Manfaat Daun Randu Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 24, 2019
Manfaat Daun Randu Bagi Kesehatan, Mengatasi Batuk, Penyubur Rambut, Obat Panas Dalam, Obat Sakit Mata, Obat Kumur Dan Menghilangkan Bekas Luka.

Manfaat Daun Randu Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Randu Bagi Kesehatan Tubuh

Pada umumnya tanaman randu yang sering dimanfaatkan hanya buah serta pohonnya saja. Buahnya sering dimanfaatkan untuk bahan membaut bantal atau kasur sementara pohonnya untuk bahan bangunan. Padahal tanaman ini bisa menjadi tanaman obat tradisional bagi badan. Yang dimanfaatkannya yaitu kepingan daunnya.

Randu yaitu tanaman yang mempunyai tinggi sampai 25 meter dan tegak lurus. Batang tanamanrandu biasanya mempunyai duri seperti tanaman dadap namun tidak terlalu banyak. Tumbuhan ini banyak tumbuh di daerah panas dan rendah. Nama ilmiah tanaman ini yaitu ceiba pentandra serta berasal dari Amerika selatan, Amerika Tengah serta Karibia.

Batang randu mempunyai harna hijau dan berbentuk lingkaran. Sementara daunnya sendiri ujungnya runcing bertepi rata, berwarna hijau dan beragam. Bunganya sendiri mirip lonceng dan bila masih muda berwarna hijau sedangkan kalo sudah tua berwarna hitam kecoklatan da nada warna putih di pangkalnya. Buah randu lonjong berwarna hijau jika masih muda dan coklat kalau sudah renta. Akar yang dimiliki tanaman ini ialah akar tunggang sehingga mampu berdiri tegak.

Dalam perkembangannya tanaman randu banyak dibudidayakan di wilayah Asia termasuk Negara Kita. Pemanfaatnya untuk materi bangunan batannya dan buahnya sering dijadikan bahan bantak atau kasur selain busa. Namun dibalik itu semua ada manfaat yang luar biasa dari tumbuhan randu ini untuk kesehatan. Yang dimanfaatkan adalah kepingan daunnya.

Manfaat daun randu sebagai tanaman obat bukan tanpa alasannya adalah. Dalam daun randu tersebut terkandung berbagai unsur zat yang mampu dimanfaatkan untuk mengatasi aneka macam perkara kesehatan. Zat yang terkandung tersebut antara lain damar, tannin, saponin, serta tlafonoid.

Beberapa Manfaat Daun Randu Yang Mujarab Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Menyuburkan Rambut
Rambut anda kurang subur atau sering rontok?. Coba atasi kasus tersebut menggunakan tanaman obat daun randu. Karena rambut merupakan salah satu bagian yang menunjang penampilan dan mampu menambah percaya diri. Selain itu rambut juga merupakan mahkota sehingga harus dijaga kesehatannya. Daun randu ini mampu menyuburkan rambut serta mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Caranya : Cuci higienis daun randu sebanyak 20 helai. Kemudian rebuslah daun randu tersebut menggunakan air secukupnya sampai benar-benar mendidih. Kemudian angkat acuh taacuhkan serta pisahkan antara daun randu dengan air rebusannya. Gunakan air rebusan daun randu tersebut untuk membasahi rambut sampai merata basahnya sambil dipijat perlahan-lahan dengan tujuan kandungan zat daun randu mampu terserap maksimal. Biarkan selama 30 menit. Setelah 30 menit bersihkan rambut hingga higienis menggunakan sampo. Lakukan cara tersebut secara teratur supaya balasannya maksimal yaitu seminggu 2 kali.

2. Menyembuhkan Batuk
Batuk merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh virus atau basil. Penyakit batuk ini terdiri dari beberapa jenis ada batuk kering, batuk berdahak dan lain-lain. Batuk juga sangat mengganggu apalagi jikalau batuk berdahak. Daun randu ternyata bisa mengatasi masalah batuk tersebut karena tanaman obat ini mengandung zat yang sanggup menyembuhkan batuk. Petiklah beberapa helai daun randu yang masih segar kemudian basuh sampai higienis. Haluskan daun randu tersebut dengan cara dilumatkan hingga benar-benar halus. Setelah itu seduh memakai air panas secukupnya dan biarkan hingga acuh taacuh. Saring kemudian minum ramuan tersebut sampai habis. Agar karenanya maksimal ramuan tersebut diminum sehari 2 kali yaitu pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

