Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 10, 2019
Buah pare bermanfaat untuk mengatasi diabetes, pencegah kanker, baik bagi ibu hamil, menyehatkan jantung, obat asma, meingkatkan sistem kekebalan tubuh.


Buah Pare
Manfaat Buah Pare bagi Kesehatan (sumber : google.com)
 Pada artikel sebelumnya telah kita bahas mengenai manfaat dari daun pare bagi kesehatan. Pada artikel tersebut terungkap bahwa daun pare mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan badan. Pada artikel kali ini yang akan kita bahas yaitu mengenai manfaat dari buah pare bagi kesehatan. Selain daun pare ternyata buah pare juga tidak kalah baiknya akan manfaat bagi kesehatan.

 Buah pare merupakan salah satu buah yang cukup populer di telinga kita. Buah pare ini sering dijadikan sebagai sayuran ataupun sebagai lalap. Rasa yang pahit merupakan ciri khas dari buah pare. Namun walaupun mempunyai rasa yang pahit tidak sedikit yang sangat menggemari buah pare ini. Selain dimanfaatkan sebagai sayuran, buah pare juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Berbagai penyakit mampu diobati menggunakan buah pare sebagai obat tradisional alami yang ampuh. Manfaat yang dikenal dari buah pare bagi kesehatan antara lain membantu mengurangi resiko gejala kanker, menyehatkan kulit, baik bagi kekebalan badan, antibiotik, menurunkan diabetes dan masih banyak lagi sehingga buah pare sudah banyak diolah dan dimanfaatkan dalam dunia kesehatan.

 Buah pare (momordica charantia) asal mulanya yaitu dari India dan seiring perkembangan zaman menyebar ke aneka macam negara termasuk Indonesia. Buah pare sendiri banyak ditemukan dan tumbuh subur di Asia, Karibia serta Afrika. Tanaman ini merupakan tumbuhan dari famili cucurbitaceae yang tumbuh merambat. Buah pare sendiri ukurannya seakan-akan blustru atau mentimun namun pada bagian permukaannya bergigi. Jika masih muda buah pare berwarna hijau sedangkan jikalau sudah tua berwarna kuning dan bijinya diselimuti seperti lendir berwarna merah dengan rasa manis. Pada umumnya buah pare dipanen ketika masih muda yaitu dimanfaatkan untuk sayuran seolah-olah di tumis, di buat adonan siomay, gado gado maupun dijadikan sebagai lalapan. Tanaman ini sering dijumpai dipekarangan rumah, sawah, atau palawija dan pada petumbuhannya memerlukan kontribusi untuk merambat seperti pohon atau pagar. Ciri yang paling khas dari buah pare yaitu rasanya yang pahit.

 Pare mengandung banyak sekali unsur kimia yang sangat baik bagi kesehatan. Berbagai kandungan tersebut terdapat dalam buah pare bukan asal namun hasil penelitian dari para ahli kesehatan. Unsur unsur dalam buah pare yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, serat, energi, karbohidrat, air, zat besi, protein, lemak. Unsur unsur tersebut sangat diharapkan oleh badan dan mampu mengatasi berbagai penyakit yang menyerang badan kita. Sehingga buah pare termasuk kedalam salah satu tanaman obat tradisional alami.

 Berikut Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Terkena Kanker
 Radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker. Untuk menghancurkan radikal bebas yang memicu kanker yaitu dengan antioksidan. Buah pare mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sanggup dijadikan sebagai alternatif obat tradisional alami untuk mencegah terkena kanker. Konsumsilah buah pare secara teratur agar menerima hasil yang diinginkan.

2. Menyehatkan Jantung
 Kolesterol jahat yang terdapat dalam darah mampu menimbulkan resiko terkena penyakit jantung. Kolsterol jahat tersebut akan menghambat arteri di jantung sehingga aliran darah menjadi tidak normal. Buah pare diyakini mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah karena terdapat kandungan kimia yang sanggup menurunkan kolesterol jahat tersebut.

3. Menyehatkan Kulit
 Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah pare mampu menjaga kulit tetap sehat dan manis. Buah pare juga mampu mengembalikan kulit menjadi bersinar dan halus akhir terbakar oleh sinar matahari.

4. Mengobati Diabetes
 Buah pare juga bisa dijadikan salah satu obat alternatf tradisional alami untuk mengatasi kasus diabetes. Buah pare mengandung unsur charntin yang sangat tinggi yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Buah pare juga mampu membantu terjadinya penurunan kadar gula dalam darah secara drastis serta membantu penggunaan kadar gula dalam proses metabolisme tubuh. Namun perlu diperhatikan dikala memanfaatkan buah pare untuk mengatasi diabates tidak dianjurkan mengonsumsi secara bersamaan dengan obat lain untuk mengatasi diabetes. Jika hal itu dilakukan mampu membahayakan kondisi tubuh.

5. Obat Asma
 Zat yang ada dalam buah pare yaitu ekspektoran, supresan, antivirus, antihistamin serta anti inflamasi mampu membantu mengatasi perkara penyakit asma serta penyakit pernafasan lainnya. Selain itu rasa pahit buah pare diyakini mampu memperlebar susukan pernafasan. Untuk menerima hasil yang maksimal serta menjaga kesehatan pernafasan konsumsilah buah pare sebelum tidur.

6. Anti Nyamuk
 Dengan mengonsumsi buah pare secara teratur dan sering dapat menjadikan sebagai anti nyamuk. Nyamuk tidak akan menggigit lantaran darah yang sering mengonsumsi buah pare mengandung zat buah pare serta menimbulkan rasa pahit sehingga nyamuk tidak akan menggigit.

7. Sebagai Kekebalan Tubuh
 Tubuh yang kurang sistem kekebalannya bukan tidak mungkin akan simpel terkena banyak sekali penyakit. Untuk itu haruslah ada peningkatan kekebalan tubuh supaya badan akan besar lengan berkuasa dan tidak mudah terkena penyakit. Buah pare mampu dijadikan sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena buah pare termasuk kedalam buah yang mengandung berbagai unsur antioksidan yang berbeda beda.

8. Melancarkan Pencernaan Untuk Ibu hamil
 Saat seorang perempuan hamil banyak yang mengeluh akan kasus pencernaan. Mereka sering mengeluh terganggu kasus pencernaaannya dan BAB tidak lancar. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya asupan serat yang tinggi. Buah pare bisa dijadikan sebagai obat tradisional alami karena mengandung serat yang cukup tinggi. Makara disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi buah pare setiap hari semoga terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

 Catatan :
- Wanita sedang menstubasi dan yang sedang hamil tidak dianjurkan mengonsumsi buah pare lantaran mampu menimbulkan pendarahan dikala menstrubasi secara berlebihan
- Penderita diabetes tidak dianjurkan memanfaatkan buah pare untuk obat diabetes diminum bersamaan dengan obat diabetes lainnya lantaran mampu menimbulkan resiko penurunan kadar gula secara drastis
- Menderita sakit kepala, demam, anemia, serta sakit perut diusahakan dihentikan mengonsumsi buah pare lantaran mampu menimbulkan pengaruh yang kurang baik.

 Buah pare mempunyai manfaat yang melimpah namun juga mempunyai pengaruh bagi beberapa orang orang tertentu. Sehingga jikalau akan memanfaatkan buah pare alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Selain buah pare, Kulit Manggis juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Tampilkan Komentar