Manfaat Gambir Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 11, 2019
 Manfaat Gambir Bagi Kesehatan, Sebagai Obat Wasir, Obat Diare, Mengatasi Masalah Jerawat, Bagi Untuk Pencernaan, Baik Untuk Wajah.

Manfaat Gambir Bagi Kesehatan
Manfaat Gambir Bagi Kesehatan


Obat tradisional alami yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah tentang manfaat dari gambir bagi kesehatan. Gambir ini merupakan salah satu tumbuhan obat yang kini mulai dikembangkan karena selain menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan juga mempunyai nilai ekonomi khususnya di ekspor ke luar negeri. Di luar negeri gambir ini dipakai untuk adonan aneka macam produk berbagai macam jenis produk. Pasar-pasar di benua eropa sangat cantik untuk penjualan gambir ini serta Negara di beberapa benua asia.

 Gambir adalah serpihan dari famili rubiaceae, kelas magnolipsida, dengan divisi magnoliphyta serta gennya sendiri adalah uncaria. Gambir sendiri ialah adonan antara ekstrak ranting serta daun yang berasal dari pohon perdu. Tanaman gambir merupakan tanaman yang liar sehingga banyak sekali tumbuh subuh dihutan atau semak belukar. Gambir tumbuh dengan cara merambat dan mempunyai warna coklat bau tanah. Daunnya sendiri merupakan daun tunggal berhadapan, dengan ujung runcing berbentuk lonjong dan pangkal lingkaran. Warna daun gambir sendiri adalah berwarna hijau. Sementara itu, gambir mempunyai bunga yang beragam seperti lonceng yang tumbuh pada ketiak daun. Sifat khas dari gambir sendiri aadalah kelat serta pahit. Tanaman gambir pada umumnya yang dipakai yaitu serpihan daunnya saja atau rantingnya.

 Gambir pada umumnya sering dimanfaatkan semenjak zaman dahulu untuk gabungan mengunyah sirih atau nginang. Orang zaman dahulu memang sering melakukan cara tersebut karena bermanfaat untuk menguatkan gigi, menyehatkan gusi serta menjaga kesehatan tenggorokan. Gambir juga sering dimanfaatkan sebagai pewarna alami pakaian. Selain itu gambir juga mempunyai manfaat lain untuk kesehatan tubuh yang tidak kalah baiknya dengan obat tradisional lainnya. Berbagai penyakit bisa diatasi menggunakan ramuan dari gambir karena gambir mengandung aneka macam kandungan seolah-olah alkaloid, katekin, zat penyamak, tannin, flavonoid, katekin, lemak, merah katekin, kuersetin, dan lender.

 Inilah Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Tubuh

1. Obat Diare
 Diare yang diakibatkan oleh adanya gangguan pada pencernaan bisa diatasi dengan menggunakan obat tradisional dari gambir. Pengobatan menggunakan gambir ini untuk perkara diare diyakini ampuh dan mujarab. Cara pembuatannya yaitu dengan cara dibuat infus. Infus dari ramuan gambir tersebut diminum dengan hukum minum sehari 1 kali minum sebanyak 100 ml saja. Untuk membuat ramuan tradisional diare menggunakan gambir diperlukan juga adonan bahan-bahan lainnya seakan-akan patikan cina segenggam, kunyit sepotong serta materi utamanya yaitu gambir sepotong juga. Cobalah atasi diare memakai ramuan gambir yang terbukti ampuh.

2. Mengatasi Masalah Jerawat
 Sementara untuk mengatasi perkara bengkak yang menjadi salah satu penyakit yang dihindari caranya sangat praktis yaitu cukup dibentuk sebagai obat oles atau dibuat seolah-olah masker wajah. Bahan yang dipakai ialah debu gambir serta manggir. Sedangkan cara menciptakannya cukup menyeduh kedua materi tersebut dengan air secukupnya sehingga membentuk seolah-olah masker wajah. Oleskan ramuan tersebut pada kepingan wajah yang berjerawat secara merata. Namun perlu diingat basuh terlebih dahulu muka yang berjerawat sebelum diolesi ramuan dari gambir supaya hasil maksimal dan waktu yang tepat yaitu sebelum tidur. Keesokan harinya cuci sampai higienis dan lakukan secara rutin dan teratur supaya nanah bisa hilang dari wajah. Selain cara tersebut ada juga cara lain untuk mengatasi masalah jerawat menggunakan gambir yaitu dengan cara diminum secara rutin dan teratur. Bubuk gambir cukup diseduh dengan air panas kemudian diminum.

3. Menyembuhkan Sariawan Atau Suara Parau (Serak)
 Sariawan atau bunyi parau ialah penyakit yang menyerang daerah lisan dan tenggorokan. Kedua penyakit tersebut diakibatkan oleh kekurangan vitamin atau adanya serangan basil. Gambir bisa menjadi solusi untuk mengatasi kedua perkara tersebut. Caranya : Siapkan sepotong gambir, 3 helai daun sirih serta air bersih matang 100 ml. Haluskan gambir serta daun sirih hingga halus dengan cara ditumbuk. Setelah itu seduhlah kedua materi tersebut dengan air panas sebanyak 100 ml. Saring dan minum 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari secara teratur selama 1 ahad. Ramuan ini kalau dilakukan sesuai hukum sangat mujarab untuk masalah sariawan dan bunyi payau.

4. Antioksidan
 Gambir mempunyai kandungan katekin yang cukup tinggi. Katekin ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan yaitu sebagai antioksidan. Antioksidan ini sanggup menangkal berbagai serangan kuman atau virus yang membuat kesehatan terganggu.

5. Menurunkan Sakit Kepala
 Manfaat lain dari gambir ialah sanggup menurunkan rasa sakit pada kepala. Ada kandungan dalam gambir yang sanggup membantu menurunkan sakit kepala. Carany pemanfaatannya yaitu ramuan gambir mampu diimfus atau diseduh. Ramuan dari gambir ini jika dilakukan secara rutin mampu menurunkan rasa sakit kepala.

6. Baik Untuk Pencernaan
 Pencernaan merupakan hal terpenting bagi terjaganya kesehatan. Jika pencernaan mengalami gangguan mampu mengakibatkan munculnya banyak sekali penyakit. Mengonsumsi ramuan dari gambir ternyata mampu menjaga kesehatan pencernaan terutama cuilan usus jika penggunaannya dilakukan secara rutin dan teratur.

7. Obat Luka Bakar
 Luka akhir terbakar juga bisa diatasi memakai ramuan gambir. Ramuan gambir ini dijadikan obat oles untuk luka bakar. Oleskan ramuan gambir pada luka bakar secara merata.

 Gambir memang sudah dimanfaatkan semenjak dahulu untuk nginang. Namun dibalik itu gambir juga mempunyai manfaat lain bagi kesehatan yang luar biasa. Coba salah satu cara diatas jikalau mengalami perkara kesehatan. Semoga artikel kali ini semakin menambah pengetahuan wacana tumbuhan obat beserta manfaatnya.

Tampilkan Komentar