Manfaat Tanaman Bangle Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 21, 2019
Tanaman obat yang sering dipakai sebagai obat tradisional alami banyak sekali tumbuh di Negara kita. Tanaman tersebut tumbuh subur dan hidup hamper disetiap kawasan. Seperti tumbuhan obat yang satu ini yang akan kita bahas yaitu mengenai manfaat tanaman bangle bagi kesehatan tubuh. Tanaman bangle ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan sudah banyak digunakan. Untuk lebih terangnya ihwal manfaat bangle bagi kesehatan tubuh marilah kita bahas bersama.
Manfaat Tanaman Bangle Bagi Kesehatan
Manfaat Tanaman Bangle Bagi Kesehatan

Sebelum mengenal lebih jauh wacana manfaat bangle bagi kesehatan tubuh, alangkah baiknya kalau kita mengenal lebih jauh wacana tanaman bangle itu sendiri. Bangle dalam bahasa latin sering disebut dengan Zingiber purpureum Roxb serta termasuk kedalam keluarga zingiberaceae (tanaman herba dengan rimpang yang berpengaruh). Bunga bangle biasanya berbentuk lingkaran seolah-olah telur dengan gagang yang cukup panjang ialah sekitar 20-25 cm. Warna bunga bangle sendiri berwarna merah menyala serta penggalan pangkalnya berbentuk tajuk. Daunnya berbulu halus serta mempunyai bentuk lonjong panjang dan ujungnya lancip. Rimpang dari tumbuhan bangle ini hamper sama dengan tumbuhan jahe atau sejenisnya. Sementara batangnya menjulur lurus. Tanaman bangle banyak tumbuh di India, Indonesia serta Asia Tropika.

Tanaman bangle ini tumbuh subur di setiap tempat di Negara kita. Sehingga tanaman bangle ini mempunyai nama yang berbeda-beda. Nama-nama bangle disetiap daerah antara lain Sunda (panglai), Bali (banggele), Sumatra (kunit bolai, mugle, baglai, bungle, kunyit bolai, bengle, baniai, bunglai), Jawa (bangle), Madura (pandhiyang). Tanaman bangle mempunyai kandungan kimia yang banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Zat yang terkandung dalam tanaman bangle diantaranya minyak atsiri, pati, tannin, damar. Sifat kimia dari bangle sendiri yaitu mempunyai rasa agak pahit serta pedas. Sedangkan sifat morfologisnya sendiri yaitu penurun panas, peluruh dahak serta peluruh kentut, obat cacing.

Dari zat yang terkandung dalam bangle tersebut, bangle bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi aneka macam penyakit. Penyakit-penyakit yang mampu diobati menggunakan bangle ini beragam mulai dari demam, cacingan, sakit kuning dan lainnya. Pemanfaatan bangle ini mulai dari rimpang dan daun. Rimpang mampu dijadikan sebagai obat batuk berdahak, sambelit, cacingan, sakit kuning, sakit kepala, demam, menurunkan berat tubuh, masuk angina, sakit perut. Daun mampu dijadikan obat penambah nafsu makan, kembung.

Berikut Beberapa Cara Penggunaan Tanaman Bangle bagi Kesehatan :

1. Obat Sakit Kuning
Bangle ternyata bisa dijadikan sebagai obat tradisional sakit kuning. Kandungan zat dalam bangle tersebut diyakini sanggup mengatasi perkara sakit kuning tersebut. Cara pemanfaatan bangle untuk sakit kuning sangat mudah adalah siapkan rimpang bangle sebanyak ½ hingga 1 jari. Setelah itu rimpang bangle tersebut cuci bersih dan diparut halus. Seduhlah parutan rimpang bangle tersebut dengan air 1-2 sendok makan serta madu murni 1 sendok makan. Aduk rata lalu peras untuk diambil sari patinya. Minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur dengan aturan minum sehari 2 kali.

2. Mengatasi Demam
Jika anda mengalami demam coba atasi memakai tanaman bangle. Tanaman bangle ini sudah dipakai sejak jaman dahulu sebagai obat demam. Ambil rimpang jahe sebanyak 1 ruas jari kemudian cuci higienis dan parut. Jika rimpang bangle tersebut sudah diparut, kemudian campurkan air hangat secukupnya dan madu sebanyak 2 sendok makan. Aduk rata kemudian saring. Minum ramuan tanaman bangle tersebut sehari 2 kali.

3. Obat Masuk Angin
Rimpang tumbuhan bangle mempunyai kandungan yang bisa menghangatkan tubuh. Sehingga kalau mengalami masuk angina, tanaman bangle cocok untuk dijadikan obat tradisional alami. Cara pemanfaatannya yaitu siapkan rimpang bangle secukupnya kemudian diparut dengan catatan rimpang bangle tersebut dicuci terlebih dahulu. Tambahkan air hangat ½ gelas dan madu 1 sendok makan. Aduk-aduk sampai rata dan saring. Air hasil penyaringan tersebut yang digunakan untuk mengatasi masuk angina adalah dengan cara diminum.

