Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 08, 2019
Anda pasti mengenal arti yang namanya Edi brokoli. Dia merupakan salah satu artis yang sudah popular. Yang paling mencolok dari Edi brokoli yaitu gaya rambutnya yang ibarat tanaman Brokoli sehingga disebut Edi brokoli. Nah sepintas telah diterangkan dari artis tersebut sebagai salah satu ciri dari tanaman brokoli. Untuk mengenal lebih jauh perihal Brokoli beserta manfaatnya bagi kesehatan yuk kita simak pembahasan berikut ini.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh (Sumber : google.com)

Brokoli adalah sayuran yang termasuk kedalam suku brassicaceae (kubis-kubisan). Nama ilmiah dari brokoli ialah brassica oleracea L. Brokoli sendiri mirip kembang kol namun yang membedakan antara brokoli dan kembang kol adalah dari warnanya. Kalau kembang kol berwarna putih sedangkan brokoli berwarna hijau. Hampir semua kepala bunga brokoli dikelilingi daun dan kepala bunga tersusun rapat oleh batang tebal. Warna bunga brokoli sangat khas yaitu berwarna hijau.
Sekitar tahun 1970an tanaman brokoli mulai masuk dan diperkenalkan di Indonesia. Brokoli sendiri berasal dari tempat laut tengah yang lalu tersebar luas sampai ke Indonesia. Tumbuhan ini tumbuh subur di tempat pegunungan dan dingin dengan tekstur tanah yang kering namun subur. Di Indonesia brokoli banyak dibudidayakan seakan-akan di Malang, Lembang. Brokoli sendiri merupakan salah satu sayuran yang banyak ditemukan di perkotaan dan sering diidentikan sebagai sayuran berkelas menengah ke atas.

Dari tahun ke tahun pemberdayaan brokoli di Indonesia semakin meningkat seiring permintaan pasar yang banyak. Hal itu bukan tanpa alasannya lantaran selain lezat untuk dimakan brokoli juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Brokoli diyakini merupakan salah satu tanaman yang kayak akan nutrisi nabati. Penyakit seperti stroke atau kanker prostat mampu dicegah dengan mengonsumsi brokoli secara teratur. Kandungan nutrisi dalam brokoli jumlahnya banyak dan tinggi sehingga brokoli pantas disebut kayak akan nutrisi. Kandungan nutrisi dalam brokoli antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, roboflavin, asam pantotenat, niacin, folat, thamin, pyridoxine, mangan, selenium, zinc, kalsium, sodium, kalium, besi, magnesium, tembaga, serat, lemak, karbohidrat, protein, energi, lutein-zeaxanthin, kariten.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

1. Miningkatkan Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh yang menurun akan mempermudah virus atau kuman meyerang tubuh sehingga banyak sekali penyakit akan tumbuh. Untuk menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalan vitamin C. Brokoli bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga serta meningkatkan kekebalan tubuh kerana dalam brokoli terkandung vitamin C yang tinggi.

2. Menyehatkan Mata
Brokoli mengandung vitamin A yang terbilang tinggi. Semua tahu bahwa vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan mata. Maka dari itu dengan mengonsumsi brokoli secara teratur akan mampu menjaga serta menyehatkan mata kita. Mata kita akan tetap sehat dan terhindar dari banyak sekali penyakit yang sering terjadi pada mata.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Selain menjaga kesehatan mata, brokoli juga mampu menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Glucoraphanin yang terdapat pada brokoli sanggup menyehatkan dan mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu zat tersebut membantu dalam memperbaiki kulit yang diakibatkan sinar matahari.

4. Mencegah Kanker
Kanker usus, kanker prostat, kanker kemih, kanker payudara dan kanker prankreas merupakan jenis jenis kanker yang mampu iatasi dengan brokoli. Fakta itu buakn tanpa sumber terpercaya. Dalam sebuah studi di University of illinois telah melaksanakan penelitian dan hasil dari penelitian tersebut terungkap bahwa brokoli mampu menjadi alternatif untuk mengatasi kanker tersebut. Karena dalam brokoli yang masih segar terkandung unsur unsur yang sanggup mengatasi kasus kanker. Unsur unsur tersebut iantaranya zea-xanthin, beta-karoten cryptoxanthin, lutein, indoles, tiosianat, isothiocyanate dan sulforaphane. Sehingga brokoli sanggup mengatasi masalah kanker.

