Manfaat Temu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 30, 2019
 Temu hitam adalah rempah rempah yang masih kerabat atau keluarga dengan tanaman seakan-akan kunyit, jahe, lengkuas dan sejenisnya. Temu hitam ini termasuk kedalam tumbuhan liar yaitu tanaman yang tumbuh di semak, semak, hutan dan lainnya meskipun temu hitam ini banyak ditanam di pekarangan rumah. Temu hitam ini sangat cocok tumbuh di tempat yang mempunyai ketinggian 400 m-1750m diatas permukaan bahari. Sehingga temu hitam tumbuh subur di Indonesia khususnya di Pulau Jawa.

Manfaat Temu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh
 Temu hitam ini sebelum menyebar sampai ke Indonesia awalnya tumbuh subur Cina, Kamboja serta Burma. Temu hitam mempunyai nama ilmiah Curcuma aeruginosa roxb serta termasuk kedalam keluarga zingiberaceae. Tumbuhan ini memiliki tinggi antara 1 hingga 2 meter saja. Batang temu hitam berwarna hiaju tua yang terdiri dari pelepah pelepah dengan tangkai panjang serta berdaun tunggal dan warnanya hijau. Temu hitam mempunyai bunga yang langsung keluar dari rimpangnya dengan bentuk bulir dan tergolong kedalam bunga beragam. Warna bunga temu hitam sangat indah serta bervariasi dipangkal bunga berwarna putih, mahkotanya berwarna kuning serta ujungnya berwarna ungu agak merah. Rimpang temu hitam hampir mirip dengan rimpang kunyit atau sejenisnya namun ukurannya cukup besar serta aromanya cukup khas.

 Penyebaran temu hitam di Indonesia hampir disetiap daerah ada. Penyebaran ini tidak terlepas dari tempat yang memang cocok untuk tumbuh temu hitam. Dengan penyebaran temu hitam yang hampir ada disetiap daerah, maka nama temu hitam sendiri berbeda beda sesuai tempat tersebut. Berikut beberapa nama temu hitam di setiap tempat : Sunda (koneng hideung), Jawa (temu ireng), Melayu (temu erang), Bali (temu ireng), Madura (temo ereng), Bugis (temu lotong), Makasar (tamu leteng).

 Temu hitam ini sama seolah-olah famili lainnya mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berbagai masalah kesehatan bisa diobati menggunakan ramuan dari temu hitam dan penggalan yang digunakan ialah potongan rimpangnya. Rimpang temu hitam hitam mengandung kurkumin, kurkumol, germakron, a, ß, isokurkumenol, tanin, demethyoxykurkumin, kurdion, minyak asiri, g-elemene, bisdemethyoxykurkumin, kurkumenol, linderazulene, kurzerenon, kurkumalakton. Rimpang temu hitam ini bersifat cuek serta memiliki rasa yang pahit. Manfaat temu hitam antara lain sebagai peluru dahak, karminatif, stomakik.

 Berikut manfaat temu hitam bagi kesehatan serta cara penggunaannya :

1. Penetral Racun Dalam Tubuh
 Tubuh sangat rentan sekali terhadap racun. Makanan, minuman ataupun udara di lingkungan sekitar kita yang masuk ke dalam badan bisa saja terkontaminasi racun. Oleh lantaran itu, semoga racun dalam tubuh keluar dan badan bisa terhindar dari banyak sekali penyakit cobalah ramuan dari temu hitam. Temu hitam ini sanggup menetralkan racun dalam tubuh.
 Bahan : Temu hitam 25 gram
               Air 600 cc
               Buah takokak 30 gram
 Caranya : rebuslah temu hitam serta takokak yang telah dibersihkan terlebih dahulu dengan air 600 cc. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 200 cc. Setelah itu angkat, saring dan biarkan sampai hangat. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat secara rutin dan teratur yaitu 2 kali sehari.

2. Obat Penyakit Kulit
 Temu hitam selain sebagai obat dalam, ternyata bisa juga untuk pengobatan luar. Penyakit luar biasanya penyakit yang menyerang pecahan kulit seakan-akan panu, kudis, kurap, kutu air serta aneka macam penyakit kulit lainnya. Penyakit kulit tersebut biasanya disebabkan oleh kuman atau kuman. Cobalah atasi berbagai penyakit kulit tersebut memakai ramuan dari temu hitam untuk pengobatan luar. Cara penggunaannya cukup simpel yaitu siapkan temu hitam secukupnya dan usahakan rimpang yang sudah bau tanah. Buanglah kulit temu hitam tersebut serta basuh higienis. Haluskan temu hitam dengan cara ditumbuk sampai benar-benar halus. Kemudian tambahkan minyak kelapa secukupnya dan aduk rata. Balurkan ramuan tersebut pada kepingan kulit yang mengalami perkara secara merata kemudian dibalut supaya tidak lepas. Lakukan beberapa kali hingga sembuh penyakit kulitnya.

