Pengertian Penyakit Liver

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 27, 2019
Pengertian Penyakit Liver, Gejala Yang Ditimbulkan Serta Penyebab Penyakit Liver.

Pengertian Penyakit Liver
Pengertian Penyakit Liver
 Hati adalah belahan organ tubuh yang memiliki kiprah penting bagi kesehatan tubuh. Karena hati ialah suatu kelenjar yang sanggup mengatasi racun yang masuk pada tubuh. Hati ini juga merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh kita. Fungsi hati selain untuk mengatasi racun juga menghasilkan beberapa zat yang baik bagi tubuh antara lain asam urat, urea serta ammonia. Secara umum fungsi hati yaitu sebagai alat ekskresi. Untuk itu eksistensi hati yang sehat sangat penting sekali.

 Pada kenyataannya hati tidak selamanya tetap sehat seolah-olah yang diinginkan. Hati juga mampu mengalami berbagai kasus yang sering disebut dengan penyakit liver (penyakit hati) atau penyakit hepatitis. Penyakit liver ini tergolong sebagai salah satu penyakit yang berbahaya kalau sudah masuk kedalam tahap kronis. Jika penyakit liver yang sudah kronis tersebut tidak diobati maka tahapannya akan lebih parah yaitu mampu mengakibatkan timbulnya penyakit kanker hati. Kanker hati ini bisa menimbulkan suatu keadaan yang sangat fatal bagi tubuh.

 Setelah panjang lebar berkata-kata namun belum dijelaskan wacana penyakit liver itu sendiri. Sebenarnya apa sih penyakit liver itu?. Menurut para jago kesehatan penyakit liver didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana hati mengalami peradangan dengan adanya jaringan hati yang mati, serta terjadinya pembengkakan kecil jaringan sehingga fungsi hati sebagai alat ekskresi menjadi terganggu. Penyakit liver ini juga terbagi menjadi beberapa macam mulai jenis yang ringan sampai yang berat. Perlu diketahui bahwa jikalau seseorang telah mengalami penyakit liver dengan tahap kronis maka penyakit tersebut cenderung menular ke orang lain. Untuk itu penyakit liver ini harus segera diatasi sesegera mungkin sehingga tidak berakibat buruk bagi si penderita juga bagi orang lain.

 Penyakit liver tidak serta merta terjadi begitu saja. Sama halnya dengan penyakit pada umumnya, penyakit liver juga ada terjadi lantaran ada faktor yang menyebabkan penyakit liver itu muncul. Banyak sekali penyebab penyakit liver baik dari acuan hidup yang tidak sehat, lingkungan maupun lantaran faktor keturunan.

 Penyebab seseorang terkena penyakit liver

1. Faktor Keturunan
 Faktor yang pertama seseorang mengalami penyakit liver yaitu lantaran faktor keturunan. Faktor keturunan ini merupakan salah satu faktor yang sulit dicegah lantaran sudah terbawa sejak lahir. Penyakit liver termasuk kedalam penyakit yang mampu menular. Jika ada pasangan dan salah satunya mengalami penyakit liver kemungkinan besar keturunannya juga akan mengalami hal yang sama yaitu mengalami penyakit liver. Namun tidak semuanya akan mengalami penyakit liver jika orang tuanya atau pendahulunya mengalami penyakit liver.

2. Adanya Kelainan Pada Sistem Kekebalan Tubuh
 Kekebalan tubuh merupakan benteng pertahanan tubuh dari serangan aneka macam hal yang mampu menganggu kesehatan tubuh baik itu virus, basil, radiasi dan lainnya. Untuk itu jikalau sistem kekebalan tubuh mengalami kelainan otomatis mampu menghipnotis kesehatan tubuh. Ada potongan sistem kekebalan tubuh jikalau mengalami kelainan dapat mengakibatkan penyakit liver. Kelaianan sistem kekebalan tubuh tersebut biasanya diakibatkan oleh adanya serangan suatu penyakit.

3. Karena Penyakit Kanker
 Penyakit liver juga bisa diakibatkan lantaran faktor penyakit lain yaitu kanker. Kanker ini ternyata mempunyai efek yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Bagaimana tidak lantaran kanker tersebut, penyakit liver mampu timbul. Kenapa bisa gara-gara kanker timbul penyakit liver?. Karena kanker termasuk suatu penyakit yang ganas sehingga keganasan penyakit kanker tersebut menyebabkan fungsi hati menjadi terganggu sehingga timbulah penyakit liver. Kanker yang mampu menyebabkan penyakit liver antara lain kanker saluran empedu, kanker hati.

4. Alkohol
 Faktor selanjutnya yang mampu mengakibatkan timbulnya penyakit liver adalah karena pengaruh alkohol. Asupan alkohol yang berlebihan dapat mengganggu fungsi hati atau orang-orang menyebutnya hati terbakar sehingga hati tidak lagi mampu bekerja secara maksimal maka timbulah penyakit liver.

5. Faktor Makanan
 Asupan kuliner juga mampu mensugesti seseorang terkena penyakit liver. Jika kuliner yang dimakan tidak bersih bukan mustahil bisa muncul penyakit liver. Makanan yang tidak bersih cenderung mengandung racun. Jika racun yang masuk bersama kuliner terlalu banyak maka hati bisa mengalami kasus dan timbulah penyakit liver.

