10 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 05, 2019
 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Obat Sakit Gigi, Menyehatkan Kulit, Obat Batuk, Mengatasi Mual, Masuk Angin, Untuk Radang.

10 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan
10 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

 Cengkeh sering dimanfaatkan sebagai bumbu makanan atau gabungan menciptakan rokok. Selain itu cengkeh juga bermanfaat bagi kesehatan badan. Yang sering dimanfaatkan dari tanaman cengkeh ialah penggalan buahnya meskipun potongan lainnya juga ada manfaatnya. Pada artikel kali ini akan dibahas dari tanaman ini perihal manfaatnya bagi kesehatan badan.


 Cengkah pada zaman kolonial belanda di Negara kita merupakan salah satu rempah yang menjadi komoditi bernilai tinggi. Cengkeh ini di ekspor ke aneka macam Negara di benua Eropa oleh bangsa Belanda untuk dijual. Karena di Eropa cengkeh harganya tinggi dan tidak tumbuh subur lantaran cengkeh ini merupakan tanaman asli Indonesia. Cengkeh sampai sekarang juga memiliki nilai cukup tinggi di pasaran baik di luar maupun di dalam negeri.

 Cengkeh atau nama ilmiahnya (Syzygium aromaticum) memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan. Berbagai penyakit bisa diatasi memakai tanaman obat dari cengkeh tersebut muali dari sebagai anti bodi, anti inflamasi sampai sakit gigi juga bisa diatasi memakai cengkeh. Manfaat cengkeh bagi kesehatan terbilang baik karena dalam cengkeh mengandung banyak sekali kandungan yang baik bagi tubuh. Kandungan dalam cengkeh antara lain air, protein, serat, gula, karbohidrat, potassium, sodium, magnesium, besi, kalsium, zink, fosfor, vitamin C, vitamin B, thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, vitamin D, vitamin E, mangan, vitamin K.

 Berikut Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

1. Obat Batuk
 Cengkeh ialah salah satu jenis rempah, sehingga cengkeh mempunyai kandungan yang bisa memberi rasa hangat lantaran secara umum rempah-rempah itu menghangatkan. Oleh karena itu cengkeh bisa dijadikan sebagai tanaman obat untuk mengatasi batuk. Caranya : Siapkan cengkeh 10 buah, daun tapak liman 5 lembar, daun sirih 10 lembar, gula aren sebesar 3 jari, kayu elok 2jari serta kapulaga 2 butir. Bersihkan terlebih dahulu semua materi supaya terhindar dari bakteri yang menempel. Setelah itu rebuslah semua materi tersebut dengan air 800 cc dan biarkan sampai air rebusan tersebut tinggal setengahnya. Angkat, saring dan biarkan hambar. Ramuan tersebut untuk diminum 2 kali dalam sehari. Lakukan hingga batuknya sembuh.

2. Obat Sakit Gigi
 Penyakit yang satu ini memang tidak berbahaya seolah-olah penyakit jantung atau stroke. Akan tetapi penyakit ini sangatlah menganggu dan merepotkan sekali. Nafsu makan pun mampu hilang lantaran jika makan maka sakitnya mampu berlebih. Penyakit ini yaitu sakit gigi. Agar sakit ini cepat sembuh dan makan menjadi normal kembali atasilah menggunakan tanaman obat dari cengkeh. Obat sakit gigi ini sudah dilakukan semenjak zaman dahulu serta diyakini ampuh. Cara menciptakan ramuannya juga sangat mudah yaitu 15 butir cengkeh (usahakan yang sudah bau tanah) disangrai sampai hangus seolah-olah menyangrai biji kopi. Setelah itu tumbuklah cengkeh tersebut hingga halus supaya pada dikala pengobatan bisa maksimal. Tempelkan serbuk cengkeh tersebut pada gigi yang berlubang atau sakit kemudian ambil kapas sebagai penutup supaya serbuk cengkeh tidak menyebar. Lakukan sampai sakit gigi sembuh dengan hukum pakai sehari 2 kali. Cara lainnya yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit.

3. Mengatasi Mual
 Terkadang kita sering mengalami rasa mual yang mampu sampai muntah. Mual tersebut mampu diakibatkan oleg beberapa karena seperti masuk angina atau kuliner yang berbau busuk. Untuk mengatasi rasa mual tersebut coba atasi menggunakan obat dari cengkeh. Obat tradisional ini mampu pribadi memberikan dampak yang baik untuk mual tersebut. Caranya : Ambil asam jawa 20 gram, cengkeh 10 butir serta gula aren secukupnya atau madu. Rebuslah semua bahan tersebut dengan air sebanyak 2 gelas dan biarkan hingga air rebusannya tersisa satu gelas saja. Angkat, saring dan minum ramuan tersebut sehari 2 kali selagi hangat dengan aturan minum setiap minum setengah gelas.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
 Jantung yaitu organ vital dalam tubuh. Jantung ini memiliki fungsi untuk memompa darah untuk dilarikan keseluruh bagian badan. Oleh lantaran itu jantung harus tetap dijaga kesehatannya sehingga terhindar dari penyakit jantung yang bisa berakibat fatal. Cengkeh ternyata mampu menjadi tanaman obat untuk menjaga kesehatan jantung. Karena dalam cengkeh terkandung zat yang dinamakan eugenol yang berfungsi mencegah stroke serta mencegah darah membeku. Caranya sangat mudah yaitu kunyahlah cengkeh setiap hari secara teratur. Cara ini sanggup menjaga kesehatan jantung.

