Manfaat Bunga Pagoda Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 08, 2019
 Manfaat Bunga Pagoda Bagi Kesehatan, Mengatasi Insomnia, Obat Sakit Maag, Mengobati wasir, Obat Bisul.

Manfaat Bunga Pagoda Bagi Kesehatan
Manfaat Bunga Pagoda Bagi Kesehatan

 Pekarangan rumah memang sering dipakai untuk menanam aneka macam tanaman, baik itu tanaman hias, bumbu makanan atau buah dan sayur. Pekarangan rumah ini dipilih karena bersahabat dengan kita sehingga gampang untuk dikontrol. Banyak sekali banyak sekali jenis tumbuhan tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah mulai dari bunga, bonsai atau yang lainnya. Salah satu bunga yang sering ditanam di pekarangan rumah yaitu bunga pagoda. Tanaman bunga pagoda ini dipilih karena selain bisa menjadi tanaman hias juga mampu menjadi peneduh karena tumbuh cukup tinggi.

 Bunga pagoda selain dimanfaatkan untuk tanaman hias ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat aneka macam penyakit. Berbagai penyakit ternyata bisa diobati menggunakan ramuan dari bunga pagoda. Namun sebelum lebih jauh membahas perihal manfaat bunga pagoda bagi kesehatan, marilah kita bahas terlebih dahulu tentang bunga pagoda itu sendiri.

 Disebut dengan bunga pagoda lantaran bentuk bunganya menyerupai piramid atau pagoda sehingga dinamakan bunga pagoda. Nama ilmiah bunga pagoda adalah Clerodendrum japonicum Sweet. Tanaman ini termasuk kedalam tanaman perdu meranggas yang mempunyai tinggi bisa mencapai 3 meter sehingga sering disebut sebagai tanaman peneduh. Tanaman bunga pagoda memiliki buah yang berbentuk bundar serta mempunyai batang yang terdapat bulu-bulu halus. Bunganya yang mirip pyramid memiliki warna merah yang tersusun dari bunga-bunga kecil. Bunga tersebut tumbuh dari ujung tangkai. Sedangkan ciri dari daunnya sendiri yaitu berbentuk seakan-akan telur yang agak lebar dan juga berhadapan serta termasuk kedalam daun tunggal. Tempat hidup bunga pagoda yaitu sering ditemukan di pekarangan rumah atau di pinggir jalan. Tanaman bunga pagoda ini mempunyai nama lebih dari satu diantaranya tumbak raja atau senggugu.

 Tanaman bunga pagoda ini mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan yaitu garam kalium, zat samak serta alkaloid. Kandungan tersebut terdapat pada daun, bunga dan akar sehingga pecahan yang dimanfaatkan untuk kesehatan adalah cuilan daun, bunga dan akarnya. Berbagai manfaat bisa dihasilkan dari tanaman bunga pagoda ini untuk kesehatan diantaranya diuretic, antiradang, hemostatis serta sedative.

 Manfaat Tanaman Bunga Pagoda Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Insomnia
 Untuk mengatasi insomnia menggunakan bunga pagoda yaitu dicampur dengan arak anggun. Cara pembuatannya ialah pertama-tama siapkan bunga pagoda secukupnya atau mampu juga menggunakan bagian akarnya kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering bunga pagoda tersebut di haluskan hingga berbentuk serbuk. Amil arak manis sebanyak 1 seloki lalu campurkan serbuk bunga pagoda sebanyak 1 sendok the. Aduk-aduk hinga bercampur kemudian diminum hingga habis. Lakukan cara tersebut hingga masalah insomnia hilang ketika menjelang tidur. Penggunaan secara teratur akan mengatasi masalah sulit tidur secara maksimal.

2. Obat Sakit Maag
 Jika mengalami sakit maag segeralah atasi sedini mungkin. Karena jikalau dibiarkan dan menjadi kronis sangat membahayakan kesehatan serta bisa memicu timbulnya penyakit lain. Untuk mengatasi penyakit maag bisa memakai ramuan dari bunga pagoda. Caranya sangat praktis yaitu ambil beberapa daun bunga pagoda kemudian basuh sampai bersih. Setelah itu haluskan dengan cara digiling dan tambahkan madu secukupnya. Aduk hingga rata kemudian tempelkan pada potongan yang sakit disekitar lambung dan dibalut. Ganti ramuan tersebut sehari 3 kali secara teratur. Cara ini diyakini sanggup membantu mengurangi sakit maag.

3. Mengobati wasir
 Penyakit wasir merupakan penyakit yang menyerang terusan pencernaan. Penyakit ini terjadi lantaran adanya benjolan atau peradangan di sekitar pembuangan. Penyakit wasir ini mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa apalagi saat duduk. Untuk itu atasilah penyakit wasir tersebut sesegera mungkin menggunakan ramuan dari tanaman bunga pagoda. Siapkan bunga pagoda sebanyak 50 gram dan cuci higienis. Setelah itu tumislah bunga pagoda tersebut bersama usus sapi. Konsumsilah tumis tersebut sebagai lauk secara rytin dan teratur agar kesudahannya maksimal untuk mengatasi penyakit wasir.

4. Obat Bisul
 Bisul juga mampu diobati memakai ramuan bunga pagoda. Kandungan dalam bunga pagoda mampu mengatasi penyakit abses secara ampuh. Cuci bersih bunga serta daun bunga pagoda secukupnya. Setelah itu lumatkan kedua materi tersebut dengan cara ditumbuk. Setelah halus tambahkan madu secukupnya kemudian diaduk supaya tercampur semua bahan tersebut. Tempelkan ramuan dari tanaman bunga pagoda tersebut secara merata pada kepingan bisul. Ganti sehari 3 kali dan lakukan sampai infeksinya sembuh.

 Bunga pagoda yaitu bunga yang sering dimanfaatkan untuk tanaman hias atau peneduh yang ditanam di pekarangan rumah atau pinggir jalan raya. Selain itu bisa juga dimanfaatkan untuk kesehatan. Kaprikornus jika mengalami perkara kesehatan seperti yang telah dijelaskan diatas tidak ada salahnya jikalau mencoba ramuan dari bunga pagoda yang telah dijelaskan. Beralihlah menggunakan tanaman obat untuk mengatasi banyak sekali masalah kesehatan. Pengobatan menggunakan tanaman obat tidak kalah ampuhnya dengan obat yang dijual serta efek samping yang ditimbulkan hampir tidak ada atau dengan kata lain aman bagi kesehatan. Selamat mencoba dan semoga menambah wawasan perihal tanaman obat.

Tampilkan Komentar