5. Menyehatkan Kulit
Ternyata dengan mengonsumsi brokoli secara teratur dapat menciptakan tulang menjadi sehat serta terhindar dari aneka macam kasus yang menyerang tulang. Kalsium serta vitamin K yang terdapat pada brokoli akan membuat tulang tetap sehat serta menjaga tulang dari berbagai perkara. Maka sering seringlah mengonsumsi brokoli semoga menerima manfaat yang maksimal bagi tulang.

6. Mencegah Serangan Penyakit Jantung
Banyak sekali tanaman obat yang mampu menjadi pencegah terkena penyakit jantung dan salah satunya yaitu brokoli. Brokoli juga mampu dijadikan alternatif untuk mencegah terkena penyakit jantung alasannya dalam brokoli terkandung senyawa glucoraphanin yang baik bagi jantung.

7. Sumber Mineral
Mineral merupakan suatu unsur yang sangat diperlukan bagi tubuh kita. Karena mineral sangat diperlukan oleh tubuh maka kita harus sering mengonsumsi kuliner yang mengandung mineral semoga pasokan mineral dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Brokoli bisa menjadi salah satu alternatif yang baik untuk memasok mineral pada tubuh lantaran brokoli kaya akan aneka macam mineral yang diperlukan oleh tubuh kita.

8. Baik Untuk Diet
Jika anda ingin menurunkan berat tubuh (diet), cobalah mengganti kuliner yang bisa menambah berat badan dengan brokoli. Kandungan serat dalam brokoli mampu membuat anda menjadi kenyang lebih usang dan dengan demikian mampu membantu dalam proses diet. Selain kayak akan serat brokoli juga merupakan tanaman yang rendah karbohidrat.

9. Menyeimbangkan Tekanan Darah
Brokoli juga mengandung unsur potasium yang sanggup mengontrol tekanan darah secara baik. Selain potasium brokoli juga mengandung natrium yang tinggi yang berfungsi menyeimbangkan tekanan darah serta menjaga sistem saraf.

10. Mencegah Sambelit
Serat yang terkandung pada brokoli selain baik untuk diet juga bisa menjadi obat untuk mencegah penyakit sambelit. Cegahlah semenjak dini perkara sambelit dengan cara mengonsumsi brokoli.

Setelah membaca artikel iatas maka kita semakin tahu bahwa brokoli begitu bermanfaat bagi kesehatan. Berbagai perkara yang menyerang tubuh bisa diatasi dengan brokoli tersebut. Namun, selain bermanfaat bagi kesehatan brokoli juga mempunyai imbas samping yang kurang baik bagi kesehatan. Efek samping dari brokoli yaitu jika kita mengidap kasus dengan disfungsi tiroid sebaiknya jangan mengonsumsi brokoli atau konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Jika mengalami disfungsi tiroid dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid sehingga tidak beliaunjurkan bagi orang yang mengalami masalah dengan disfungsi tiroid.

Untuk memanfaatkan brokoli mampu dilakukan dengan berbagai cara sesuai kesukaan kita bisa ditumis, direbus, dioseng, dicampur dengan sayuran lain serta masih banyak lagi cara pengolahannya. Namun untuk menjaga kandungan nutrisi dalam brokoli biar tetap tinggi alangkah baiknya bila mengolah brokoli dengan cara direbus. Cara merebus brokoli yang baik yaitu sekitar 5 menit saja. Dengan demikian kandungan nutrisi yang ada dalam brokoli tidak akan hilang.

Brokoli memang termasuk kedalam sayuran mahal serta bisa dibilang masih langka. Namun demikian brokoli mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Usahakan agar kita mengonsumsi brokoli supaya mampu manfaat yang baik dari brokoli. Jangan takut akan harga brokoli yang lebih mahal dibanding sayuran lainnya. Namun ingat kesehatan lebih mahal dibanding apapun. Semoga artikel perihal Manfaat Brokoli semakin menciptakan kita lebih menyukai tanaman obat tradisional.

Tampilkan Komentar