Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 17, 2019
 Tanaman afrika merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh subur di kawasan subtropics atau tropis. Meskipun namanya tanaman afrika, namun bukan berarti tanaman ini berasal dari daerah afrika. Sampai ketika ini tanaman ini belum jelas asalnya dari mana namun semenjak dahulu orang cina sudah banyak memanfaatkan tanaman ini untuk obat herbal. Tumbuhan ini mempunyai nama latin Vernonia Amygdalina (Delile) dan termasuk kedalam keluarga asteraceae. Serta penjabaran lainnya dari tanaman ini yaitu kelas magnoliopsida, ordo asterads serta divisi magmoliophyta. Rasa dari daun afrika sendiri yaitu pahit serta masbodoh.

Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Tubuh

 Di China tanaman ini sangat popular senagai tanaman herbal untuk mengatasi masalah diabetes. Orang-orang china menciptakan obat herbal dari daun afrika karena diyakini kandungan dalam daun afrika tersebut sanggup mengatasi aneka macam penyakit. Zat yang terkandung dalam daun afrika antara lain mineral, vitamin, asam lemak, zat antioksidan, asam fenolat, minyak khas, asam esensial, zat anti inflamasi. Selain untuk mengatasi diabetes, daun afrika juga mempunyai indikasi unutuk tenggorokan gatal, sakit punggung, rematik, gastroenteritis, radang tenggorokan, kolesterol tinggi, hepatitis, hipertensi, pendarahan lambung, dan lainnya.

 Berikut Manfaat Dan Cara Penggunaan Daun Afrika Bagi Kesehatan :

1. Mengatasi Diabetes
 Yang paling menonjol dari daun afrika untuk kesehatan adalah sebagai obat tradisional alami untuk mengatasi diabetes. Kandungan zat dalam daun afrika membantu untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Selain itu daun afrika juga mempunyai rasa yang pahit sehingga tidak mengandung kadar gula. Untuk pemanfaatannya sangat simpel sekali yaitu ambil dasun afrika yang masih segar sebanyak 1 lembar saja kemudian cuci hingga bersih. Kemudian daun afrika tersebut dikunyah lembut dan buang sisa kunyahan daun afrika serta telan airnya. Agar hasil yang diinginkan maksimal lakukan cara tersebut setiap hari secara teratur.

2. Atasi Batuk
 Untuk urusan batuk yang mengaganggu kondisi tubuh kita, daun afrika juga mampu dijadikan sebagai salah satu tanaman obat untuk mengatasinya. Daun afrika yang dipakai yaitu daun afrika yang dikeringkan karena pemanfaatannya dibikin teh. Untuk lebih detailnya wacana cara pemanfaatan daun afrika untuk obat batuk berikut urainnya : Petik daun afrika sebanyak 5 lembar lalu jemur hingga benar-benar kering. Setelah dirasa sudah kering, daun afrika tersebut ditumbuk sampai halus. Seduhlah daun afrika tersebut dengan air panas. Minumlah ramuan tersebut secara teratur dengan hukum minum sehari 3 kali.

3. Obat Reumatik
 Daun afrika sangat imbastif untuk dijadikan sebagai obat tradisional alami reumatik. Banyak kandungan yang menunjang untuk mengatasi reumatik tersebut. Siapkan daun afrika yang masih segar sebanyak 5 lembar lalu basuh hingga benar-benar bersih. Setelah itu daun afrika yang sudah dicuci bersih tersebut diseduh dengan air panas. Agar minumnya lezat dan ramuan mampu diminum sampai habis biarkan hingga cuek atau hangat. Ramuan tersebut diminum secara teratur hingga reumatik yang dirasa hilang.

4. Baik Untuk Menurunkan Berat badan
 Timbunan lemak serta terganggunya metabolism tubuh mampu berdampak pada meningkatnya berat badan atau yang sering disebut dengan kegemukan. Kegemukan ini adalah salah satu kondisi yang bisa menciptakan timbulnya banyak sekali penyakit serta menurunkan rasa percaya diri. Biasanya untuk menurunkan berat badan dilakukan dengan cara olahraga yang rutin lantaran lemak dalam tubuh terbakar. Selain berolahraga ada juga obat tradisional yang membantu menurunkan berat badan yaitu ramuan dari daun afrika. Ramuan ini mampu membuat metabolism dalam tubuh normal kembali serta lemak yang masuk dapat dikurangi. Untuk pemanfaatannya cukup simpel yaitu ambil beberapa lebar daun afrika yang sudah dikeringkan. Daun afrika tersebut direbus memakai air secukupnya hingga benar-benar mendidih. Angkat, saring dan acuh taacuhkan. Minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur hingga berat tubuh turun.

5. Mencegah Terkena Penyakit Stroke
 Stroke mampu menyerang siapa saja dan kapan saja. Pada umumnya stroke menyerang orang yang mempunyai usia. Namun walaupun demikian stroke harus diwaspadai sejak dini karena penyakit ini sangat berbahaya dan menyerang sistem syaraf. Syaraf akan terganggu serta membuat anggota tubuh yang syarafnya terganggu akan lumpuh bahkan bisa mati rasa dan kaku. Untuk itu pencegahan semenjak dini lebih baik sehingga terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut. Daun afrika bisa menjadi solusi agar kita terhindar dari penyakit stroke. Buatlah ramuan dari daun afrika yaitu dengan cara merebus daun afrika serta meminum air rebusan daun afrika tersebut secara teratur. Dengan meminum ramuan daun afrika mampu mengindari resiko terjangkit penyakit stroke dikemudian hari.

