7 Cara Mengobati Diare Dengan Cepat Dan Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 29, 2019
Diare sangat menyiksa, rasa mulas menimbulkan pulang-pergi ke toilet sepanjang hari. Bahkan penyakit ini dianggap berbahaya bagi balita, mampu mengakibatkan akhir hidup. Diare mengakibatkan seseorang kehilangan cairan badan, sehingga harus segera ditangani dengan baik. Ada cara tradisional yang telah terbukti dapat mengobati penyakit diare.

7 Cara Mengobati Diare Dengan Cepat Dan Alami

7 Cara Mengobati Diare Dengan Cepat Dan Alami


1. Saus apel

Buah apel juga mempunyai efektivitas yang sama dengan pisang. Namun apel mempunyai tekstur yang keras, jadi saus apel adalah pilihan terbaik.

2. Buah Pisang


Potasium yang terdapat di dalam buah pisang dapat menggantikan cairan badan yang berkurang akibat diare. Pisang lebih simpel dicerna di dalam tubuh, lantaran memiliki tekstur yang lembut. Dengan makan beberapa buah pisang, penyembuhan diare lebih cepat.

3. Teh herbal

Teh chamomile dan peppermint bermanfaat untuk menenangkan usus yang diserang diare, serta menurunkan risiko peradangan pada usus halus ataupun usus besar. Minumlah salah satu dari teh ini untuk menghentikan diare, ataupun untuk menenangkan kejang usus.

4. Yoghurt

Banyak orang menyangka dengan minum yoghurt akan berakibat diare makin parah. Fakta kesehatan mengatakan lain, minuman hasil fermentasi susu ini mampu mengobati diare. Di dalam minuman olahan ini dikandung bakteri baik seperti Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bidiful, yang mampu menyeimbangkan sistem pencernaan.


Cara mengobati diare menggunakan materi alami


5. Kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan, tidak diragukan lagi. Kunyit mengandung berbagai zat penting yang mampu mengatasi aneka macam macam penyakit, termasuk diare.

Untuk mengobati diare dengan cepat, sediakan beberapa rimpang kunyit yang telah dikupas. Setelah dicuci, parut hingga halus. Rebus bersama 2 gelas air sampai airnya menyusut separuhnya. Minum air rebusan kunyit ini selagi hangat, sebanyak 3 kali setiap hari. Lakukan cara ini secara rutin, sehingga perut bebas dari mencret.

6. Daun Jambu biji

Daun jambu biji telah terbukti mampu mengobati diare dengan cepat. Daun jambu biji sering dijadikan sebagai bahan dasar obat diare yang banyak dijual di toko obat maupun apotik.

Cara menciptakan ramuan untuk mengatasi diare memakai daun ini tidaklah sulit. Sediakan 15gr sampai 20gr daun jambu biji yang telah kering. Rebus bersama 150ml hingga 200ml air higienis selama 15 menit. Angkat, saring airnya. Minum ramuan ini sebanyak tiga kali dalam sehari, secara teratur. Minum airnya selagi hangat.

7. Larutan Oralit

Cara menciptakan larutan oralit, sangatlah simpel. Sediakan 200ml air hangat, tuangkan 5 sdm garam dan gula ke dalamnya. Aduk hingga gula dan garam larut di dalam air. Minumlah oralit sebanyak tiga kali dalam sehari, untuk menyembuhkan mencret.

Selain menggunakan cara yang telah disebutkan di atas, diare mampu diredakan dengan tindakan berikut ini:

Perbanyak minum air yang kaya elektrolit untuk menjaga keseimbangan cairan badan.
Jaga kebersihan badan dan kuliner.

Sarapan, makan siang, dan makan malam seakan-akan biasanya. Bedanya, kunyah kuliner Anda lebih lembut daripada biasanya. Tindakan ini bertujuan untuk meringankan kerja akses pencernaan di dalam badan.

Itulah cara mengobati diare dengan cepat dan alami, memakai materi tradisional. Bahan-bahan di atas simpel ditemukan di sekitar Anda. Anda dapat membelinya di pasar tradisional atau tempat lain yang menyediakannya. Atau mungkin Anda mempunyai pekarangan yang ditanami dengan tanaman obat, itu lebih manis. Baca juga: Cara Alami Menghentikan Mimisan Dengan Cepat. Pastinya, materi alami lebih kondusif digunakan dan tidak mengandung risiko berbahaya. Pilih salah satu cara di atas, yang mudah dibuat.

Tampilkan Komentar