5. Mengatasi Radang
 Radang secara garis besar diartikan sebagai suatu kondisi absurd yang terjadi pada tubuh. Radang ini mampu disebabkan oleh aneka macam faktor baik itu dari makanan, pola hidup atau lingkungan. Radang juga banyak sekali macamnya, ada radang lisan, radang tenggorokan, radang hidung dan yang lainnya. Cegahlah peradangan secara dini menggunakan cengkeh. Cengkeh ini mampu mencegah peradangan lantaran terkandung zat flavonoid serta memiliki rasa yang hangat. Cara pemanfaatannya bisa dengan direbus lalu diminum air rebusan cengkeh tersebut secara rutin dan teratur.

6. Obat Masuk Angin
 Cengkeh mampu menghangatkan badan karena itu cengkeh mampu mengatasi kasus masuk angin. Ambil minyak cengkeh sebanyak 10-15 tetes kemudian seduh dengan air panas. Agar rasanya menjadi yummy dilidah bisa menambahkan madu secukupnya lalu aduk-aduk. Minumlah ramuan tersebut sehari 3 kali selagi hangat.

7. Menghilangkan Bau Mulut
 Masalah bau mulut ini sangatlah mengganggu sekali karena bila sedang berbicara lawan bicara kita akan merasa tidak nyaman bahkan meninggalkan kita. Bau verbal ini diakibatkan oleh kuman yang ada pada lisan karena kurangnya perawatan lisan. Agar kedaluwarsa verbal tersebut hilang haruslah membunuh bakteri pada lisan. Selain dengan cara menggosok gigi secara teratur dan berkumur, ada cara lain yang dianggap dampaktif yaitu memakai ramuan cengkeh. Seduhlah cengkeh sebanyak 15 butir dengan air panas dan diamkan selam 10 menit semoga kandungan dalam cengkeh keluar dan menyatu dengan air. Setelah acuh taacuh gunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukan secara rutin dan teratur sehingga kedaluwarsa ekspresi akan hilang dan nafaspun menjadi segar.

8. Menghilangkan Jerawat
 Pembahasan mengenai tanaman obat memang tiada habisnya. Setelah beberapa tanaman obat yang telah dikutip pada artikel sebelumnya untuk mengatasi infeksi, Cengkeh juga bisa menjadi tanaman obat mengatasi nanah tersebut. Caranya yaitu oleskan minyak cengkeh secara merata pada potongan wajah yang berjerawat. Biarkan beberapa menit supaya kuman-kumannya mati. Setelah itu higieniskan dengan air. Lakukan secara teratur semoga akhirnya maksimal.

9. Obat Sakit Kepala
 Jika mengalami kasus sakit kepala coba atasi memakai ramuan dari cengkeh. Ramuan ini mampu meringankan sakit kepala. Siapkan cengkeh 10 butir, kayu elok 6 gram, merica 5 butir, pala 6 gram. Tumbuklah semua bahan tersebut hingga halus kemudian seduh dengan air panas sebanyak setengah gelas. Saring dan jikalau sudah hangat minum sampai habis.

10. Mencegah Rambut Rontok
 Rambut rontok bisa membuat si penderita menjadi kurang percaya diri. Rambut rontok tersebut diakibatkan karena kurangnya asupan zat yang dibutuhkan oleh rambut. Untuk mengatasi perkara kerontokan rambut banyak cara yang dilakukan seakan-akan minum vitamin untuk rambut, memakai sampo, atau pergi ke dokter. Padahal ada cara yang dianggap mudah serta murah yaitu dengan ramuan tradisional dari cengkeh. Oleskan minyak cengkeh pada rambut dan kulit rambut secara merata sambil dipijat perlahan. Biarkan beberapa menit lalu basuh higienis memakai sampo. Lakukan secara rutin agar rambut tetap besar lengan berkuasa terbebas dari kasus kerontokan.

 Cengkeh yang merupakan tanaman asli Indonesia ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Jika anda mengalami perkara yang ditulis diatas cobalah salah satu caranya. Semoga artikel perihal Manfaat Cengkeh ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tampilkan Komentar