Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 07, 2019
 Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan, Bisa Menjadi Obat Untuk Mengatasi Alergi, Obat masu Angin, Mengatasi Rematik, Obat Encok, Penambah Nafsu Makan.

Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan
Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan

 Lempuyang merupakan tanaman yang termasuk kedalam rempah-rempah. Tanaman ini banyak tumbuh disetiap daerah khususnya dipedesaan dan sering ditanam dipekarangan rumah. Nama ilmiah tumbuhan lempuyang ialah zingiber zerumbet L. Selain nama ilmiah tersebut, lempuyang juga memiliki nama lebih dari satu disetiap kawasan. Nama lain dari lempuyang antara lain lempuyang wangi, lempuyang kebo, lempuyang kapur atau lempuyang kebo.

 Deskripsi tanaman lempuyang yaitu mempunyai daun dengan ujung runcing dan pangkal mengecil dengan bentuk bulat memanjang. Sementara batangnya tegak lurus yaitu batang semu yang terbungkus oleh helaian daun. Selanjutnya rimpang dari tanaman lempuyang yaitu berwarna kuning agak pucat serta mempunyai basi yang khas dengan ukuran yang lebih besar dibanding rimpang kunyit atau yang lainnya. Rasanya sendiri dari rimpang lempuyang ialah pahit. Bunganya berwarna merah dan majemuk yang tumbuh dari rimpang dalam tanah yang biasanya tumbuh pada bulan januari hingga bulan april.

 Biasanya lempuyang sering dimanfaatkan sebagai gabungan membuat jamu atau dibentuk sebagai obat tradisional. Hal ini dilakukan sejak zaman dahulu lantaran manfaat yang dihasilkan sangat baik bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian ternyata lempuyang mempunyai kandungan zat yang beragam yang baik bagi kesehatan. Kandungan dalam lempuyang antara lain minyak atsiri, pati, air, serat, α-caryophyllene, : β- linalool, camphor, senyawa zerumbon, limonen, sogaol, heksahidrokurkumin, paradol, dihidrogingerol, gingerol, zingeron, , limonen,Saponin, a-kurkumen, seskuifelandren, kariofilen, zingiberen, bisabolen, zerumbon, flavonoid, kamfer.

 Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Antara Lain

1. Sebagai Obat Rematik
 Lempuyang mempunyai manfaat yang baik untuk mengatasi rematik. Kandungan dalam lempuyang menyampaikan efek yang mampu mengurangi rasa nyeri dari rematik. Siapkan 1 rimpang lempuyang yang sudah dikupas kemudian basuh bersih. Haluskan lempuyang tersebut dengan cara ditumbuk beserta cabai jawa secukupnya. Setelah halus tambahkan nasi kering kemudian aduk sampai rata. Tempelkan ramuan tersebut pada potongan tubuh yang mengalami sakit secara merata. Lakukan cara tersebut secara rutin sehingga sakit rematik bisa diatasi.

2. Obat Encok Pada Kaki
 Encok sering tiba secara tiba-tiba dan rasanya cukup merepotkan apalagi jika encok tersebut menyerang kepingan kaki. Atasilah encok tersebut memakai ramuan yang terbuat dari tanaman lempuyang. Cuci bersih lempuyang 1 rimpang kemudian dikupas untuk dibuang kulitnya. Setelah itu tumbuk halus lempuyang tersebut dan campurkan debu dapur serta minyak kelapa hingga halus dan tercampur merata. Oleskan ramuan tersebt pada kepingan kaki yang terkena encok secara merata. Lakukan secara rutin dan teratur supaya kesudahannya maksimal.

3. Penambah Nafsu Makan
 Makan teratur merupakan hal terpenting dalam menjagaa kesehatan tubuh. Karena jikalau makan tidak teratur bukan mustahil kesehatan tubuh bisa terganggu dengan timbulnya banyak sekali penyakit. Makan tidak teratur banyak sekali faktornya, bisa lantaran sibuk kerja hingga berkurangnya nafsu makan. Berkurangnya nafsu makan ialah faktor utama dari acuan makan tidak teratur. Untuk itu atasilah dengan ramuan lempuyang sehingga nafsu makan menjadi bertambah. Siapkan 2 ruas jari lempuyang lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu parutlah lempuyang tersebut hingga halus kemudian direbus dengan air sebanyak 2000 cc dan tambahkan gula merah secukupnya. Biarkan air rebusan ramuan lempuyang tersebut hingga tinggal separuhnya. Angkat, saring dan biarkan hambar. Minumlah ramuan lempuyang tersebut sehari 3 kali sebanyak 1 sendok makan setiap kali minum.