6. Obat Penyakit Malaria
 Manfaat selanjutnya dari daun afrika yaitu sebagai obat untuk mengatasi penyakit malaria. Penyakit malaria jikalau dibiarkan bisa berakibat fatal yaitu janjkematian karena penyakit ini diakibatkan oleh virus yang terbawa darah dari gigitan nyamuk. Banyak sekali peristiwa dari penyakit malaria berakhir ajal. Untuk itu segara obati agar tidak berakibat fatal. Selain berobat ke dokter, obat malaria juga bisa menggunakan daun afrika. Caranya ialah siapkan 1 genggam daun afrika kemudian basuh hingga higienis. Rebuslah daun afrika tersebut memakai air sebanyak 4 gelas dan biarkan hingga tersisa 1 gelas saja. Angkat, saring dan acuh taacuhkan. Minumlah ramuan tersebut sampai habis dan lakukan beberapa kali.

7. Pencegah kanker
 Manfaat selanjutnya dari daun afrika yaitu sebagai pencegah penyakit kanker. Cara pemanfaatannya yaitu basuh bersih segenggam daun afrika kemudian direbus dengan air sebanyak 4 gelas. Jika air rebusan sudah tinggal 1 gelas angkat saring dan biarkan masbodoh. Minumlah secara teratur ramuan daun afrika tersebut sebagai pencegah penyakit kanker. Karena antioksidan yang terkandung dalam daun afrika sanggup menjadi antibody yang baik untuk menangkal virus, bakteri maupun radikal bebas yang menyerang tubuh. Sebab timbulnya penyakit kanker diakibatkan oleh radikal bebas sebagai penyebab utamanya.

8. Atasi Gangguan Pencernaan
 Apakah anda mengalami diare, perut kembung atau sambelit?. Jika benar maka coba atasi memakai ramuan tradisioanal dari daun afrika. Ramuan ini sanggup mengatasi gangguan pencernaan seperti sambelit, diare serta perut kembung. Siapkan segenggam daun afrika yang sudah dicuci lalu direbus dengan air sebanyak 5 gelas dan biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal 1 gelas saja. Setelah itu angkat saring dan sesudah cuek diminum sampai habis. Lakukan sampai masalah pencernaan sembuh.

9. Mengontrol Kadar Gula darah
 Kelebihan kadar gula dalam darah tidak terlihat pada tahap awal. Untuk mengetahui kadar gula darah harus cek ke dokter. Menurut ilmu kesehatan penyebab seseorang meningkat kadar gula darah yaitu lantaran resonasi insulin terganggu sehingga enzim insulin dalam tubuh kurang maksimal. Jika sudah demikian maka fungsi enzim insulin sendiri tidak bisa berfungsi dengan maksimal yaitu mengatur kadar gula darah. Maka timbulah kelebihan kadar gula dalam darah. Untuk menurunkan kadar gula darah coba dengan mengonsumsi air rebusan daun afrika. Cara pembuatannya sama seperi cara lainnya. Minumlah secara teratur selama 2 hari.

10. Mencegah Penyakit jantung
 Penyakit jantung merupakan penyakit yang tergolong mematikan. Penyakit ini bisa membuat penderitanya mengalami serangan jantung mendadak dan kalau tidak segera diatasi berakibat fatal. Penyakit jantung dibilang berbahaya lantaran jantung adalah suatu organ yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh cuilan tubuh. Jika jantung terganggu maka tubuh tidak teraliri darah secara maksimal. Untuk itu, cegahlah penyakit jantung tersebut sedini mungkin. Dan untuk mencegah penyakit jantung tersebut coba dengan memakai ramuan tradisional dari daun afrika. Segenggam daun afrika direbus dengan 3 hingga 4 gelas air. Biarkan air rebusan daun afrika tersebut tersisa 1 gelas. Lalu angkat, saring dan hambarkan. Minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur agar terhindar dari penyakit jantung yang mematikan tersebut.

11. Membantu Menurunkan kadar Kolesterol
 Manfaat selanjutnya dari daun afrika yaitu membantu menrunkan kolesterol dalam tubuh. Kelebihan kolesterol dalam tubuh menimbulkan timbulnya banyak sekali penyakit yang beresiko tinggi seakan-akan serangan jantung. Untuk itu agar terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan kolesterol coba obat tradisional alami daun afrika. Daun afrika ini sanggup membantu dalam penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Cara pemanfaatan daun afrika untuk penurunan kolesterol ialah dengan cara direbus. Pertama-tama basuh higienis segenggam daun afrika lalu direbus menggunakan air sebanyak 5 gelas. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 1 gelas saja kemudian angkat dan saring. Setelah hambar minumlah ramuan tersebut sampai habis. Lakukan secara rutin sehingga kolesterol mampu seimbang dalam tubuh.

 Perhatian :
 Daun afrika ini mempunyai indikasi serta kontra indikasi. Untuk kontra indikasinya yaitu gangguan lambung dan limpa. Selain itu daun afrika juga mempunyai efek samping antara lain gatal-gatal, abuh, rasa pahit, menggigil serta detoksifikasi.


 Daun afrika di Negara kita memang tidak begitu popular seolah-olah daun sirih atau daun sirsak. Namun daun afrika ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan terutama diabetes. Bagi anda yang ingin mencoba manfaat dari daun afrika untuk mengatasi berbagai penyakit yang ditulis diatas, coba obati menggunakan daun afrika dengan cara yang sudah dijelaskan. Alangkah baiknya jikalau sebelum memakai daun afrika berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

 Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bila ada kekurangan atau ingin berkomentar silahkan pada kolom komentar. Kunjungi juga artikel menarik lainnya wacana Manfaat Daun Sirih.

Tampilkan Komentar