Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 28, 2019
 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan, Kecantikan, Baik Bagi Ibu hamil, Mengatasi Kanker, Mencegah Diabetes.

Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan
Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan
Kuaci atau lebih tepatnya biji bunga matahari merupakan salah satu kuliner yang sering menjadi temen nonton atau temen nongkrong sebagai cemilan yang yummy. Biji bunga matahari ini banyak digemari lantaran mempunyai rasa yang gurih dan renyah meskipun bentuknya kecil dan untuk memakan dagingnya agak sedikit sulit. Mungkin cara menerima daging bunga biji matahari ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Selain sebagai cemilan, biji bunga matahari ini bermanfaat bagi kesehatan, sebagai tumbuhan obat berbagai penyakit.

Pertama-tama sepintas kita mengenal dahulu ihwal biji bunga matahari sebelum mengenal perihal manfaatnya bagi kesehatan. Biji bunga matahari atau popular dengan sebutan kuaci mempunyai nama ilmiah helianthus annuus L. Disebut biji bunga matahari lantaran berasal dari bunga matahari. Bunga matahari ini menghsailkan benih berwarna hitam dengan garis putih yang disebut biji bunga matahari. Biji bunga matahari ini diolah sehingga ketika dimakan rasanya yummy, gurih serta renyah.

Biji bunga matahari bisa dijadikan sebagai tumbuhan obat untuk banyak sekali penyakit yang menyerang badan dikarenakan dalam biji bunga matahari ini tersimpan banyak sekali zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat yang terkandung dalam biji bunga matahari antara lain vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin E, seng, tembaga, lemak, mangan, fosfor, magnesium serta selenium. Kesemua zat tersebut sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Lemak yang terkandung dalam biji bunga matahari ini merupakan lemak baik (HDL) sehingga makan biji bunga matahari dapat menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh.

Berikut merupakan manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan badan

1. Mencegah Resiko Terkena Penyakit Diabetes
Asupan gula berlebih dalam badan mampu berbahaya dan menyebabkan timbulnya penyakit kelebihan kadar gula dalam darah yang sangat dihindari. Jika terkena penyakit ini maka tubuh akan mengalami penurunan berat serta daya tahan badan berkurang dan mampu berakibat fatal. Selain itu penyakit ini juga mampu menimbulkan penyakit lainnya. Untuk itu cegah asupan gula berlebih sedini mungkin biar terhindar dari kelebihan kadar gula dalam darah. Biji bunga matahari mampu menjadi asupan yang baik untuk mencegah resiko terkena penyakit tersebut. Ganti cemilan anda dengan biji bunga matahari lantaran berkadar gula rendah. Dengan demikian resiko terkena penyakit tersebut sangat kecil.

2. Antioksidan Yang Baik
Di zaman sekarang ini sebagian lingkungan sekitar kita sudah terkontaminasi oleh berbagai hal yang berakibat jelek bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali pencemaran lingkungan seolah-olah polusi udara, limbah pabrik, sampah dan lain lain. Kesemua itu mampu berdampak tidak baik bagi tubuh terutama adanya radikal bebas. Radikal bebas mempunyai efek terjadinya mutasi sel serta sel mengalami kerusakan. Mengonsumsi biji bunga matahari secara rutin ternyata mampu mencegah tubuh terkena radikal bebas karena biji bunga matahari ini sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam biji bunga matahari akan menjadi benteng badan dari serangan radikal bebas.

3. Menyehatkan Kulit
Biji bunga matahari atau kuaci dipercaya sanggup menyehatkan kulit. Banyak orang-orang yang menyampaikan hal tersebut sehingga mereka mengonsumsi biji bunga matahari sebagai cemilan. Hal tersebut bisa dibenarkan lantaran biji bunga matahari mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E sudah tidak diragukan akan manfaatnya yang baik bagi menjaga kesehatan kulit. Makara mengonsumsi biji bunga matahari benar adanya yaitu sanggup menjaga kesehatan kulit khususnya dari efek radiasi sinar matahari.

4. Cemilan Sehat Bagi Jantung
Manfaat selanjutnya dari biji bunga matahari yaitu sebagai cemilan yang menyehatkan jantung. Vitamin E selain baik untuk kesehatan kulit, juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini akan mencegah oksidasi kolesterol yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan demikian maka arteri tidak akan mengalami penyumbatan dan terhindar dari penyakit jantung.

