Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 10, 2019
 Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan, Mengatasi Luka Berdarah, Obat Bisul, Obat Borok, Obat Radang Telinga, Mengatasi Sakit Tenggorokan, Obat Malaria.

Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan

 Bandotan atau dalam bahasa ilmiahnya ageratum conyzoides merupakan tanaman yang mempunyai manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini banyak tumbuh subur di Negara kita yaitu di sawah atau di ladang. Sebenarnya tumbuhan ini bukan orisinil tumbuhan Negara kita namun berasal dari Brasil dan cocok tumbuh di tempat beriklim tropis. Bandotan termasuk kedalam suku asteraceae serta merupakan tanaman gula untuk pertanian. Bandotan sering diambil untuk pakan ternak.


 Tanaman bandotan sendiri mempunyai ciri yang khas seakan-akan busuk kambing atau domba. Batangnya sendiri tegak lurus dan berbulu halus. Tanaman bandotan ini mempinyai akar serabut yang jarang dan bercabang cabang. Sedangkan daunnya lingkaran agak lonjong dengan ujungnya runcing. Tanaman bandotan memiliki nama yang berbeda beda disetiap tempat. Nama nama bandotan tersebut antara lain Sunda (babadotan), Jawa (wedusan), Sumatra (tombak jantan), Sulawesi (dawet).

 Tanaman bandotan ini sejak dahulu sering kali dimanfaatkan untuk kesehatan karena mengandung unsur yang baik bagi kesehatan. Kandungan tersebut diantaranya friedelin, minyak asiri kumarin, asam amino, ß-sitosterol, pectic substance, tannin, ageratochromene, belerang, potassium chloride, oraganacid, stigmastero. Kandungan-kandungan tersebut mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

 Manfaat Serta Cara Meramu Daun Bandotan Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Luka Berdarah
 Manfaat bandotan untuk mengatasi luka berdarah sudah tidak abnormal lagi. Mengatasi luka berdarah menggunakan daun bandotan sudah dilakukan semenjak zaman dahulu. Cara ini sangat imbastif untuk menghentikan darah akhir luka tersebut. Ambil beberapa helai daun bandotan yang masih segar lalu dicuci sampai higienis. Setelah itu daun bandotan tersebut dilumatkan dengan cara ditumbuk hingga halus. Tempelkan daun bandotan tersebut pada luka secara merata kemudian dibalut. Ganti daun bandotan tersebut dengan yang gres sehari 4 kali. Lakukan sampai lukanya sembuh.

2. Obat Bisul
 Bisul terjadi karena adanya darah kotor. Bisul ini memberikan pengaruh sakit, meriang selama jerawat tersebut belum sembuh. Bisul adakala tumbuh lebih dari satu dan terjadi secara bergantian. Atasilah penyakit abses tersebut memakai tanaman obat bandotan. Caranya : Ambil daun bandotan segar secukupnya dan basuh terlebih dahulu semoga terhindar dari kuman yang menempel pada daun bandotan tersebut. Lumatkan hingga halus daun bandotan tersebut lalu tempelkan pada nanah secara merata lalu gunakan perban untuk membalutnya. Lakukan sampai bengkak tersebut sembuh dengan cara sehari 3 kali ganti.

3. Mengobati Borok Atau Eksim
 Manfaat lain dari daun bandotan adalah untuk mengobati eksim atau borok. Bandotan ini memang diyakin ampuh untuk mengatasi penyakit luar. Cara membuat ramuannya adalah cuci higienis daun bandotan yang masih segar secukupnya. Setelah dicuci bersih daun bandotan tersebut dilumatkan kemudian ditempelkan pada eksim atau borok tersebut. Balutlah supaya tidak lepas serta kandungan dalam daun bandotan mampu bekerja maksimal. Ganti daun bandotan tersebut dengan yang baru sehari 3 kali pergantian.

4. Mengatasi Sakit Telinga Karena Radang
 Hati-hati jikalau membersihkan pendengaran jangan pake alat sembarangan. Orang dulu sering membersihkan indera pendengaran menggunakan peniti. Hal itu sebetulnya berbahaya lantaran mampu mengakibatkan peradangan pendengaran karena peniti merupakan benda yang keras. Jika sudah mengalami peradangan indera pendengaran maka kualitas pendengaranpun tidak akan maksimal. Untuk mengatasi kasus sakit telinga balasan radang mampu menggunakan daun bandotan. Haluskan daun bandotan dengan cara dilumatkan kemudian peras untuk diambil airnya. Gunakan air daun bandotan tersebut untuk dijadikan obat tetes telinga dengan aturan pakai sehari 4 kali dan setiap kali pemakaian sebanyak 2 tetes. Lakukan secara rutin sehingga sakit telinga akhir radang sembuh.

