Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 09, 2019
 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan, Mengatasi Alergi, Obat Gatal, Baik Untuk Wanita, Menjaga Kesehatan Kulit, Menyehatkan Rambut, Obat Bisul, Obat Demam Anak, Mengatasi Batuk Kering.

Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan
Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

 Negara kita merupakan Negara subur dan disebut juga sebagai paru-paru dunia. Banyak sekali tanaman yang tumbuh subur di Negara kita baik itu sebagai tumbuhan asli maupun peralihan, baik itu tanaman biasa maupun tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional atau sering disebut dengan tanaman obat. Tanaman obat yang tumbuh di Negara kita beragam serta menyebar hampir diseluruh kawasan. Salah satunya adalah tanaman obat asam jawa.

 Tanaman asam jawa memiliki nama ilmiah yaitu tamarindus indica L dan merupakan tanaman berbuah polong. Tanaman ini tinggi dengan pohon besar seakan-akan pohon rambutan, sawo atau yang lainnya. Tanaman asam jawa yang sering dimanfaatkan ialah buahnya yaitu sebagai bumbu masakan. Berbagai olahan kuliner menggunakan asam jawa sehingga menimbulkan cita rasa yang sedikit asam namun tetap yummy. Contohnya kalau membuat rujak atau membuat sayur asem lezatnya menggunakan asam jawa.

 Namun ternyata asam jawa selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat aneka macam masalah yang menyerang tubuh. Pemanfaatan sebagai tanaman obat sudah dilakukan semenjak zaman dahulu dan sampai sekarang juga masih tetap digunakan. Manfaat asam jawa bagi kesehatan diyakini dampaktif dan tentunya tidak mempunyai imbas samping yang mengganggu badan.

 Pemanfaatan asam jawa bagi kesehatan ternyata memang benar adanya. Hal itu dikarenakan dalam asam jawa terkandung aneka macam unsur yang dibutuhkan oleh badan. Menurut para andal kesehatan, dalam asam jawa terkandung berbagai unsur antara lain senyawa asam sitrat, asam suksinat, asam tartrat, air, gula, kalsium, kalori, karbohidrat, fosfor, lemak, potassium, protein, sodium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi.

 Manfaat Asam Jawa Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

1. Obat Jerawat
 Masalah jerawat sudah sering dibahas baik itu wacana jerawat itu sendiri maupun obat jerawat. Obat jerawat memang banyak mulai dari obat herbal, obat kimia dan banyak sekali cara pengobatan lainnya. Namun perlu diwaspadai kalau memakai obat yang berbahan kimia apalagi bila obat tersebut dibeli sembarangan. Yang ditakutkan bukan kesembuhan tetapi efek yang kurang baik dari obat kimia tersebut. Untuk itu coba obati perkara jerawat menggunakan asam jawa yang mampu dipastikan tidak memiliki pengaruh samping yang berbahaya bagi kesehatan badan. Caranya : Siapkan asam jawa, daun jinten 10 lembar, temulawak 1 ruas jari, daun sambiloto 10 lembar, adas 1 sendok dan kencur 10 cm. Semua materi kecuali asam jawa dicuci hingga bersih supaya terhindar dari banyak sekali bakteri yang menempel. Setelah itu semua bahan ditumbuk hingga halus dan diseduh dengan air panas sebanyak 2 gelas, Saring dan sesudah masbodoh diminum secara teratur yaitu sehari 3 kali. Lakukan sampai jerawat sembuh.

2. Obat Bisul
 Bisul adalah salah satu penyakit yang pada umumnya terjadi karena adanya darah kotor. Efek dari penyakit bisul ini yaitu selain menimbulkan rasa nyeri juga bisa mengakibatkan demam. Bisul ini biasanya akan pecah jikalau sudah matang. Asam jawa bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi perkara nanah tersebut lantaran unsur kandungan dalam asam jawa tersebut. Caranya : Asam jawa sebesar kelereng atau lebih besar sedikit direndam dengan air higienis yang sudah matang sebanyak 1 gelas dan biarkan sampai asam jawa tersebut mengembang. Setelah itu asam jawa tersebut direbus dengan air yang sama dan tambahkan irisan temulawak dan gula aren secukupnya hingga mendidih. Biarkan air rebusan tersebut tinggal separuhnya kemudian angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut jika sudah hambar hingga habis. Ulangi beberapa kali sehingga kasus bengkak bisa teratasi secara maksimal.

3. Mengatasi Batuk Kering
 Batuk banyak sekali macamnya tergantung penyebabnya. Ada yang dinamakan batuk berdahak, batuk kering dan sebagainya. Jika mengalami batuk kering coba atasi memakai tanaman obat asam jawa. Asam jawa ini sangat manjur dan sudah terbukti untuk perkara batuk kering. Siapkan asam jawa sebanyak 3 potong serta daun saga setengah genggam saja dan sudah dicuci higienis. Rebuslah kedua materi tersebut dengan air sebanyak 5 gelas hingga air rebusannya tinggal 1 gelas lalu saring. Aturan minum ramuan tersebut yaitu diminum pada pagi dan sore hari setiap hari sampai batuknya sembuh.