5. Membantu Proses Pertumbuhan
Jika anda masih dalam proses pertumbuhan, cobalah mengonsumsi biji bunga matahari secara rutin. Biji bunga matahari ini diyakini membantu pertumbuhan tubuh sehingga pertumbuhan badan akan maksimal. Biji bunga matahari baik dalam pertumbuhan lantaran biji bunga matahari mengandung protein yang cukup. Protein memang sangat dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan.

6. Menyehatkan Otak
Manfaat biji bunga matahari ternyata masih banyak dan salah satunya adalah menyehatkan otak. Biji bunga matahari ini mengandung nutrisi yang banyak yang dibutuhkan tubuh. Salah satu nutrisi yang terkandung adalah folat. Folat yaitu suatu nutrisi yang dibutuhkan oleh otak yaitu membantu fungsi otak serta menyehatkan otak. Kandungan folat dalam biji bunga matahari cukup tinggi sehingga jikalau mengonsumsi biji bunga matahari secara rutin maka otak akan tetap terjaga kesehatannya.

7. Mencegah Penyakit Kanker
Biji bunga matahari sanggup mencegah seseorang terkena penyakit kanker. Penyakit kanker adalah penyakit yang mempunyai resiko berbahaya bagi tubuh. Penyakit kanker ini banyak sekali penyebabnya. Biji bunga matahari mengandung zat selenium yang cukup tinggi yang sanggup mencegah terjadinya penyakit kanker. Menurut para mahir, asupan selenium yang baik dapat mencegah timbulya penyakit kanker karena salah satu faktor penyebab penyakit kanker ialah kurangnya asupan selenium. Jadi untuk memasok selenium bagi tubuh konsumsilah biji bunga matahari secara rutin lantaran selenium yang terkandung cukup tinggi.

8. Pelindung Syaraf
Syaraf adalah cuilan dari anggota badan serta mempunyai fungsi yang sangat vatal. Sehingga bila kesehatan syaraf terganggu bisa menimbulkan dampak jelek bagi tubuh. Untuk melindungi syaraf biar terhindar dari berbagai masalah yaitu dengan asupan vitamin B1 yang cukup. Karena vitamin B1 ini akan menguatkan lapisan syaraf yang disebut dengan myelin syaraf. Cobalah konsumsi biji bunga matahari secara teratur lantaran biji bunga matahari mempunyai kandungan vitamin B1 yang cukup tinggi.

9. Baik Bagi Tulang
Biji bunga matahari juga sangat bagi untuk menjaga kesehatan tulang. Sehingga tulang mampu tetap sehat serta terhindar dari banyak sekali perkara seakan-akan osteoporosis. Agar tulang tetap sehat diperlukan asupan fosfor serta magnesium yang cukup. Karena kedua zat tersebut membantu mencegah serta melindungi tulang dari aneka macam kasus. Kedua zat tersebut terkandung dalam biji bunga matahari. Untuk itu konsumsilah biji bunga matahari agar tulang tetap terjaga kesehatannya.

10. Menyehatkan Rambut
Manfaat lain dari biji bunga matahari ialah menjaga rambut agar tetap sehat. Jika mengalami perkara pada rambut seperti kurang subur, mengalami kerontokan dan hal lainnya maka konsumsilah biji bunga matahari secara rutin. Karena biji bunga matahari mengandung zat besi dan seng yang diperlukan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi biji bunga matahari dapat mengatasi berbagai perkara pada rambut sehingga rambut tetap sehat.

Gantilah cemlan anda dengan biji bunga matahari. Karena selain rasanya yang enak, baik sebagai cemilan juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan badan. Manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan tubuh bisa langsung didapat tanpa ada proses terlebih dahulu. Biji bunga matahari ini gampang didapat dan banyak diperjualbelikan di warung-warung dengan harga yang sangat terjangkau.

Semoga artikel ihwal Manfaat Biji Bunga Matahari ini semakin menambah wawasan wacana Tanaman Obat. Jika ingin menambahkan manfaat biji bunga matahari atau ingin berkomentar tentang artikel ini silahkan pada kolom komentar yang telah tersedia.

Tampilkan Komentar