petai cina tersebut sampi 1 gelas lalu angkat dan saring. Ketika sudah hangat minumlah hingga habis dan lakukan secara rutin dan teratur sehari sekali.

 Petai cina memang suatu kuliner yang memiliki aroma kurang enak sama seperti halnya buah pete. Namun meskipun demikian petai cina ini menyimpan sejuta manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Jika anda mengalami salah satu perkara kesehatan seperti diatas cobalah atasi menggunakan ramuan dari petai cina yang telah diuraikan diatas. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan lihat juga artikel lainnya wacana Manfaat Buah Naga bagi kesehatan tubuh. Salam sehat dari kami manfaatdaunku.blogspot.com.

Tampilkan Komentar