Cara Jitu Mengatasi Maag Secara Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 04, 2019
 Apakah anda sering mengalami sakit melilit?. Lambung terasa nyeri, mual bahkan sampai muntah?. Jika benar maka anda mengalami perkara dengan lambung atau anda mengalami penyakit maag.

Cara Jitu Mengatasi Maag Secara Alami
Cara Jitu Mengatasi Maag Secara Alami (sumber : google.com)

 Penyakit maag memang merupakan salah satu penyakit pencernaan yang jika dibiarkan dapat berdampak timbulnya berbagai penyakit yang berbahaya. Karena menurut para ahli penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang mampu menimbulkan penyakit lainnya. Penyakit maag oleh sebagian orang sering dianggap sebelah mata berbeda bila mengalami penyakit jantung atau sejenisnya yang dianggap patal. Namun penyakit maag juga kalau sudah mencapai stadium kronis sama berbahayanya.

 Secara garis besar penyakit maag merupakan suatu penyakit yang menyerang cuilan lambung yang diakibatkan terjadinya kelebihan asam yang dihasilkan lambung sehingga terjadi luka atau iritasi pada selaput lendir lambung sehingga lambung mengalami peradangan. Jika penyakit maag sedang kambuh, penderita biasanya mengalami rasa nyeri pada lambung yang luar biasa, merasa muah bahkan muntah. Penyakit maag juga memiliki tahapan-tahapan sesuai dengan kondisi maag tersebut.

1. Penyakit Maag Ringan
 Adalah suatu kondisi penyakit maag dimana terjadi kelebihan asam pada kepingan dinding lambung. Maag pada kondisi ini umumnya setiap orang sudah mengalaminya.

2. Penyakit Maag Sedang
 Adalah suatu kondisi penyakit maag dimana pada tahapan ini terjadi rasa mual, nyeri yang sangat mengganggu pada bagian lambung.

3. Penyakit Maag Kronis
 Adalah suatu kondisi penyakit maag yang suadah terjadi peradangan pada lambung sehingga imbas yang ditimbulkan lebih dari maag pada tahapan sedang.

4. Penyakit Maag Akut
 Adalah suatu kondisi penyakit maag dimana pada cuilan lambung bukan lagi luka melainkan sudah terjadi nanah atau borok pada lambung.

5. Kanker Lambung
 Adalah suatu kondisi dimana lambung sudah mengalami kasus yang sangat berbahaya. Pada tahapan ini harus sesegera mungkin mendapat perawatan dokter lantaran sangat berbahaya sekali.

 Selain dari telat makan atau makan kurang teratur, ternyata banyak faktor yang mampu menyebabkan terjadinya penyakit maag. Salah satu yang menyebabkan terjadinya penyakit maag adalah dari kuliner dan minuman. Ada beberapa makanan dan minuman yang mampu menimbulkan timbulnya penyakit maag diantaranya :

1. Gorengan
 Gorengan atau makanan yang digoreng memang tidak bagus bagi kesehatan lantaran banyak mengandung lemak tinggi. Salah satunya yaitu timbulnya penyakit maag. Lemak yang tinggi dari gorengan mampu menghipnotis asam lambung sehingga menimbulkan penyakit maag.

2. Minuman Berkafein
 Minum minuman yang mengandung kafein tidak baik bagi kesehatan lambung. Jika asupan kafein terlalu banyak mampu menimbulkan terjadinya penyakit maag. Minuman berkafein diantaranya adalah kopi.

3. Cokelat
 Coklat juga mampu menimbulkan penyakit maag. Karena coklat banyak mengandung kafein, kako serta yang lainnya yang dapat menimbulkan peningkatan asam lambung.

4. Minuman Mengandung Alkohol
 Minuman beralkohol juga merupakan salah satu yang termasuk minuman yang mampu meningkatkan kadar asam lambung sehingga minuman beralkohol dikategorikan sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit maag. Banyak sekali minuman beralkohol dengan kadar tinggi yang beredar dipasaran. Sehingga berhati-hatilah supaya tidak mengalami penyakit maag.

5. Susu
 Susu yang beredar dipasaran banyak mengandung lemak yang berkadar cukup tinggi. Lemak yang tinggi merupakan salah satu yang mampu meningkatkan kadar asam lambung. Sehingga susu dikategorikan sebagai salah satu yang mampu menimbulkan penyakit maag.

6. Minuman Mengandung Soda
 Minuman bersoda memiliki sifat asam. Selain itu, efek karbonasi minuman bersoda mampu mengakibatkan kembung pada perut. Minuman bersoda dikategorikan sebagai salah satu penyebab utama timbulnya penyakit maag.

7. Daging
 Daging memang banyak mengandung lemak tinggi. Lemak yang tinggi yang terkandung dalam daging menimbulkan asam lambung menjadi naik sehingga menimbulkan penyakit maag.

 Beberapa Obat Alami Mengatasi Penyakit Maag

1. Daun Jambu Biji
 Daun jambu biji yang kita tahu pada umumnya sebagai obat alami mengatasi sering buang air besar. Namun ternyata daun jambu biji juga mampu dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit maag. Cuci higienis beberapa lembar daun jambu biji. Setelah itu rebuslah menggunakan air sebanyak 1.5 liter serta biarkan hingga benar benar mendidih. Angkat, saring dan biarkan hambar. Minumlah air rebusan daun jambu biji tersebut secara rutin dengan hukum minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas tiap kali minum.

2. Kedelai
 Kacang kedelai juga mampu dijadikan sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi kasus penyakit maag, lantaran dalam kedelai terkandung unsur untuk mengatasi masalah maag tersebut. Ambilah kacang kedelai yang sudah kering sebanyak setengah kilogram kemudian disangrai. Setelah itu haluskan dengan cara ditumbuk sampai benar-benar halus. Seduh semua kedelai tersebut dengan memakai air panas lalu aduk rata. Minumlah ramuan tersebut sehari 3 kali secara teratur serta lakukan hingga penyakit maag tersebut benar-benar sembuh. Kedelai juga digunakan untuk pencegahan penyakit maag. Untuk pencegahan minumlah ramuan kedelai sehari 1 kali saja.

3. Biji Pepaya
 Pepaya sudah populer akan khasiatnya bagi kesehatan. Begitupun dengan biji pepaya tersebut mampu dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit maag. Caranya yaitu siapkan biji pepaya secukupnya kemudian dijemur sampai benar-benar kering. Kemudian, setelah kering biji pepaya tersebut dihaluskan seperti tepung. Seduhlah biji pepaya yang sudah diahluskan tersebut kemudian diminum secara teratur dan dilakukan sampai penyakit maagnya sembuh.

4. Kunyit
 Obat alami penyakit maag selanjutnya yaitu menggunakan kunyit. Cuci bersih kunyit sebanyak 2 ruas hingga bersih. Setelah dicuci bersih kunyit tersebut diparut dan diperas untuk diambil saripatinya. Tambahkan air secukupnya lalu diaduk rata. Minumlah ramuan tersebut sebelum makan 2 kali seharai secara teratur hingga maagnya sembuh.

 Atasilah semenjak dini penyakit maag lantaran jika sudah parah akan berakibat buruk. Banyak cara untuk mengatasi penyakit maag dan salah satunya yaitu memakai materi-bahan alami yang ada disekitar kita. Semoga artikel wacana Cara Alami Mengatasi Maag bermanfaat serta semakin menmbah cita-cita kita untuk beralih memakai obat tradisional alami. Tidak ada salahnya mencoba obat alami, selain gampang juga tidak ada pengaruh samping.

Tampilkan Komentar