Manfaat Khasiat Akar Wangi Yang Mujarab

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 12, 2019
 Jika kita mengalami kasus seperti reumatik, pegal linu ataupun encok biasanya diobati memakai obat gosok. Obat gosok tersebut mampu menurunkan rasa sakit lantaran menyebabkan rasa hangat. Salah satu bahan untuk menciptakan obat gosok tersebut yaitu akar wangi. Kita bisa membedakan obat gosok yang berasal dari akar bacin yaitu dari aromanya yang khas. Namun selain mampu dijadikan obat gosok, ternyata akar bau juga dapat bermanfaat lebih banyak bagi kesehatan. Berikut penjelasan perihal akar amis dan keuntungannya bagi kesehatan.

Akar Wangi
Manfaat Khasiat Akar Wangi Yang Mujarab (sumber : google.com)

 Sejak zaman dahulu akar amis sudah dimanfaatkan namun pemanfaatnaya kebanyakan hanya sebagai pengharum. Karena akar wangi memiliki aroma bacin yang sangat khas serta sangat mencolok sehingga zaman dahulu akar bacin dimanfaatkan sebagai pengharum. Tanaman ini diyakini pada awalnya berasal dari India serta seiring perkembangan zaman menyebar sampai ke Indonesia. Vetiveria zizanoides merupakan nama ilmiah dari akar wangi serta termasuk kedalam keluarga poaceae atau sejenis dengan padi dan serai. Akar amis termasuk kedalam tanaman agresif tegak.

 Tanaman akar wangi rata rata mempunyai ukuran tinggi sekitar 1 atau 2 meter serta tegak lurus. Cabang cabangnya berukuran ramping dengan panjang sampai 20 cm serta berwarna hijau ataupun ungu. Batangnya sendiri tegak lurus berwarna putih serta mempunyai ruas ruas. Sedangkan daun akar wangi berwarna hijau serta bentuknya seperti pita. Bunganya berbentuk seolah-olah padi dengan warna agak putih dan tumbuh diujung batang. Akarnya sendiri mempunyai akar tunggang serta akar serabut yang berserat. Aroma bacin yang khas dari tumbuhan akar amis ini menjadikan tanaman ini dinamakan akar anyir.

 Akar bacin dalam dunia kesehatan pada umumnya sering digunakan sebagai obat gosok. Reaksi yang dikeluarkan dari akar amis sebagai obat gosok yaitu rasa hangat sehingga sanggup menurunkan rasa sakit. Sealain itu akar bacin juga bersifat merangsang keringat, stomachtic, tonik refrigeran serta diuretik emmenagogue.

 Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para jago kesehatan menyebutkan bahwa dalam akar wangi terkandung unsur unsur kimia yang mampu dimanfaatkan bagi kesehatan. Unsur unsur yang terkandung dalam akar anyir adalah vetiverol ester, vetiveron, asam vetivena serta vetiverol.

 Berikut beberapa manfaat dari akar bau bagi kesehatan

1. Menghilangkan Bau Mulut
 Akar bau ternyata mampu dimanfaatkan untuk mengatasi perkara basi lisan. Bau ekspresi memang merupakan suatu kasus yang sangat menggangu walaupun tidak membahayakan bagi kita. Namun jikalau mengalami masalah basi mulut dogma diri seseorang akan berkurang serta lawan bicara akan tidak nyaman. Cobalah atasi menggunakan akar amis sebagai alternatif obat tradisional untuk mengatasi masalah basi ekspresi tersebut.
 Caranya : Ambilah akar bacin secukupnya, kapulaga 5 butir, 2 lembar daun sirih serta pegagan secukupnya lalu cuci sampai higienis. Semua bahan tersebut dicampurkan serta dibuat infus. Gunakan ramuan tersebut sebagai obat kumur setiap 2 kali sehari. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Obat Reumatik Serta Nyeri
 Untuk perkara yang satu ini memang sudah mengerti bagai mana cara menggunakan akar bacin mengatsai reumatik. Hanya dengan menggosokan akar busuk pada serpihan badan yang terasa sakit atau dengan menggunakan obat gosok dari akar bau. Zat yang terkandung dalam akar wangi bisa menurunkan rasa sakit dari reumatik tersebut.

 Akar bacin juga bisa bisa dimanfaatkan untuk :

Mengatasi gigitan ular
Mengatsai encok
Obat pegal linu
Obat bekas gigitan kalajengking
Penyedap rasa
Menghilangkan kutu
Penghilang rasa haus
Obat iritasi infeksi
Mengobati demam

 Tanaman akar amis ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Berbagai penyakit bisa diobati memakai akar busuk jikalau kita tahu cara memanfaatkannya. Itulah artikel yang bisa disampaikan mengenai manfaat akar amis bagi kesehatan. Semoga artikel ihwal akar busuk menambah pengetahuan serta bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya tentang Si Ajaib Daun Sirsak Bagi Kesehatan.

Tampilkan Komentar