Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 25, 2019
 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Antara Lain Tomat, Brokoli, Wortel, Bayam, Alpukat, Ikan Salmon, Bawang Putih, Telur.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata
Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

 Mata merupakan salah satu indera pada badan sebagai indera penglihatan. Mata sendiri yaitu indera yang mampu menciptakan kita mengetahui semua baik warna, pemandangan, orang dan sebagainya. Sehingga mata harus dijaga sebaik mungkin akan kesehatannya. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tanaman obat untuk menjaga kesehatan mata.

 Mata terdiri dari aneka macam bagian yang mempunyai fungsi serta peran yang berbeda-beda. Jika salah satu penggalan dari mata tersebut mengalami ganguan, maka mata tidak mampu berfungsi maksimal karena kepingan mata menjadi satu kesatuan yang menunjang fungsi mata satu dengan yang lainnya. Bagian-bagian mata tersebut bekerja bantu-membantu sehingga otak dapat mencerna cahaya yang dilakukan oleh system syaraf. Bagian-bagian mata yaitu :
- Kornea mata berfungsi sebagai akseptor cahaya eksklusif dari sumber cahaya karena berada paling luar   dan meneruskannya kebagian pupil.
- Pupil adalah pecahan mata yang mendapat cahaya dari kornea serta meneruskan cahaya tersebut ke pecahan lensa mata. Pupil sendiri mempunyai fungsi sebagai penentu kuantitas cahaya yang masuk.
- Lensa mata adalah pecahan mata yang berfungsi sebagai mengatur fokus cahaya supaya cahaya yang masuk dari pupil diteruskan tepat jatuh pada bintik kuning retina.
- Retina yaitu potongan mata yang meneruskan cahaya eksklusif ke saraf optik. Retina ini merupakan belahan mata yang paling peka terhadap cahaya.
- Saraf optik ialah potongan mata yang bekerjasama langsung dengan otak.
- Sklera yaitu penggalan mata yang berwarna ptiuh.

Mata sangatlah rentan terhadap aneka macam masalah. Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang mata antara lain miopi, hipermetropi, presbiopi, katarak, buta warna, rabun ayam, kebutaan, astigmatis. Semua penyakit tersebut biasanya menyerang mata karena kurangnya menjaga kesehatan mata.

 Banyak sekali cara untuk menjaga kesehatan mata yaitu mulai dari periksa ke dokter, minum-minuman obat dan mengonsumsi kuliner-makanan yang bisa menjaga kesehatan mata. Nah untuk makanan yang bisa menjaga kesehatan mata, di bawah ini ada beberapa makanan yang mampu menjaga kesehatan mata.

 Berikut beberapa kuliner yang bisa menjaga biar mata tetap sehat antara lain :

1. Buah Tomat
 Buah tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sering dimakan. Buah ini selain dimakan langsung juga sering dijadikan sebagai bumbu atau materi masakan. Jika kita makan sop, soto pasti akan menemukan buah tomat. Buah tomat juga sudah populer akan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Kandungan dalam buah tomat yang begitu baik menimbulkan buah tomat menjadi salah satu yang banyak keuntungannya bagi badan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah tomat, membuat buah tomat sangat baik kalau dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Selain vitamin C, ada kandungan lain yang baik bagi mata antara lain lycopene, vitamin A. Konsumsilah buah tomat baik secara eksklusif atau dibuat campuran kuliner secara teratur agar kesehatan mata dapat terjaga.

2. Wortel
 Makanan selanjutnya yang mampu menjaga kesehatan mata adalah wortel. Wortel merupakan salah satu sayuran yang paling identik akan keuntungannya bagi kesehatan mata. Dalam wortel tersebut terkandung zat yang dinamakan betakaroten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Betakaroten tersebut lalu diubah menjadi vitamin A yang berfungsi menjaga mata tetap sehat. Untuk itu dianjurkan sekali mengonsumsi wortel secara teratur supaya mata tetap sehat terhindar dari aneka macam perkara.

3. Alpukat
 Mata membutuhkan sekali asupan vitamin A agar tetap sehat. Banyak sekali makanan yang menghasilkan vitamin A. Selain itu ada juga makanan yang baik bagi kesehatan mata namun tidak langsung memberi asupan vitamin A melainkan betakaroten. Betakaroten ini diubah terlebih dahulu didalam badan sehingga menjadi vitamin A yang baik untuk mata. Buah alpukat mampu memaksimalkan peresapan betakaroten oleh tubuh sehingga betakaroten tersebut terserap maksimal. Selain itu luteun juga terkandung dalam alpukat yaitu suatu zat yang bisa mencegah penyakit katarak.

