7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 30, 2019
Rambut kering, kusam dan mengembang menjadi kasus tersendiri bagi banyak wanita. Menggunakan produk kecantikan dapat menimbulkan dampak samping yang kurang baik di lalu hari. Cara mengatasi rambut bernafsu, bercabang dan mudah rontok, tidaklah terlalu sulit seperti yang dilakukan oleh banyak wanita. Kali ini kita akan memberikan tips mengenai perkara ini, termasuk cara melembabkan rambut yang kering.

7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami
Penyebab rambut kering dan sulit diatur


  • Menggunakan cat warna rambut secara berlebihan.
  • Penggunaan hairspray ataupun produk kecantikan yang mengandung bahan kimia.
  • Sering terkena paparan sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.
  • Sering menggunakan alat catok ataupun hairdryer untuk menata rambut.
  • Terkena polusi udara.
  • Penggunaan shampo yang tidak cocok dengan jenis rambut.
  • Memanaskan rambut memakai hair dryer setelah keramas dengan segera.


7 Cara Merawat rambut bercabang dan rontok secara alami


1. Hindari tidur dengan rambut terikat

Kebiasaan sebagian orang yang berambut panjang saat tidur mereka mengikat rambutnya biar nyaman padahal hal ini akan menyebabkan rambut anda cepat rusak dan kering. JIka memang anda ingin tidur uraikan nama anda dan biarkan tanpa ikatan. selain itu usahakan rambut panjang anda tidak terikat secara keras bila memang masih berkeringat biarkan keringatnya hilang gres anda mengikat dengan perlahan.

2. Gunakan minyak zaitun


Salah satu manfaat minyak zaitun bagi rambut ialah memberi kelembaban. Hangatkan minyak zaitun dengan microwave, kemudian oleskan pada rambut yang telah berair. Biarkan minyak zaitun menempel di rambut selama 5 menit, sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Hindari penggunaan hair dryer terlalu sering

Panas yang timbul dari alat pengering rambut dapat merusak rambut. Hindari pemakaian alat catok, dan pemanas lainnya secara berlebihan. Alat-alat tersebut akan menyebabkan rambut kering dan rontok. Gunakan cream penata rambut anti panas ketikan meluruskan rambut atau mencatok.

4. Hindari mencuci rambut memakai air panas

Bagi sebagian perempuan, mandi menggunakan air hangat sangat menyenangkan. Tapi jangan gunakan air ini untuk mencuci rambut anda. Rambut akan kehilangan nutrisi akibat dicuci dengan air panas. Biasakan keramas menggunakan air masbodoh, agar rambut tidak tersiksa.

5. Jangan mencuci rambut setiap hari

Untuk mempertahankan kelembaban rambut, hindari keramas setiap hari. Kelenjar minyak di kulit kepala berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut. Bagi sebagian wanita yang memiliki kandungan minyak sedikit di kulit kepalanya, sebaiknya mencuci rambut setiap 2 atau 3 hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah rambut menjadi kusam, kering, bercabang dan rontok.

6. Hindari kebiasaan menggosok rambut memakai handuk

Terutama bagi perempuan dengan rambut panjang, mereka sering menggosok-gosok rambut dengan handuk supaya cepat kering sesudah keramas. Gesekan antara rambut dengan handuk, ataupun antar rambut, akan merusak lapisan luar pada rambut. Kebiasaan ini mampu menyebabkan rambut kering, rusak dan simpel rontok. Untuk menghindari kerusakan rambut, gunakan handuk lembut lalu cukup dengan meremas-remas rambut seperlunya.

7. Berhenti untuk pergi ke salon kecantikan sementara waktu

Jika anda sering pergi ke salon kecantikan untuk merawat rambut, sebaiknya hentikan sejenak aktivitas ini. Tindakan ini bertujuan untuk memberi waktu istirahat bagi rambut dari aneka macam alat kecantikan yang memiliki dampak kurang baik terhadap rambut. Anda akan terhindar dari efek samping penggunaan alat pengering, pelurus rambut, hair dryer, dan banyak sekali materi kimia yang tidak baik untuk kesehatan rambut dalam jangka panjang. Cobalah untuk memakai materi-bahan alami untuk merawat rambut anda. Anda mampu memakai alpukat, buah lemon, atau lainnya. Rambut akan mengalami metamorphosis akhir penggunaan materi alami yang aman dan tidak berisiko.

Itulah cara merawat rambut rontok atau bercabang. Simak juga Cara Merawat Rambut Keriting Dengan Smoothing Yang Awet! Dengan mengikuti perawatan mudah ini, semoga meningkatkan kecantikan rambut Anda.

Tampilkan Komentar