6. Karena Virus
 Jika virus menyerang hati maka fungsi hati mampu mengalami gangguan dan fungsi hati tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal. Virus ini menyerang hati dan mengakibatkan penyakit liver yang bisa berakibat fatal. Karena serangan virus terhadap hati terdapat beberapa jenis yaitu hepatitis A, B serta C. Jika sudah masuk ke jenis hepatitis C mampu berakibat timbulnya penyakit kanker hati.

7. Kebiasaan Merokok
 Rokok yaitu sesuatu yang sangat merugikan kesehatan. Banyak sekali dampak jelek yang diakibatkan lantaran kebiasaan merokok. Efek tersebut salah satunya adalah mengakibatkan penyakit liver. Namun walaupun demikian dan sudah ada peringatan pada bungkusnya tetap saja banyak orang yang merokok.

8. Karena Saluran Empedu Mengalami Keruksakan
 Faktor lain yaitu jikalau akses empedu mengalami perkara. Empedu yaitu suatu cairan yang berfungsi untuk menghancurkan racun yang masuk pada tubuh. Jika jalan masuk empedu mengalami gangguan maka cairan empedu akan berbalik arah menuju hati dan hati mengalami peradangan.

 Setelah kita mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit liver, selanjutnya membahas tanda-tanda-gejala seseorang mengalami penyakit liver. Kebanyakan orang jikalau mengalami hal-hal yang menggangu kesehatan namun masih dianggap wajar biasanya tidak dihiraukan bahkan tidak diobati. Begitu juga dengan penyakit liver ini. Pada awalnya tanda-tanda yang ditimbulkan tidak terlalu mengganggu sehingga jika tidak periksa ke rumah sakit maka kita tidak tahu bahwa kita terkena penyakit liver. Untuk itu kita harus tahu apa saja yang ditimbulkan dari penyakit liver.

Berikut beberapa tanda-tanda balasan penyakit liver

1. Urin Berubah Warna
 Jika mengalami penyakit liver biasanya menimbulkan gejala berupa adanay perubahan warna pada air kemih. Air tersebut akan berwarna kuning pekat atau kuning hitam. Perubahan tersebut sebagai balasan peradangan pada hati.

2. Nafsu Makan Berkurang
 Gejala selanjutnya dari penyakit liver yaitu berkurangnya selera makan. Selera makan menjadi berkurang bahkan bisa menjadi hilang. Jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan masalah lain seperti maag, berat tubuh turun, anemia.

3. Mata Dan Kulit Menguning
 Gejala ini merupakan salah satu tanda-tanda umum dari penyakit liver. Jika seseorang mengalami kulit serta mata berubah warna menjadi kekuning-kuningan kemungkinan besar orang tersebut mengidap penyakit liver.

4. Perubahan Pada Kuku
 Jika penyakit liver terjadi pada seorang perempuan gejala yang praktis dikenali ialah adanya perubahan bentuk kuku. Kuku yang mengalami penyakit liver biasanya berbeda bentuknya dengan kuku orang normal yaitu bentuk kuku jarinya melengkung tidak seolah-olah biasanya.

5. Timbul Penyakit Kulit
 Kulit akan mengalami banyak sekali kasus bila seseorang menderita penyakit liver. Masalah yang timbul pada kulit akhir penyakit liver antara lain gatal-gatal, bengkak, kulit menjadi kering, eksim dan sebagainya.

6. Bau Badan Dan Mulut
 Bau tubuh serta verbal bisa muncul jikalau menderita penyakit liver. Walaupun sebelum menderita penyakit liver tidak busuk mulut dan tubuh, namun kalau sudah menderita penyakit liver akan bau verbal serta badannya.

7. Mual Bahkan Sampai Muntah
 Gejala lain balasan penyakit liver yaitu sering mengalami mual. Tidak hanya mual saja bahkan penderita penyakit liver ini mampu hingga muntah.

8. Sakit Kepala
 Sakit kepala juga bisa muncul bila mengalami penyakit liver. Sakit kepala ini sering muncul dan kadang kadang munculnya sering bahkan bisa dalam waktu yang usang.

9. Cepat cape
 Gelaja penyakit liver lainnya ialah cepat cape. Jika anda mengalami perkara berupa tubuh mudah cape, letih meskipun hal tersebut terjadi tanpa kita bekerja terlalu keras maka bisa dipastikan kita mengalami penyakit liver.

 Penyakit liver atau hepatitis sangatlah membahayakan tubuh lantaran jikalau dibiarkan tanpa segera diobati bisa berakibat fatal dan mampu menular ke orang lain. Oleh karena itu jagalah selalu kesehatan hati kita dan kenali tanda-tanda-gejala penyakit liver tersebut. Jika anda mengalami gejala-gejala seolah-olah yang telah disebutkan segeralah periksa ke dokter sehingga anda tahu apakah mengalami penyakit liver atau tidak. Karena penyakit liver ini merupakan salah satu penyakit yang penyembuhannya cukup sulit.

Tampilkan Komentar