4. Mengatasi Ambeien
 Lempuyang juga mampu dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit ambeien. Kita tahu bahwa penyakit ambeien ini sangat mengganggu sekali. Untuk mengatasi penyakit ambeien ini ambil 1 ruas rimpang lempuyang kemudian cuci bersih. Setelah itu parutlah lempuyang tersebut serta tambahkan garam secukupnya serta air hangat 3 sendok. Aduk sampai semua bahan tercampur lalu diperas untuk diambil airnya. Minumlah ramuan dari lempuyang tersebut secara teratur 1 sendok makan sehari 2 kali.

5. Mengatasi Anemia
 Anemia adalah suatu kondisi dimana darah dalam tubuh berkurang. Berkurangnya darah tersebut mampu berakibat banyak sekali hal seperti lemas atau pusing. Lempuyang mampu menjadi salah satu tumbuhan obat yang mampu menambah darah sehingga masalah anemia bisa teratasi. Parutlah 1 rimpang lempuyang kemudian direbus menggunakan air secukupnya. Masukan gula merah secukupnya untuk mengurangi rasa pahit dari lempuyang tersebut. Setelah mendidih angkat lalu saring. Minumlah ramuan lempuyang tersebut 1 sendok makan tiap minum sehari 3 kali. Lakukan secara rutin dan teratur.

6. Mengatasi Masuk Angin
 Manfaat lain dari lempuyang ialah mengatasi masuk angin. Masuk angina sering terjadi bila kita begadang, kedinginan atau naik motor. Masuk angin sering menimbulkan perasaan yang tidak yummy seperti mual, muntah bahkan pusing kepala. Untuk itu atasilah masuk angina menggunakan ramuan dari lempuyang. Cuci higienis lempuyang sebanyak 10 gram. Kemudian lempuyang tersebut diparut halus lalu saring untuk diambil sari patinya. Tambahkan air panas setengah gelas dan 2 sendok madu sambil diaduk rata. Minum sehari 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari. Ulangi hingga masuk anginnya sembuh.

7. Obat Gatal
 Untuk mengatasi gatal-gatal yaitu lempuyang sebanyak 1 ruas jari diparut hingga halus. Kemudian diseduh dengan setengah gelas air dan aduk hingga rata. Saring dan peras sehingga terpisah antara air dan ampas lempuyang tersebut. Setelah mengendap pisahkan airnya dan diminum secara teratur sampai sembuh sehari 1 kali.

8. Mengatasi Alergi
 Alergi ialah gatal yang diakibatkan karena adanya faktor yang menciptakan tubuh menjadi tibul gatal serta bentol bentol. Banyak sekali faktor yang menimbulkan timbulnya alergi dan salah satunya yaitu karena makan ikan bahari atau udang. Jika mengalami alergi balasan makan ikan laut atau udang atasilah memakai ramuan dari tanaman obat lempuyang. Caranya sangat simpel yaitu cuci higienis 1 rimpang lempuyang kemudian iris tipis-tipis. Setelah itu seduhlah dengan satu gelas air panas dan biarkan beberapa dikala. Minumlah ramuan lempuyang tersebut secara teratur hingga alerginya sembuh.

9. Obat Batuk Rajen
 Untuk mengatasi batuk rajen menggunakan ramuan lempuyang caranya cukup mudah. Siapkan 1 rimpang lempuyang, bawang merah yang telah dipanggang serta kayu elok secukupnya. Tumbuklah semua ramuan tersebut hingga halus kemudian peras dan saring. Minumlah ramuan lempuyang tersebut secara rutin dan teratur hingga batuknya sembuh total.

 Lempuyang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan lantaran terkandung banyak sekali unsur. Jika mengalami salah satu penyakiy diatas tidak ada salahnya diobati memakai lempuyang seakan-akan yang telah dijelaskan. Karena lempuyang yaitu salah satu obat tradisional yang tidak mempunyai efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh. Ambilah manfaat dari artikel ihwal manfaat lempuyang dan jika ada kekurangan berikan komentar pada kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar