Manfaat Buah Gandaria Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 22, 2019
 Pada artikel kali ini akan dibahas ihwal manfaat buah gadaria bagi kesehatan tubuh. Karena yang diketahui bahwa buah gandaria ini dring dimanfaatkan sebagai bahan minuman segar, es campur atau minuman segar lainnya. Padahal dibalik itu semua tersimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Gandaria Bagi Kesehatan

 Untuk sebagian orang mungkin kurang mengenal atau tidak tahu sama sekali apa itu buah gandaria. Dan untuk sebagain orang apalagi orang ambon tidak abnormal lagi dengan buah gandaria ini. Karena buah gandaria ini badan kusur di wilayah Ambon.

 Buah gandaria mempunyai bentuk seakan-akan buah mangga namun kecil. Biji buah gandaria ini berwarna ungu. Pada umumnya buah gandaria sering dibentuk asinan, minuman dingin, atau materi gabungan minuman lainnya.

 Dalam buah gandaria terkandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam buah gandaria tergolong cukup tinggi. Kandungan yang paling tinggi dari buah gandaria ialah air. Kandungan air dalam buah gandaria lebih dari 50%. Selain air masih terdapat kandungan lainnya yang nilainya cukup tinggi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dalam 100 gram buah gandaria terkandung air 86.6 g, karbohidrat 11.3 g, serat 150 mg, vitamin C 100 g, beta karoten 23 g, lemak 20 g, kalsium 9 g, fosfor 4 g, thiamine 0.11 g, niacin 0.5 g, riboflavin 0.5 g, zat besi 0.3 g.

 Berikut beberapa manfaat dari buah gandaria bagi kesehatan badan :

1. Mengeluarkan Racun
Buah Gandaria merupakan salah satu buah yang banyak sekali mengandung air. Dalam 100 gram buah gandaria sekitar 80%an ialah air. Makan buah gandaria secara baik, akan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Asupan air yang cukup dalam tubuh akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh bersama keringat serta urine. Kaprikornus sering mengonsumsi buah gandaria akan membantu menetralisir racun dalam tubuh secara baik.

2. Mengobati Sariawan
 Dalam buah gandaria terdapat vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini sangat baik untuk mengobati penyakit sariwan. Karena salah satu faktor utama yang menimbulkan penyakit sariawan yaitu kurangnya asupan vitamin C. Konsumsilah buah gandaria secara teratur agar penyakit sariawannya sembuh serta kebutuhan vitamin C dalam badan dapat terpenuhi dengan baik. Mengonsumsi buah gandaria ini selain mengobati sariawan juga bisa mencegah penyakit sariawan muncul kembali.

3. Menyehatkan Mata
 Mengonsumsi buah gandaria secara rutin juga mampu menyehatkan mata. Buah gandaria ini mengandung beta karoten yang cukup tinggi yang memang dibutuhkan oleh mata. Beta karoten yang terdapat pada buah gandaria akan cepat berkembang menjadi vitamin A sesudah dikonsumsi. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin A maka secara otomatis kesehatan mata mampu terjaga dengan baik.

4. Mengatasi Susah Buang Air Besar
 Kekurangan serat serta air mampu menimbulkan kasus susah BAB. Hal itu diakibatkan proses perembesan pada sistem pencernaan lambat sehingga sisa makanan susah keluar ditambah lagi air yang kurang menyebabkan sisa kuliner menjadi keras. Untuk mengatasi susah BAB cobalah mengonsumsi buah gandaria. Buah gandaria ini akan melancarkan BAB dengan baik karena buah gandaria mengandung serat serta air yang diharapkan dalam proses pencernaan.

5. Menyehatkan Kulit
 Ingin kulit tetap sehat serta kelihatan elok?. Semua orang pasti jawabannya mau karena kulit merupakan lapisan terluar tubuh yang mempunyai banyak fungsi baik itu sebagai pelindung maupun menanmbah percaya diri seseorang. Banyak sekali cara untuk membuat kulit tetap sehat dan bagus baik itu perawatan secara alami maupun modern. Salah satu cara yang kondusif dan alami untuk menjaga kesehatan kulit yaitu dengan mengonsumsi buah gandaria secara rutin. Buah ini mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
 Mengonsumsi buah gandaria secara rutin juga mampu meningkatkan daya tahan badan. Air yang terkandung dalam buah gandaria akan membantu mempercepat absorpsi zat besi. Selain itu zat besi dalam buah gandaria ini juga sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh haruslah tetap terjaga dengan baik sehingga tubuh akan besar lengan berkuasa melawan serangan virus dan bakteri.

7. Membantu Mempercepat Penyembuha Luka
 Vitamin C yang terdapat pada buah gandaria selain ampuh sebagai obat sariawan, juga sangat baik dalam membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain vitamin C buah gandaria juga mengandung protein yang dimana ke dua zat tersebut membantu menciptakan stimulus pembentukan sel sel baru. Dengan demikian maka proses penyembuhan luka dapat terjadi dengan cepat.

8. Mencegah Penyakit Diabetes
 Untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes cobalah mengonsumsi buah gandaria secara rutin. Buah gandaria ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dalam sebuah studi di Amerika tepatnya di American Medical Association (12-02-1997) mengatakan bahwa serat yang simpel larut dalam air mampu mencegah timbulnya penyakit diabetes. Nah kandungan serat dalam buah gandaria ialah termasuk kedalam jenis serat yang mudah larut pada air. Sehingga mengonsumsi buah gandaria secara rutin akan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

 Buah gandaria ini memiliki rasa yang asem manis atau kecut. Makara bila ingin memakan buah gandaria usahakan diolah terlebih dahulu supaya rasanya lebih yummy meskipun buah gandaria ini mampu dimakan secara eksklusif. 

 Diatas merupakan manfaat yang mampu disampaikan mengenai Manfaat Buah Gandaria bagi kesehatan. Jika ada yang kurang mohon ditambahkan pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah.

Tampilkan Komentar