Manfaat Bunga Pukul Delapan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 14, 2019
 Bunga yang tumbuh di negara kita memang sangat banyak serta majemuk. Hal itu dikarenakan iklim indonesia sangat baik serta kawasannya subur. Karena itulah banyak sekali bunga yang tumbuh subur dan salah satunya ialah bunga pukul delapan.

 Bunga pukul delapan namanya memang unik diambil dari sifat bunga tersebut. Dinamakan bunga pukul delapan lantaran bunga ini akan mekar pada jam 8 pagi serta akan kuncup pada jam 12 siang. Sehingga dinamakan bunga pukul delapan. Bunga ini merupakan bunga yang berasal dari kawasan Hindia Barat. Namun sekarang sudah menyebar ke aneka macam negara termasuk ke indonesia. Bunga pukul delapan merupakan bunga yang cocok tumbuh di kawasan yang memiliki ketinggian yaitu sekitar 10--250 m diatas permukaan laut. Karena bunga pukul delapan ini termasuk kedalam tanaman liar maka perkembangbiakan bunga pukul delapan sangat cocok di terusan air, tanah terlantar, tempat terbuka yang cukup terkena sinar matahari.
Untuk penjabaran ilmiahnya sendiri, bunga pukul delapan ini merupakan famili dari turneraceae dan divisi spermatophyta. Sementara itu ordo bunga pukul delapan yaitu malphigiales serta genus turnera. Bunga pukul delpana termasuk kedalam spesies turnera ulmifolia. Nama latin bunga pukul delapan ialah turnea angustifolia mill atau turnea subulata JE. Smith.

 Tanaman bunga pukul delapan ini memiliki daun jenis tunggal yaitu ujung runcing, pangkal seolah-olah baji, tepi bergigi bergairah, berkelenjar dengan bentuk daun elips bundar telur. Daun bunga pukul delapan ini memiliki ukuran yang sedang yaitu lebar antara 1 sampai 4 cm serta panjangnya antara 2 sampai 7 cm. Bunga pukul delapan sendiri memiliki buah seperti telur yang melebar serta memiliki ciri yang khas yaitu bijinya lebih panjang. Untuk bunganya sendiri memiliki mahkota bunga dengan bentuk telur sungsang dengan warna pangkal coklet serta diatasnya berwarna kuning muda. Atas mahota tersebut akan terpuntir pada waktu bunga tersebut kuncup.

 Bunga pukul delapan ini atau orang Jawa menyebutnya dengan nama pengecap kucing mempunyai banyak sekali kandungan kimia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan dalam bunga pukul delapan tersebut diketahui setelah dilakukan penelitian oleh para jago. Oleh karena itu bunga pukul delapan ini sudah sering dimanfaatkan untuk berbagai kasus kesehatan. Kandungan kimia yang terdapat dalam bunga pukul delapan antara lain beranin, betacyanin, betanidin, flavonoid, saponin serta polifenol. Bunga pukul delapan ini bersifat hangat serta rasanya pedas dan pahit. Bagian yang dipakai/dimanfaatkan adalah potongan akar dan daun.

 Berikut Manfaat Bunga Pukul Delapan bagi Kesehatan Tubuh

  • Hepatitis (radang hati)
  • Sakit kepla
  • Ekzema pada bayi
  • Sakit tenggorokan
  • Rematik
  • Melancarkan ailran darah
  • Memar
  • Menambah nafsu makan
  • Mengatasi perut kembung
  • Lemas sesudah sakit
  • Menghilangkan bekuan darah
  • Mengatasi pembengkakan prostat
  • Gangguan disfungsi ereksi

 Pengobatan diatas mampu dilakukan dengan 2 cara yaitu ada yang dilakukan pengobatan luar serta ada yang dilakukan dengan pengobatan dalam. Berikut cara cara penggunaan bunga pukul delapan bagi kesehatan :

1. Penggunaan luar (obat luar)
 Siapkan daun bunga pukul delapan segenggam atau secukupnya lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu bunga pukul delapan tersebut dihaluskan hingga halus dengan cara ditumbuk. Pada saat ditumbuk campurkan kapur sirih secukupnya. Jika sudah halus serta kapur sirih tercampur rata tempelkan pada cuilan yang sakit secara merata kemudian dibalut supaya menempel. Penggunaan luar antara lain untuk memar, abses, abuh, rematik.

2. Pengobatan dalam (diminum)
 Ambilah daun pukul delapan atau akar pukul delapan secukupnya dan jangan lupa dicuci bersih. Daun atau akar pukul delapan tersebut lalu dipotong potong dan direbus dengan air secukupnya sampai benar benar mendidih. Setelah itu angkat, saring serta biarkan hambar. Minumlah air ramuan tersebut hingga habis secara rutin dan teratur sehingga penyakitnya sembuh. Pengobatan ini bisa untuk mengobati sakit kepala, rematik, hepatitis, melancarkan pedoman darah, mengatasi kasus pencernaan, menghilangkan bekuan darah.

 Perhatian : selain bermanfaat bagi kesehatan, bunga pukul delapan ini juga memiliki imbas samping yaitu ibu hamil dilarang minum ramuan dari bunga pukul delapan sebab bisa kuat terhadap kehamilannya.

 Meskipun bunga pukul delapan termasuk tumbuhan liar serta tidak sepopuler bunga mawar atau bunga lainnya akan tetapi bunga pukul delapan ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Setelah membaca artikel ini tidak ada salahnya mencoba ramuan dari bunga pukul delapan tersebut. Semoga bermanfaat artikel tentang Manfaat Bunga Pukul Delapan ini.

Tampilkan Komentar