4. Mengatasi Penyakit Kulit
Gatal pada kulit atau ada bekas borok yang susah hilang tentu akan mengganggu. Namun anda jangan khawatir lantaran ada obat tradisional yang sanggup mengatasi hal tersebut ialah tanaman bangle. Cara pemanfaatannya sangat mudah yaitu rimpang bangle diparut serta dibalurkan pada bagian yang gatal maupun bekas borok secara merata.

5. Mengobati Cacingan
Tanaman bangle juga selain bisa dijadikan obat tradisional alami penyakit diatas, juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi cacingan. Tanaman bangle ini dipadukan dengan tumbuhan lainnya yang banyak disekitar kita.
Bahan : Rimpang bangle 3 jari
Ketumbar 5 biji
Daun sirih 5 lembar
Temu hitam 2 jari
Caranya : Cuci bersih terlebih dahulu daun sirih lalu iris tipis. Kemudian semua materi ditumbuk sampai halus. Setelah benar-benar halus seduhlah menggunakan air yang telah dimasak sebanyak ½ gelas dan aduk hingga rata. Saring untuk memisahkan ampas dan airnya. Minumlah air ramuan tersebut hingga habis dan lakukan secara rutin dan teratur supaya cacingan bisa teratasi.

6. Mengatasi Mules
Bahan : Rimpang Jahe 1 jari
1 jari rimpang bangle
1 jari lempuyang bacin
1 jari kencur
Caranya : Semua materi dicuci terlebih dahulu kemudian dipotong tipis tipis. Rebuslah semua materi yang telah dipotong tipis-tipis tersebut dengan segelas air. Biarkan air rebusannya hingga tersisa ½ gelas. Biarkan sampai dingin kemudian disaring. Minumlah ramuan tersebut sampai habis serta lakukan hingga mulesnya sembuh.

7. Obat Nyeri Sendi
Nyeri sendi merupakan suatu masalah yang mampu mengganggu acara. Untuk itu nyeri sendi harus segera diatasi sedini mungkin sehingga kita mampu beraktivitas seolah-olah biasa tanpa ada gangguan. Untuk mengatasi nyeri sendi, bangle mampu menjadi salah satu solusi yang ampuh lantaran mengandung zat-zat yang mampu mengatasi nyeri sendi. Siapkan rimpang bangle secukupnya kemudian basuh hingga benar-benar bersih. Parutlah bangle tersebut kemudian campurkan arak secukupnya lalu diaduk rata. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian sendi yang terasa nyeri secara merata.

8. Obat sakit kepala balasan demam
Jika mengalami demam secara otomatis kepala juga akan mencicipi sakit atau pusing. Untuk itu, atasilah sakit kepala yang diakibatkan demam tersebut memakai bangle. Siapakan rimpang bangle yang telah dicuci bersih secukupnya lalu diparut halus. Setelah diparut, tambahkan air sampai berbentuk seperti bubur. Oleskan ramuan tersebut pada serpihan dahi.

9. Menurunkan lemak tubuh/ mengatasi kegemukan
Berat badan tinggi atau kegemukan merupakan kasus tersendiri bagi penderitanya. Kegemukan selain menciptakan penampilan kurang baik, juga mampu mengakibatkan aneka macam penyakit lantaran kegemukan berarti adanya penimbunan lemak berlebih. Untuk itu coba atasi masalah kegemukan tersebut menggunakan bangle. Siapkan bangle sebanyak 1 jari serta daun jati belanda sebanyak 7 lembar. Cuci bersih semua materi tersebut kemudian direbus dengan air sebanyak 2 gelas. Angkat sesudah air rebusannya tinggal 1 gelas kemudian saring dan cuekkan. Minumlah ramuan alami tersebut secara rutin dan teratur 2 kali sehari adalah pagi dan sore.

10. Mengatasi selaput lendir mata
Masalah ini cukup mengganggu kondisi penglihatan kita. Atasilah kasus tersebut memakai bangle sebagai obat tradisional alami. Siapkan jinten hitam sebanyak 10 butir serta 1 jari rimpang bangle. Cuci higienis terlebih dahulu rimpang bangle lalu dipotong-potong. Setelah itu rebuslah kedua bahan tersebut dengan air sebanyak 1 gelas. Biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal setengahnya lalu angkat saring dan acuh taacuhkan. Minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur hingga masalah selaput lender mata teratasi.

Tanaman bangle mungkin tidak sepopuler temulawak atau sejenisnya. Namun tanaman ini mempunyai khasiat yang luar biasa dan tidak kalah dengan tanaman sejenisnya. Jika anda mengalami kasus-masalah seperti diatas coba atasi menggunakan tanaman bangle sebagai salah satu solusi obat tradisional alami. Cara pemanfaatannyapun sangat praktis dan sudah diuraikan dengan jelas tinggal pelaksanannya saja. Obat tradisional alami tanman bangle ini hamper tidak mempunyai efek yang membahayakan kesehatan.
Artikel yang ditulis semoga memberi manfaat serta menambah pengetahuan tentang obat tradisional alami. Kunjungi juga artikel lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya wacana Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan Tubuh. Jika ada yang kurang atau ingin ditambahkan pada kolom komentar yang tersedia.

Tampilkan Komentar