Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 01, 2019
 Seiring perkembangan zaman yang semakin maju menjadikan apa yang kita mau yang lokasinya jauh menjadi gampang didapatkan. Seperti halnya pada buah-buahan yang tumbuh atau subur di daerah tertentu namun dengan perkembangnya zaman menjadi praktis didapatkan. Salah satunya ialah buah Murbei.

Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan Tubuh

 Buah murbei merupakan buah yang awalnya tumbuh di negara Cina saja. Namun dengan perkembangan zaman sekarang buah murbei sudah banyak tumbuh subur di Indonesia. Buah murbei ini memang sangat cocok tumbuh di kawasan yang cukup sinar matahari serta cocok tumbuh di ketinggian, lereng gunung. Murbei tergolong kepada tanaman liar meskipun banyak dibudidayakan serta di tanam di pekarangan rumah. 


 Buah murbei memiliki rasa serta bentuk yang khas. Ukuran buah ini juga kecil dan warnanya cenderung merah. Pohonnya bisa mencapai 10 meter dengan cabang yang banyak serta memiliki bulu halus untuk cabang yang masih muda. Bentuk daun yaitu lonjong atau seakan-akan bentuk telur dengan ujungnya runcing, tepinya bergigi serta pangkalnya tumpul. Warna daun murbei adalah hijau dengan permukaan bernafsu.

 Buah murbei ini mempunyai rasa cenderung asem sehingga yummy jika dibentuk jus dan diminum disiang hari. Buah murbei juga mengandung banyak sekali zat yang memang baik untuk kesehatan. Zat-zat tersebut terkandung cukup tinggi dalam buah murbei. Zat tersebut antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, vitamin k, lemak, air, kalori, asam lemak bebas, zat besi, protein, karbohidrat, mineral, serat. Dari kandungan tersebut sudah dipastikan bahwa memang buah murbei ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan.

 Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Mengobati Penyakit Anemia
 Kandungan zat besi dalam buah murbei jumlahnya cukup tinggi sehingga baik untuk mengatasi penyakit Anemia. Cukup dengan mengonsumsi buah murbei secara rutin dan teratur maka penyakit Anemia bisa diatasi. Penyakit anemia sendiri adalah suatu penyakit dimana jumlah haeoglobin dalam darah kurang. Haeoglobin ini mempunyai kiprah untuk membawa oksigen dalam darah ke seluruh badan. Jumlah haemoglobin berkurang karena asupan zat besi tidak memenuhi kebutuhan dalam tubuh. Untuk itu semoga jumlah haemoglobin tidak berkurang cukupilah asupan zat besi dengan cara mengonsumsi buah murbei.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
 Buah murbei merupakan salah satu buah yang sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Buah murbei ini mengandung zat zat yang memang berfungsi sebagai penurun kolesterol jahat. Zat zat tersebut antara lain antosianin, kuersentin serta vitamin C. Ke tiga zat tersebut akan mengikat oksigen dehingga proses oksidasi kolesterol jahat. Dengan tercegahnya proses oksidari kolesterol jahat maka masalah kolesterol mampu diturunkan kadarnya. Karena kolesterol jahat (LDL) merupakan faktor utama seseorang terkena penyakit Jantung. Selain mencegah oksidasi kolesterol jahat, vitamin C juga akan meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang baik bagi badan.

3. Baik Untuk Kesehatan Mata
 Mengonsumsi buah murbei secara rutin ternyata mampu menjaga kesehatan mata. Kesehatan mata akan terjaga lantaran buah murbei ini mengandung nutrisi yang diperlukan oleh mata seolah-olah vitamin A dan karoten. Kedua nutrisi tersebut terkandung cukup tinggi dalam buah murbei. Dengan terpenuhinya nutrisi untuk mata, maka mata akan tetap terjaga kesehatannya terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu kesehatan mata.

4. Meningkatkan Sistem Imun
 Kandungan vitamin C dalam buah murbei yang cukup tinggi bermanfaat juga sebagai nutrisi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang besar lengan berkuasa akan menyebabkan kekebalan badan meningkat sehingga akan menangkal berbagai penyakit. Sistem imun merupakan benteng utama badan untuk menangkal berbagai penyakit sehingga harus tetap terjaga.

5. Mencegah Penuaan Dini
 Jika anda ingin baka muda serta terhindar dari perkara penuaan dini perbanyaklah mengonsumsi buah murbei. Buah murbei ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang sangat bagu untuk menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan juga merupakan benteng badan dalam menangkal serangan radikal bebas. Sehingga dengan mengonsumsi buah murbei maka badan akan tetap sehat serta terhindar dari penuaan dini.

6. Baik Untuk Kesehatan Kulit
 Menjaga kesehatan kulit cobalah dengan buah murbei. Buah murbei ini sanggup menjaga kesehatan kulit dengan maksimal karena buah murbei memang mengandung zat zat yang dibutuhkan oleh kulit. Penggunaan buah murbei untuk kesehatan kulit mampu dengan cara dimakan pribadi maupun dioleskan kepada kulit yang tentunya buah murbei tersebut dihaluskan terlebih dahulu. Pemanfaatan buah murbei untuk kesehatan kulit ternyata sudah dilakukan sejak dauhulu oleh orang Cina. Manfaat bagi kesehatan kulit antara lain melembabkan kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan bintik hitam, melembutkan kulit.

Namun selain bermanfaat bagi kesehatan, buah murbei juga mempunyai pengaruh samping yang kurang baik. Efek samping dari buah murbei antara lain :

• Dianjurkan tidak sering menggunakan kosmetik yang mengandung ekstrak murbei lantaran penelitian menyebutkan ekstrak murbei mengandung arbutin yang tinggi yang mampu mengakibatkan kanker kulit.
• Jangan makan buah murbei bersamaan dengan makanan yang mengandung karbohidrat lantaran akan menghambat proses perembesan karbohidrat oleh tubuh.

 Tidak ada salahnya bila mengonsumsi buah murbei secara rutin sehingga mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun jikalau ingin menggunakan buah murbei untuk kesehatan kulit alangkah baiknya konsultasi dahulu ke dokter.

 Itulah artikel yang mampu disampaikan mengenai Manfaat Buah Murbei semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga artikel perihal manfaat daun salam bagi kesehatan.

Tampilkan Komentar