3. Sebagai Obat Panas Dalam
Daun randu juga merupakan tanaman obat untuk mengatasi perkara demem. Demam sering kali menyerang kita yang diakibatkan menurunnya kekebalan tubuh. Dengan menurunnya sitem kekebalan badan maka virus dan bakteri mampu menyerang tubuh. Untuk pemanfaatan daun randu sebagai obat demam caranya sangat praktis. Cuci terlebih dahulu daun randu sebanyak 6 helai biar terhindar dari kuman dan basil yang menmpel pada daun randu tersebut. Lalu daun randu tersebut diremas-remas dalam air yang sudah matang sebanyak 500 cc. Setelah selesai kemudian disaring dan tambahkan gula aren secukupnya. Gula aren ini mampu menghilangkan rasa daun randu yang kurang enak. Minumlah ramuan tanaman obat daun randu secara teratur yaitu sehari 3 kali.

4. Mengatasi Sakit Mata
Manfaat selanjutnya dari tanaman obat daun randu yaitu untuk mengatasi masalah sakit mata. Pada umumnya sakit mata diakibatkan karena adanya kotoran yang masuk kedalam mata sehingga mata mengalami iritasi dan menjadi merah. Daun randu mempunyai cairan seolah-olah lendir sehingga mampu mengeluarkan kotoran dalam mata yang menyebabkan timbulnya iritasi mata. Caranya ialah petik daun randu yang masih segar 10-15 helai lalu cuci bersih. Remas-remas daun randu tersebut dengan ditambahkan air secukupnya hingga air tersebut menjadi kental seolah-olah lendir. Saringlah air perasan daun randu tersebut sehingga terpisah antara ampas daun randu dengan airnya. Pindahkan ke dalam wadah seakan-akan ember kecil. Celupkan mata yang sakit ke dalam air perasan daun randu tersebut sambil dikedip kedipkan. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran dalam mata yang menyebabkan penyakit mata.

5. Sebagai Obat Kumur
Mulut merupakan potongan badan yang mempunyai peran penting dalam proses pencernaan. Karena semua makanan yang masuk melawati verbal dan dihaluskan terlebih dahulu dalam ekspresi. Sehingga banyak sekali basil yang bisa berkembang salah satunya dari sisa kuliner yang tersisa. Untuk itu lisan harus tetap terjaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan verbal yaitu dengan melaksanakan gosok gigi. Namun cara tersebut belum mampu menciptakan verbal terbebas sepenuhnya dari kuman. Untuk itu biasanya dilakukan juga cara lain yaitu dengan berkumur. Daun randu mampu menjadi obat kumur alami dalam menjaga kesehatan lisan. Caranya : 15 helai daun randu cuci bersih. Setelah itu remas remas daun randu dengan ditambahkan air yang sudah matang sebanyak 1 gelas. Remas-remas sampai airnya berbentuk lendir. Saring dan gunakan air daun randu tersebut sebagai obat kumur. Gunakan secara rutin dan teratur.

6. Menghilangkan Bekas Luka
Jika kita mengalami luka luar biasanya akan menimbulkan bekas yang mampu mempengaruhi penampilan. Bekas luka tersebut biasanya berwarna agak hitam dan sulit sekali hilangnya. Namun daun randu mampu mengatasi masalah tersebut dan cara penggunaannya pun cukup mudah. Cuci higienis beberapa lembar daun randu. Setelah itu basahi terlebih dahulu bekas luka dengan air hangat. Gunakan daun randu tersebut untuk digosokan pada bekas luka sampai merata. Kemudian bilas dengan air sampai bersih. Agar alhasil maksimal lakukan secara rutin.

Tanaman randu ternyata menyimpan manfaat yang baik bagi kesehatan selain buahnya untuk bantal dan kasur. Untuk itu bila mengalami perkara kesehatan seolah-olah dikutip diatas coba atasi memakai tanaman obat daun randu. Namun alangkah baiknya jika sebelum memakai tanaman obat daun randu konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.

Semoga artikel kali ini semakin menambah wawasan ihwal tanaman obat tradisional. Kunjungi juga artikel lainnya wacana Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh.

Tampilkan Komentar