4. Menguatkan Rambut
 Manfaat lain dari asam jawa ialah untuk menguatkan rambut sehingga tidak mengalami kerontokan. Rambut memerlukan berbagai zat agar tetap sehat dan tentunya tidak rontok. Kerontokan rambut sangat mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri. Untuk menjaga supaya rambut terhindar radi masalah kerontokan coba menggunakan asam jawa. Caranya sangat mudah yaitu tumbuk sampai halus beberapa biji asam jawa. Gunakan biji asam jawa yang telah dihaluskan tersebut pada kulit kepala dengan cara dioleskan sambil dipijat perlahan lahan. Biarkan beberapa menit lalu bersihkan memakai sampo. Ulangi secara teratur sehingga rambut terhindar dari kerontokan.

5. Obat Sakit Perut Saat Datang Bulan
 Bagi kaun wanita yang sudah balig atau sampaumur, datang bulan merupakan sesuatu yang sudah umum dialami. Datang bulan ini sering kali menimbulkan rasa nyeri berupa sakit perut yang tidak mengecewakan sakit bahkan ada yang sakitnya itu luar biasa. Sakit balasan datang bulan ternyata mampu diatasi memakai asam jawa sebagai tanaman obat yang mujarab. Caranya : Cuci higienis kunyit serta asam jawa secukupnya. Rebuslah kedua materi tersebut dengan air secukupnya hingga benar benar mendidih. Angkat, saring kemudian diminum selama haid sebanyak 2 kali sehari.

6. Mencerahkan Kulit
 Bagi anda yang ingin kulitnya tetap sehat dan tetap cerah coba gunakan asam jawa sebagai solusinya. Asam jawa ini memiliki aneka macam kandungan vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Caranya : Siapkan asam jawa secukupnya kemudian pisahkan daging dan bijinya. Haluskan daging asam dan kunyit sampai halus. Tambahkan air hangat secukupnya dan aduk hingga membentuk lulur. Oleskan ramuan tersebut pada kulit secara merata dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan memakai air hingga higienis atau menggunakan sabun mandi. Lakukan cara tersebut secara rutin semoga kulit menjadi sehat dan cerah berseri.

7. Obat Alergi
 Asam jawa juga bisa menjadi obat mengatasi masalah alergi. Alergi adalah suatu penyakit yang pada umumnya menyerang serpihan kulit biasanya gatal, bintik bintik merah. Alergi ini banyak sekali faktor penyebabnya bisa dari makanan atau udara. Pemanfaatan asam jawa untuk alergi adalah siapkan 3 buah asam jawa, garam secukupnya dan kapur sirih ¼ sendok saja. Semua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air dan biarkan sampai air rebusannya tinggal 2 gelas saja. Angkat, saring dan biarkan acuh taacuh. Minumlah ramuan tersebut sehari 2 kali secara teratur yaitu pada pagi dan sore hari.

8. Obat Keputihan
 Manfaat asam jawa bagi wanita ternyata bukan hanya untuk mengatasi masalah sakit perut akibat datang bulan saja. Selain itu manfaat lain asam jawa bagi kaum perempuan yaitu mengatasi masalah keputihan. Bahan yang harus disiapkan antara lain asam jawa sebesar telur puyuh, gula aren secukupnya, daun beluntas 20 lembar serta 10 cm kunyit. Ingat semua materi sudah dalam keadaan higienis. Haluskan kunyit dan daun beluntas hingga halus lalu seduh dengan air panas sebanyak setengah gelas. Kemudian gula aren dan asam jawa dimasukan sambil diaduk-aduk. Ambil air ramuan tersebut dengan cara diperas. Minumlah air ramuan tersebut hingga habis setiap hari sebelum tidur hingga penyakitnya sembuh.

9. Obat Demam Bayi
 Cara ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Jika bayi mengalami demam atasi menggunakan asam jawa sebagai obat tradisional. Caranya : Siapkan asam jawa 1 ruas jari, 1 ruas jari kunyit, dua tangkai daun bawang, daun melati 5 lembar. Cuci higienis semua bahan tersebut kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah halus tempelkan pada ubun-ubun bayi tersebut. Ulangi cara tersebut kali jika materi tersebut sudah hilang airnya.

10. Obat Luka Akibat Borok
 Cara mengatasi borok dengan asam jawa adalah biji asam jawa dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu tempelkan pada luka borok lalu dibalut.

 Asam jawa merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak zaman dahulu selain sebagai bumbu makanan. Asam jawa ini sudah digunakan untuk gabungan obat aneka macam penyakit. Namun bila anda mengalami perkara seolah-olah yang telah dijelaskan diatas coba atasi dengan asam jawa yang telah dijelaskan. Jika memakai asam jawa sebagai obat dampak yang ditimbulkan bagi badan hampir tidak ada. Tanaman obat mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan seakan-akan yang telah dijelaskan pada artikel kali ini yaitu tanaman obat asam jawa. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tampilkan Komentar