Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 26, 2019
Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan, Obat Ambien, Obat Diare Untuk Bayi, Obat Liver, Kesehatan Kulit, Kecantikan, Diet, Obat kanker, Menyehatkan Tulang, Mengobati Darah Tinggi, Mencegah Kolesterol.

Buah Sirsak

 Buah sirsak adalah salah satu buah-buahan yang banyak digemari. Aromanya sangat khas dengan rasa anggun serta asam yang membuat buah ini banyak digemari. Buah sirsak ini banyak tumbuh subur di Negara kita meskipun bahwasanya buah ini bukan asli tanaman Negara kita melainkan berasal dari Amerika Selatan, karibia serta Amerika tengah. Ciri buah sirsak ialah memiliki ukuran sebesar 3 kepalan kepala atau lebih dengan bentuk agak lonjong dan mempunyai warna kulit hijau. Kulit buah sirsak tersebut dikelilingi seolah-olah duri namun tidak runcing seakan-akan buah durian. Sementara dagingnya berwarna putih dan bijinya berwarna hitam.

 Buah sirsak ini mempunyai lebih dari satu nama sesuai dengan daerah. Nama-nama daerah buah sirsak antara lain Sunda (Nangka Walanda), Jawa (Nangka Landa), Bali (Srikaya Jawa), Sumatra (Boh Lona, Durian Betawi, Jambu Landa). Banyaknya nama nama buah sirsak menerangkan bahwa buah sirsak cocok tumbuh di Negara kita. Pada umumnya buah sirsak ini dikonsumsi baik secara langsung, dibentuk jus atau dibentuk kreasi lainnya.

 Sirsak selain yummy dikonsumsi dengan aroma dan rasanya yang khas juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Berbagai penyakit bisa diatasi menggunakan buah sirsak ini. Buah sirsak bisa dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh dikarenakan buah sirsak ini mengandung aneka macam mineral dan nutrisi yang diharapkan oleh badan untuk menjaga kesehatan badan. Kandungan dalam buah sirsak yang baik bagi tubuh antara lain Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, niacin, karbohidrat, serat, energi, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, protein.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

1. Mengobati Ambeien
 Ambeien sering kali menjadi suatu penyakit yang sangat menganggu sekali apalagi kalo sedang duduk. Untuk itu atasilah penyakit ambeien tersebut memakai buah sirsak. Buah sirsak ini mampu mengatasi masalah ambeien lantaran mengandung zat yang baik untuk masalah ambeien tersebut. Siapkan buah sirsak yang sudah matang. Kemudian diperas dan ambil airnya. Minumlah air buah sirsak tadi 2 kali sehari secara rutin pagi dan sore hari.

2. Obat Diare Bayi
 Jika bayi anda mengalami masalah diare coba atasi memakai buah sirsak sebagai obat tradisional. Caranya : Peras dan ambil air buah sirsak yang sudah matang. Minumlah air buah sirsak tadi sebanyak 2 atau 3 sendok makan.

3. Mengobati Liver
 Liver atau penyakit hati ialah suatu kondisi dimana hati mengalami peradangan. Penyakit liver ini jikalau tidak segera diatasi mampu berbahaya lantaran bisa menimbulkan kanker hati. Coba atasi penyakit tersebut memakai jus buah sirsak. Caranya : Juslah buah sirsak yang sudah matang. Minum jus tersebut selama 7 hari berturut turut secara rutin dan selama 7 hari tersebut hanya mengonsumsi jus buah sirsak saja.

4. Mampu Mencegah Kanker
 Buah sirsak bisa juga menjaga tubuh dari serangan kanker. Dalam buah sirsak terkandung senyawa fitokimia yaitu Annonaceous acetogenins. Senyawa ini sanggup mencegah virus yang menimbulkan timbulnya penyakit kanker. Caranya cukup mengonsumsi buah sirsak ini secara teratur maka akan terhindar dari serangan kanker. Mengonsumsi buah sirsaknya bisa secara eksklusif maupun dibuat jus.

5. Menyehatkan Tulang
 Buah sirsak mampu menjaga kesehatan tulang lantaran dalam buah sirsak megandung unsur fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tulang untuk menjaga tulang serta menguatkan tulang. Selain unsur tersebut, buah sirsak juga mengandung zat tembaga yang mempunyai fungsi sebagai zat untuk membantu proses peresapan kalsium ke tulang. Dengan mengonsumsi buah sirsak secara rutin dan teratur maka tulang akan terjaga dari banyak sekali penyakit seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang.

6. Mengobati Darah Tinggi
 Manfaat lainnya dari buah sirsak adalah sebagai obat untuk menurunkan darah tinggi. Penyakit darah tinggi adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena mempunyai resiko tinggi untuk kesehatan badan. Penyakit darah tinggi ini mampu memicu terjadinya penyakit stoke. Buah sirsak ternyata mampu menjadi obat untuk menurunkan darah tinggi tersebut. Buah sirsak ini cukup dikonsumsi secara rutin dan teratur.

7. Obat Anemia
 Konsumsilah buah sirsak secara rutin akan mampu mencegah penyakit anemia. Hal itu dikarenakan dalam buah sirsak terkandung zat besi yang tinggi. Zat besi merupakan mineral yang bisa mengatasi perkara anemia. Semua tahu bahwa anemia ialah suatu keadaan dimana tubuh memiliki darah rendah. Gejala umum dari penyakit ini yaitu sering pusing, lemas, lesu.

8. Melembabkan Kulit
 Ingin kulit tetap lembab dan bersinar?. Jawabannya yaitu dengan mengonsumsi buah sirsak secara rutin dan teratur. Buah sirsak mampu menimbulkan kulit tetap lembab dan juga bersinar. Dalam buah sirsak terkandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C memang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain dimakan secara langsung, buah sirsak juga mampu dibentuk sebagai masker wajah.

9. Mengatasi Migrain
 Manfaat selanjutnya dari buah sirsak adalah untuk mengatasi migrain. Migrain yaitu suatu penyakit yang sering menyerang kepala dengan tanda-tanda yang umumnya ialah sakit kepala sebelah. Menurut sebagian orang penyakit migrain ini lebih sakit dibandingkan dengan sakit kepala pada umumnya. Buah sirsak mengandung riboflavin yang sanggup mengatasi penyakit migraine tersebut. Caranya cukup dikonsumsi secara teratur.

10. Mencegah Penyakit Kolesterol
 Kandungan serat yang tinggi dalam buah sirsak akan menyerap dan membuang kolesterol jahat dalam tubuh bersama sisa kuliner. Dengan terbuangnya kolesterol jahat dalam tubuh maka akan terhindar dari perkara kolesterol. Konsumsilah buah sirsak secara rutin dan teratur baik dibikin jus atau dikonsumsi secara pribadi.

11. Mencegah Asam Urat
 Agar terhindar dari masalah asam urat konsumsilah buah sirsak secara rutin. Buah sirsak ini mengandung kandungan yang baik untuk menjaga tubuh dari penyakit asam urat. Konsumsilah buah sirsak secara rutin dan teratur.

 Buah sirsak bila kita tahu cara pengolahannya ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Itulah wacana Manfaat Buah Sirsak bagi kesehatan. Baca juga artikel perihal Wasir Dan Cara Mengobatinya Secara Alami dan Sejuta Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan.

Tampilkan Komentar