Cara Sehat Alami Menghitamkan Rambut

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 23, 2019
 Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara alami menghitamkan rambut. Rambut merupakan salah satu faktor pendukung penampilan seseorang terlihat lebih manis dan ganteng. Selain itu rambut juga merupakan mahkota yang harus dijaga kesehatannya lantaran sangat rentan terkena aneka macam kasus. Salah satu yang sering didambakan oleh banyak orang yaitu memiliki rambut yang hitam berkilau.

 Rambut ialah serpihan badan yang harus dirawat dan dijaga karena rambut sangat menghipnotis penampilan seseorang. Banyak sekali masalah yang sering terjadi pada rambut salah satunya ialah perubahan pada warna rambut sehingga tidak lagi hitam berkilau. Hal tersebut menciptakan seseorang akan melaksanakan apa saja sehingga rambut mereka kembali hitam serta berkilau meskipun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Seperti menggunakan kondisioner, vitamin bahkan banyak sekali cara semoga hitam berkilau.

Cara Sehat Alami Menghitamkan Rambut
Cara Sehat Alami Menghitamkan Rambut

 Sebenarnya perubahan warna rambut tidak sekaligus terjadi begitu saja melainkan ada faktor-faktor tertentu yang menciptakan perubahan pada warna rambut tersebut. Faktor-faktor terjadinya perubahan rambut mulai dari hal yang dianggap sederhana hingga kurangnya zat yang diharapkan oleh rambut.

 Berikut Beberapa Faktor Yang Membuat Rambut Menjadi Tidak Hitam berkilau

Faktor keturunan
Terlalu sering terkena sinar matahari
Asupan zat asam benzoat untuk rambut kurang
Karena stres
Penggunaan sampo yang kurang cocok dengan rambut
Penggunaan minyak rambut yang tidak cocok
Karena kurang gizi
Dalam proses pengobatan
Karena menderita penyakit seurius
Kelainana imunitas
Menderita penyakit gangguan ginjal
Karena sinar x
Adanya kelainan hormon
Sering mencuci rambut dengan air yang tidak bersih
Pada dasarnya semua masalah niscaya ada jalan solusi untuk mengatasinya. Begitu juga dengan masalah rambut yang tidak hitam berkilau. Banyak sekali cara untuk mengatasinya dan salah satunya yaitu dengan cara alami. Cara alami untuk menjadikan rambut hitam berkilau sangat mudah serta bisa dilakukan sendiri di rumah. Bahan-bahannya juga praktis sekali didapatkan lantaran banyak sekali tumbuh disekitar kita.

 Berikut cara alami mengakibatkan rambut hitam berkilau

1. Kelapa Hijau
 Cara yang pertama untuk menyebabkan rambut hitam berkilau yaitu menggunakan kelapa hijau. Kelapa hijau selain bermanfaat sebagai obat untuk meriang ternyata juga mampu dijadikan untuk menghitamkan rambut.

 Caranya : Siapkan 1 butir kelapa hijau yang masih muda kemudian ambil serpihan dagingnya. Haluskan kelapa hijau muda tersebut dengan cara diparut kemudian campurkan garam secukupnya. Aduk rata antara daging kelapa hijau muda yang sudah diparut tersebut dengan garam sampai rata kemudian peras untuk diambil airnya. Biarkan air perasaan tersebut selama semalam dan keesokan harinya gunakan untuk keramas. Lakukan cara tersebut selama 1 ahad secara teratur.

2. Kangkung
 Mungkin anda akan tidak percaya bahwa kangkung juga bisa dijadikan sebagai materi untuk menyebabkan rambut hitam berkilau. Namun hal tersebut benar adanya lantaran sudah dilakukan percobaan dan hasilnya bisa dipercaya bahwa memang kangkung mampu menghitamkan rambut. Karena ternyata kangkung mengandung zat mineral organik yang diharapkan oleh rambut.

 Caranya : Ambilah segenggang kangkung yang masih segar kemudian cuci sampai higienis. Setelah itu rebuslah kangkung dengan air secukupnya sampai kangkung tersebut menjadi lembek. Angkat serta saring untuk memisahkan antara kangkung dengan air rebusannya. Nah yang dugunakan untuk menghitamkan rambut yaitu air rebusan kangkung tersebut. Setelah hambar gunakan air rebusan kangkung tersebut untuk keramas sambil dipijat perlahan. Setelah keramas kemudian bilas memakai sampo hingga bersih supaya air rebusan kangkungnya tidak melekat dikulit. Ulangi cara tersebut secara rutin dan teratur hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Daun Murbei
 Cara alami selanjutnya untuk menghitamkan rambut yaitu dengan memakai daun murbei. Bahan ini mudah didapatkan lantaran pohon murbei banyak dijumpai dipekarangan rumah maupun dipinggir jalan raya. Biasanya buah murbei banyak dikonsumsi karena rasanya manis. Untuk menghitamkan rambut yang dimanfaatkan yaitu daunnya.