5. Obat Perut Kembung
 Perut kembang menciptakan si penderita merasa tidak nyaman. Badan terasa tidak karuan serta makanpun tidak berselera. Untuk mengatasi kasus perut kembung tersebut cobalah menggunakan tanaman obat daun bandotan. Ambilah bandotan lalu dicuci higienis. Setelah itu potonglah menjadi beberapa cuilan dan kemudian direbus menggunakan 4 gelas air. Biarkan air rebusannya hingga tersisa 1 gelas saja. Angkat, saring dan acuh taacuhkan. Minumlah ramuan tersebut sampai habis sehari 3 kali.

6. Mengatasi Sakit Tenggorokan
 Bandotan juga mampu mengatasi sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan ini diakibatkan karena serangan kuman atau basil yang masuk bersama kuliner atau udara. Jika mengalami sakit tenggorokan menelan makanan saja terasa sakit luar biasa. Agar sakit tenggorokan cepat sembuh atasilah dengan ramuan dari daun bandotan. Kandungan daun bandotan tersebut mampu mengatasi sakit tenggorokan secar cepat. Siapkan daun bandotan secukupnya dan basuh bersih. Lumatkan daun bandotan tersebut sampai halus kemudian peras untuk diambil sari pati daun bandotannya. Tambahkan gula kerikil lalu aduk sampai tercampur rata. Minumlah ramuan daun bandotan tersebut sehari 3 kali secara teratur hingga sakit tenggorokannya sembuh.

7. Mengobati Radang pada Rahim
 Untuk mengatasi radang rahim daun bandotan dicuci higienis sebanyak 1 genggam. Setelah itu rebuslah daun bandotan tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan sampai tersisa 1 gelas saja. Angkat, saring dan bila sudah cuek minumlah hingga habis ramuan tersebut. Lakukan secara rutin dan teratur dengan hukum pakai sehari 3 kali.

8. Obat Malaria
 Jika mengalami penyakit malaria atasilah menggunakan daun bandotan. Kandungan daun bandotan ini sanggup mengatasi perkara penyakit malaria. Cara maramunya yaitu daun bandotan yang masih segar sebanyak segenggam dicuci terlebih dahulu. Rebuslah daun bandotan tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas saja. Saring dan sesudah acuh taacuh minumlah hingga habis sehari 2 kali. Lakukan secara rutin dan teratur.

9. Mengatasi Influenza
 Influenza atau filek sering terjadi karena virus. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya namun influenza ini juga menular melalui udara. Atasilah menggunakan daun bandotan. Daun bandotan ini imbastif mengatasi penyakit tersebut. Untuk menciptakan ramuannya sama seakan-akan mengatasi penyakit malaria.

10. Mengobati Reumatik
 Reumatik sering terjadi pada siapa saja dan sering kali menggangu aktivitas. Untuk mengatasinya bisa menggunakan daun bandotan. Caranya : Cuci higienis bandotan kemudian ditumbuk halus bersama nasi basi 1 kepal dan garam ½ sendok teh. Balurkan pada cuilan tubuh yang mengalami reumatik kemudian dibalut dengan perban selama 1 jam. Lakukan secara teratur sampai reumatiknya sembuh.

11. Menyehatkan Rambut
 Rambut sehat merupakan dambaan setiap orang lantaran rambut merupakan mahkota. Agar rambut tetap terjaga kesehatannya mampu menggunakan ramuan dari tumbuhan bandotan. Tumbuklah daun bandotan hingga halus kemudian oleskan pada rambut secara merata hingga ke kulit kepala. Tutup memakai penutup rambut selama 2 jam. Bilas sampai higienis memakai sampo. Lakukan secara rutin dan teratur.

 Manfatkanlah bandotan untuk mengatasi aneka macam penyakit yang telah dijelaskan diatas. Daun bandotan ini tidak memiliki imbas samping yang membahayakan kesehatan tubuh dan juga khasiatnya manjur. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tampilkan Komentar