Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 22, 2019
 Buah ini mungkin tidak sepopuler buah anggur maupun jeruk. Namun buah ini sudah banyak dibudidayakan dan mempunyai rasa yang lezat serta menyegarkan. Buah ini sering disebut dengan nama Blueberry. Blueberry sendiri merupakan tumbuhan asli dari Amerika Utara. Namun walaupun demikian blueberry sendiri juga banyak tumbuh subur di Selandia Baru, Amerika Selatan serta Australia Selatan.

Buah Blueberry
Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan

 Blueberry ialah tanaman semak dengan ukuran tumbuhan mencapai 4meter. Blueberry memiliki bunga yang ibarat bell dengan banyak warna diantaranya merah muda, merah pucat, putih atau kehijau-hijauan. Daunnya sendiri berganti sepanjang tahun sehingga akan tetap berwarna hijau. Tanaman ini termasuk kedalam keluarga Ericaceae dan genus Vaccinium. Menurut jenisnya blueberry sendiri dibagi menjadi 3 cuilan yaitu :
1. Blueberry Vaccinium angustifolium (Blueberyy liar)
2. Blueberry Vaccinium corymbosum (Blueberry yang dibudidayakan)
3. Blueberry vaccinium pallidum (jarang ditemukan untuk jenis ini)

 Blueberry setelah dilakukan penelitian oleh para andal, ternyata banyak sekali terkandung unsur yang bermanfaat sekali bagi kesehatan. Sehingga blueberry termasuk kedalam tanaman obat tradisional alami untuk mengatasi banyak sekali penyakit dan baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam blueberry antara lain :
Vitamin B1
Vitamin B2
Vitamin B3
Vitamin B6
Vitamin C
Vitamin E
Vitamin K
Besi
Flavonol
Fosfor
Kalsium
Kalium
Karbohidrat
Lemak
Mangan
Proantosianidin
Resveratrol
Seng
Serat
Tanin

 Blueberry dipercaya mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang baik bagi badan, anti peradangan serta baik untuk pencegahan terhadap tumbuhnya sel kanker. Selain itu blueberry sendiri sanggup meningkatkan daya ingat seseorang dan sangat baik untuk melancarkan peredaran darah.

 Berikut Merupakan Beberapa Manfaat Dari Buah Blueberry Bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Mata
 Buah blueberry sanggup menjaga kesehatan mata dengan baik. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa bila mengonsumsi buah blueberry minimal 3 buah sehari akan mampu menjaga penurunan kesehatan mata pada usia renta. Selain itu buah blueberry juga mampu mengatasi abses yang terjadi pada retina mata. Konsumsilah buah blueberry secara rutin dan teratur sehingga mata akan tetap terjaga kesehatannya.

2. Baik Sebagai Daya Tahan Tubuh
 Antioksidan yang terdapat dalam buah blueberry lebih banyak dibandingkan dengan buah lainnya sehingga buah blueberry dianggap sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik bagi badan. Antioksidan merupakan salah satu yang sanggup menguatkan sistem kekebalan badan kita. Jadi dengan sering mengonsumsi buah blueberry secara teratur maka bukan tidak mungkin sistem kekebalan badan kita akan tetap terjaga dengan baik dan kita akan tetap sehat.

3. Anti Kanker
 Dalam buah blueberry terkandung senyawa flavonol yaitu suatu senyawa yang mempunyai fungsi untuk mencegah penyebaran sel-sel kanker dalam badan. Senyawa ini banyak terkandung dalam buah blueberry, sehingga kalau sering mengonsumsi buah blueberry diyakini akan mampu mencegah penyebaran sel-sel kanker. Bagi kaum perempuan mengonsumsi buah blueberry sangat baik karena dapat mencegah kanker rahim.

4. Baik Untuk Tulang
 Buah blueberry juga sangat baik bagi tulang. Kandungan mineral yang terdapat pada buah blueberry sanggup menjadi pelindung tulang dari berbagai serangan penyakit yang sering menyerang tulang. Selain itu nutrisi buah blueberry juga akan menjaga tulang dari perkara osteoporosis. Konsumsilah buah blueberry sehingga kesehatan tulang tetap terjaga sampai usia senja.

5. Baik Untuk Otak
 Selain manfaat diatas, buah blueberry juga mampu menjaga fungsi otak tetap sehat. Otak merupakan salah satu organ penting dalam tubuh lantaran otak merupakan mesin. Jika ada gangguan dari otak bukan mustahil segala fungsi anggota badan akan terganggu. Buah blueberry mampu menjaga kesehatan otak tetap seimbang dan mampu mempertajam ingatan. Konsumsilah buah blueberry setiap hari semoga fungsi otak tetap terjaga dengan baik.

6. Melancarkan Pencernaan
 Jika mengalami masalah dengan pencernaan coba atasi menggunakan buah blueberry sebagai obat tradisional alami. Kandungan serat yang ada dalam buah blueberry sanggup melancarkan sistem pencernaan dengan baik. Serat memang suatu nutrisi yang sudah bukan diam-diam lagi akan manfaatnya bagi pencernaan. Dengan sering mengonsumsi buah blueberrry diyakini sistem pencernaan akan tetap terjaga.

7. Menurunkan Kadar Lemak
 Buah blueberry yang yummy dan menyegarkan mempunyai manfaat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Hal itu dikarenakan dalam buah blueberry terkandung zat plyphenol yang tinggi yang mempunyai fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Selain itu zat tersebut juga mampu mengatasi permasalah metabolisme badan.

8. Baik Untuk Diet
 Jika ingin melakukan diet buah blueberry sangat cocok sebagai pengganti nasi atau kuliner lainnya. Karena buah blueberry mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap serta kalori dalm buah blueberry sangat rendah jadi tidak akan menimbulkan kegemukan.

9. Menyehatkan Kulit
 Untuk menjaga kulit tetap terjaga kesehatannya coba menggunakan buah blueberry sebagai solusinya. Buah blueberry mampu menjaga kesehatan kulit serta melindungi kulit dari sinar matahari. Kulit akan tetap terjaga kelembabannya, tetap lembut serta memancarkan cahaya. Cara memanfaatkan buah blueberry untuk kulit cukup simpel yaitu buah blueberry tersebut dibentuk sebagai masker kulit.

10. Menjaga Kesehatan Jantung
 Antioksidan dalam buah blueberry sangat baik untuk menjaga semoga jantung tetap sehat. Selain itu buah blueberry sendiri mampu menurunkan kolesterol jahat dalam badan. Dengan antioksidan serta penurunan kadar kolesterol oleh buah blueberry mampu berdampak aktual bagi kesehatan jantung.

 Selain yummy dan menyegarkan, ternyata tersimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dalam buah blueberry. Jika kita sering mengonsumsi buah blueberry secara teratur akan mendapatkan beberapa keuntungan, selain rasanya lezat juga menerima manfaat yang bagi kesehatan tubuh. Itulah artikel yang bisa disampaikan mengenai manfaat buah blueberry bagi kesehatan badan. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba. Mohon maaf apabila dalam penyampaiannya kurang dipahamai serta masih ada kekurangnanya dan kalau berkenan ditambahkan apa yang belum ada dalam artikel ini wacana manfaatnya yang lain dari buah blueberry tersebut. Kunjungi juga artikel lainnya mengenai manfaat Buah Naga Yang Mujarab bagi Kesehatan.

Tampilkan Komentar