 Caranya : Cuci higienis daun murbei secukupnya yang masih segar. Setelah itu daun murbei tersebut dihaluskan sampai benar-benar halus. Bahasi rambut terlebih dahulu kemudian gunakan ramuan tersebut pada rambut dengan cara digosokan pada kulit rambut sambil dipijat secara perlahan. Setelah itu bilas sampai higienis dengan air dan semoga maksimal gunakan sampo. Lakukan secara rutin dan teratur sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Pandan Wangi
 Pada umumnya pandan anyir biasa dimanfaatkan sebagai pewangi kuliner secara alami. Namun ternyata, pandan busuk juga bisa dijadikan sebagai materi alami menjadikan rambut menjadi hitam berkilau. Karena daun pandan bau mengandung zat yang mampu mengitamkan rambut.

 Caranya : Cuci bersih beberapa lembar daun pandan anyir yang masih segar. Kemudian daun pandan busuk tersebut dipotong kecil-kecil. Rebuslah daun pandan anyir tersebut menggunakan air sebanyak 1 liter sampai air rebusan daun pandan busuk menjadi hijau. Biarkan ramuan tersebut selama semalam. Pada pagi harinya campurkan air perasan mengkudu dan aduk rata. Pakailah ramuan tersebut untuk keramas dan diakhiri dengan membersihkan rambut memakai sampo. Lakukan secara teratur minimal 2 kali dalam 1 ahad.

5. Seledri
 Siapkan beberapa tangkai daun seledri lalu cuci bersih. Tumbuk daun seledri tersebut hingga halus supaya saat digunakan mampu mencapai seluruh cuilan rambut dan kulit rambut. Oleskan materi tersebut pada rambut dan kulit kepala sampai merata sambil dipijat secara perlahan-lahan. Biarkan selama kurang lebih 60 menit dengan cara rambut dibungkus. Setelah 60 menit bilas sampai bersih dengan air dan sampo supaya tidak ada sisa yang masih menempel. Lakukan secara rutin dan teratur.

6. Air Teh
 Air teh selain nikmat diminum apalagi pada pagi hari, ternyata bisa juga digunakan untuk menyebabkan rambut hitam berkilau. Caranya sangat praktis sekali yaitu seduh teh memakai air panas kemudian diamkan selama semalaman. Pada pagi harinya gunakan air teh tersebut untuk membasahi rambut secara merata. Ulangi cara tersebut setiap hari agar balasannya maksimal.

7. Merang Padi
 Merang padi sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai bahan untuk menghitamkan rambut. Bahkan merang padi ini dipakai oleh para puteri kerajaan sebagai bahan untuk mengitamkan rambut. Siapkan segenggam merang padi lalu dibakar sampai menjadi bubuk. Merang padi tersebut ditambah air serta perasaan air jeruk nipis lalu aduk sampai rata. Biarkan selama semalaman dengan cara diembunkan diudara terbuka. Pagi harinya pisahkan antara air ramuan tersebut dengan endapan yang ada. Gunakan air ramuan tersebut untuk keramas. Lakukan secara teratur seminggu 3 kali biar hasilnya maksimal.

8. Biji Pepaya
 Biji pepaya juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan untuk menjadikan rambut hitam berkilau. Karena biji pepaya mengandung zat glucoside cacirindan karpain yaitu suatu zat yang dapat menghitamkan rambut. Siapakan biji pepaya secukupnya kemudian disangrai. Tumbuk biji pepaya tersebut hingga halus dan peraslah serbuk biji pepaya tersebut untuk diambil airnya. Tambahkan air sedikit saja lalu gunakan untuk dioleskan pada rambut secara merata sambil dipijat secara perlahan-lahan. Biarkan beberapa menit atau hingga kering. Bilas dengan air atau bisa memakai sampo. Ulangi cara tersebut secara teratur.

9. Kemiri
 Mineral yang terkandung dalam kemiri sanggup menyebabkan rambut menjadi hitam berkilau sehingga kemiri digunakan untuk bahan sampo. Oleh karena itu kemiri termasuk kedalam salah satu materi untuk menghitamkan rambut serta berkilau. Siapkan 15 biji kemiri dan ambil potongan dagingnya. Tumbuk tapi jangan terlalu halus kemudian dipanaskan diatas wajan. Biarkan sampai minyak kemirinya keluar. Pisahkan minyak kemiri tersebut dengan daging kemirinya. Oleskan minyak kemiri tersebut pada rambut hingga rata dan biarkan selama 15 menit supaya reaksi dari minyak kemiri maksimal. Setelah itu bilas dengan air dan sampo semoga rambut bersih kembali. Lakukan 3 kali seminggu secara teratur.

10. Lidah Buaya
 Lidah Buaya memang tidak asing lagi akan keuntungannya bagi rambut. Banyak sekali manfaat dari lidah buaya untuk rambut dan salah satunya yaitu menimbulkan rambut hitam berkilau. Siapkan beberapa daun lidah buaya dan ambil kepingan daging atau lendirnya. Oleskan daging pengecap buaya tersebut pada rambut secara merata dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu higieniskan dengan air atau sampo sampai bersih. Lakukan secara rutin dan teratur.

 Rambut yang hitam berkilau memang menjadi dambaan setiap orang apalagi bagi seorang wanita. Sehingga banyak cara dilakukan banyak orang untuk menjdaikan rambut mereka hitam berkilau. Cara lami menghitamkan rambut secara alami bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat rambut menjadi hitam berkilau. Itulah artikel yang bisa disampaikan wacana cara alami menghitamkan rambut. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Selamat mencoba serta kunjungi juga artikel lainnya tentang Cara Alami Memutihkan Wajah.

Tampilkan Komentar