3. Menambah Nafsu Makan
 Temu hitam juga mampu dijadikan sebagai obat alami yang manjur untuk meningkatkan nafsu makan. Hal ini dikarenakan dalam temu hitam terkandung senyawa yang akan meningkatkan nafsu makan. Kaprikornus bagi anda atau anak anda bermasalah dengan nafsu makan yang kurang silahkan coba ramuan dari temu hitam. Caranya Siapakan 1rimpang temu hitam yang sudah renta kemudian kupas kulitnya dan basuh bersih. Rimpang temu hitam tersebut kemudian dihaluskan dengan cara diparut. Setelah simpulan diparut kemudian tambahkan air secukupnya dan diaduk aduk. Saring untuk memisahkan ampas tebu hitam tersebut. Minumlah secara teratur ramuan dari temu ireng tersebut sehingga nafsu makan mampu kembali normal.

4. Obat Batuk Berdahak
 Manfaat lain dari temu hitam bagi kesehatan adalah sebagai obat batuk berdahak. Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang umumnya disebabkan oleh virus atau kuman. Batuk sendiri terdiri dari beberapa jenis dan salah satunya yaitu jenis batuk berdahak. Jenis batuk ini sangat mengganggu apalagi kalau batuknya pas ditempat keramaian karena batuk ini umumnya mengeluarkan dahak saat batuk. Temu hitam mampu menjadi salah satu solusi untuk mengatasi penyakit batuk berdahak ini. Selain mengatasi batuk, temu hitam juga akan menghentikan dahaknya. Caranya Ambilah temu hitam sebanyak 20 gram. Kupas, cuci bersih dan potong tipis-tipis. Rebuslah temu hitam tersebut selama 15-20 menit memakai 2 gelas air. Saring lalu minum setelah cuek pagi dan sore hari secara rutin hingga batuk berdahaknya sembuh maksimal.

5. Membantu Mengurangi Nyeri Saat Datang Bulan
 Bagi wanita tiba bulan merupakan sesuatu yang selalu dialami dan memang sudah kodratnya bawa wanita pasti mengalami datang bulan. Akan tetapi kasus datang bulan ini sering memberikan pengaruh yang kurang baik. Efek yang ditimbulkan biasanya rasa nyeri diperut. Bahkan untuk sebagian wanita rasa nyeri saat datang bulan nyeri yang ditimbulkan luar biasa sekali hingga menangis lantaran terlalu nyeri. Karena hal itu banyak sekali produk produk yang diproduksi untuk mengatasi perkara nyeri saat datang bulan. Berbagai produk tersebut biasanya menggunakan bahan materi kimia. Agar aman tidak ada materi kimia cobalah atasi nyeri ketika tiba bulan tersebut memakai ramuan tradisional dari temu hitam. Ramuan dari temu hitam ini akan membantu mengurangi rasa nyeri ketika datang bulan.
 Bahan : Temu hitam 25 gram
               Asam jawa 2 ruas
               Kencur 20 gram
               Kunyit 20 gram
               Air 600 cc
 Caranya : bersihkan terlebih dahulu bahan materi yang akan digunakan kecuali air. Setelah itu materi bahan yang tadi dicuci bersih dipotong potong kemudian direbus dengan 600 cc. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 200 cc. Angkat, saring dan biarkan sampai hangat. Minumlah ramuan tersebut sampai habis dan lakukan secara rutin.

6. Mengatasi Cacingan
 Sementara untuk mengatasi cacingan, temu hitam dipadukan dengan materi lainnya supaya akibatnya maksimal. Bahan bahan yang dibutuhkan adalah temu hitam 20 gram, daun sirih 4 lembar, bangle 15 gram, biji pinang 4 gram serta ketumbar 5 butir. Caranya Cuci higienis terlebih dahulu semua materi supaya terhindar dari kuman dan bakteri. Setelah itu bahan-bahan tersebut direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring dan minum setelah hambar. Lakukan beberapa kali sehingga penyakit cacingannya sembuh.

 Semoga artikel wacana Manfaat Temu Hitam bagi kesehatan ini bermanfaat. Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan mohon maaf serta silahkan beri masukan pada kolom komentar di bawah. Baca juga artikel lainnya perihal Manfaat Buah Naga bagi kesehatan tubuh.

Tampilkan Komentar