4. Bayam
 Makanan selanjutnya yang baik untuk kesehatan mata ialah bayam. Bayam ini baik untuk menjaga kesehatan mata lantaran terkandung zat lutein, vitamin C serta zeaxanthin. Kaprikornus jikalau anda yaitu salah satu penggemar sayur bayam, maka bisa dipastikan mata anda terjaga kesehatannya. Untuk itu konsumsilah bayam untuk menjaga mata tetap sehat. Jika tidak doyan dengan sayur bayam, banyak juga cara lain untuk mengolah bayam.

5. Ikan Salmon
 Sementara itu ikan salmon juga selain bermanfaat untuk mencerdaskan otak, ternyata mampu juga menjaga kesehatan mata karena kandungan omega-3nya yang cukup tinggi. Omega-3 ini mampu mengatasi kekeringan pada mata sehingga mata akan tetap normal dan terjaga kesehatannya. Untuk itu konsumsilah ikan salmon secara rutin semoga mendapatkan hasil yang maksimal yaitu mata tetap sehat.

6. Kuaci (Biji Bunga Matahari)
 Anda penggemar berat cemilan kuaci?. Jika benar maka sama seperti saya juga penggemar berat cemilan ini. Cemilan ini cocok sekali menjadi teman saat sedang nonton bola maupun sedang nongkrong bareng sahabat. Dibalik itu semua, kuaci ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehtan mata. Kuaci mengandung berbagai vitamin seolah-olah vitamin B, vitamin E yang memiliki manfaat sebagai pencegah photophobia (sensitif terhadap cahaya) serta pencegah katarak. Selain kandungan vitamin, kuaci juga mengandung zinc dan selenium sebagai pencegah penyakit mata karena penuaan dan katarak. Maka jika kita sering ngemil kuaci sangat bermanfaat sekali akan kesehatan mata.

7. Coklat
 Jika mendengar kata coklat, maka yang terbayang hanya satu yaitu rasanya yang begitu lezat dan bakalan ketagihan. Coklat ini menjadi salah satu primadona kuliner dan banyak sekali olahan dari coklat. Di balik rasanya yang begitu yummy, tersimpan manfaat yang baik untuk menjaga mata tetap sehat. Coklat diyakini mampu memperkuat retina dan kornea mata kita alasannya adalah coklat mengandung flavonoid yang berfungsi menjaga pembuluh darah mata.

8. Brokoli
 Sayuran yang satu ini memang termasuk kedalam sayuran mahal. Kebanyakan brokoli ini dipasarkan di Swalayan atau pasar modern. Manfaat dari brokoli ini begitu melimpah dan salah satunya yaitu menjaga agar mata tetap sehat. Dalam brokoli ini terkandung zeaxanthin serta lutein yang mempunyai fungsi untuk mengatasi kasus mata yang peka terhadap cahaya. Konsumsilah brokoli meskipun harganya cukup lumayan supaya mata tetap terjaga kesehatannya.

9. Telur
 Untuk menjaga kesehatan kulit wajah telur mampu menjadi salah satu solusinya. Banyak yang sudah menerangkan akan manfaat telur untuk menghaluskan kulit. Telur juga mampu menjadi kuliner yang mampu menjaga kesehatan mata. Putih telur serta kuning telurnya juga sama-sama mengandung zat yang baik bagi kesehatan mata. Antioksidannya juga menjaga mata terhindar dari penyakit katarak.

10. Bawang Putih
 Bawang putih merupakan bumbu kuliner yang sering dipakai serta banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Dalam bawang putih banyak terkandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga pantas jikalau bawang putih kaya akan manfaat bagi kesehatan badan. Vitamin b, vitamin C banyak terkandung dalam bawang putih yang diperlukan oleh mata. Selain vitamin tersebut, bawang putih juga mengandung glutathione, selenium serta quercetin yang mempunyai peran penting untuk menangkal radikal bebas yang menyerang mata.

 Mata sangatlah vital sebagai indera pada tubuh. Karena dengan adanya mata tersebut kita bisa tahu segala hal. Maka dari itu jaga selalu kesehatan mata lantaran jika sudah terkena berbagai kasus kita sendiri yang akan rugi. Untuk menjaga kesehatan mata coba kuliner-makanan diatas untuk dijadikan sebagai kuliner yang menjadi kuliner pokok sehingga mata anda tetap sehat. Kunjungi juga artikel lainnya tentang Kulit Manggis Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan.

Tampilkan Komentar