Khasiat : Manfaat Kol Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 13, 2019
Kol merupakan salah satu sayuran yang tidak asing lagi ditelinga kita. Hal itu dikarenakan kol sering dijumpai dan banyak sekali penggemarnya. Jika kita suka dengan gorengan terutama bakwan, materi utamanya ialah menggunakan kol. Selain itu kol juga sering ditumis, adonan soto atau disop. Namun selain itu juga ternyata kol banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat kol bagi kesehatan marilah disimak bersama sama klarifikasi di bawah ini.

Khasiat : Manfaat Kol Bagi Kesehatan
Manfaat Kol bagi Kesehatan (sumber : google.com)

Kol atau sering juga disebut kubis merupakan salah satu sayuran yang berasal dari daratan Eropa Barat dan Eropa Selatan. Kol memiliki nama ilmiah Brassica oleracea l serta termasuk kedalam sayuran jenis Capatita. Kol memiliki bentuk yang khas ialah berbentuk bundar yang tersusun dari daun yang rapat. Di seluruh kepingan dunia ada sekitar 400 jenis varietas dari kol yang dibudidayakan. Kol sendiri sangat baik bagi kesehatan lantaran mengandung berbagai unsur yang diharapkan oleh tubuh. Para andal kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsi kol sekitar 15% dalam sehari. Hal itu dikarenakan kol sangat baik untuk sistem pencernaan karena kandungan seratnya sangat tinggi. Untuk menerima manfaat yang maksimal dari kol yaitu dengan cara dimakan secara mentah alasannya adalah kandungan gizi dalam kol masih utuh.

Kandungan unsur dalam kol antara lain

Serat
Kalium
Vitamin A
Vitamin B kompleks
Vitamin C
Asam folat
Zat besi
Riboflavin
Energi
Kalsium
Protein
Karbohidrat
Gula
Magnesium
Lemak
Seng
Fosfor

Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh

1. Baik Bagi Tulang
Kandungan kalsium, magnesium serta kalium dalam kol sangat tinggi. Unsur unsur mineral tersebut sangat baik bagi kesehatan tulang dan sanggup menjaga tulang dari berbagai penyakit yang menyerang tulang. Dengan mengonsumsi kol secara teratur, tulang akan tetap terjaga kesehatannya dengan baik.

2. Anti Kanker
Kol termasuk kedalam jenis kubis-kubisan dan sudah tidak gila lagi bahwa sayuran jenis kubis-kubisan tersebut sangat baik untuk pencegah kanker. Kol mampu menjadi anti kanker yang baik lantaran mengandung zat yang sanggup membunuh sel kanker dalam tubuh. Kol akan menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh sehingga tubuh akan terlindungi dari banyak sekali radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kanker.

3. Obat Sakit Kepala
Kol juga sanggup dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi masalah sakit kepala. Kandungan zat dalam kol mampu mengatasi perkara sakit kepala tersebut. Banyak cara untuk mengatasi kasus sakit kepala menggunakan kol. Menggunakan daun kol dengan cara dikompreskan pada kepala atau daun kol dilumatkan kemudian ditempelkan pada dahi. Dan jika sakit kepala sudah terbilang parah mampu dengan cara dibuat jus.

4. Membantu Proses Pembentukan Sel Darah Merah
Dalam kol terkandung unsur zat besi yang sangat tinggi. Zat besi merupakan salah satu unsur yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Mengonsumsi kol secara teratur akan membantuk dalam proses pembentukan sel darah merah lebih produktif. Untuk hasil yang maksimal alangkah baiknya jikalau dikonsumsi bersama jus jeruk supaya absorpsi zat besi dari kol lebih efektif. Kol juga dapat mencegah terkena penyakit Anemia atau kekurangan darah.

5. Menyehatkan Mata
Selain manfaat diatas, kol juga ternyata mampu bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu dikarenakan dalam kol terkandung betakaroten yang tinggi yang baik untuk menjaga semoga mata tetap sehat. Betakaroten juga sanggup mencegah terjadinya penyakit mata seakan-akan katarak dan mampu menurunkan terkena kanker prostat. Kaprikornus alangkahkah baiknya jikalau mata ingin tetap sehat selalu mengonsumsi kol setiap hari secara teratur dan seimbang.

6. Baik Untuk Diet
Jika sedang melaksanakan diat (menurunkan berat badan) maka kol bisa menjadi asupan makanan yang baik. Karena kol mengandung unsur nutrisi, vitamin serta mineral yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga kol merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori. Makara kol mampu menjadi salah satu alternatif untuk melaksanakan diet secara alami.

7. Antioksidan
Kol mengandung unsur vitamin C yang cukup tinggi seperti buah-buahan. Vitamin C tersebut sanggup menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat menjaga supaya kulit tetap sehat serta terlindung dari aneka macam basil dan virus yang sering menyerang kulit.

8. Menjaga Tekanan Darah tetap Stabil
Kol bermanfaat juga untuk mengontrol tekanan darah tetap stabil. Kalium yang terdapat dalam kol mampu menurunkan serta menjaga keseimbangan tekanan darah agar tetap stabil. Sehingga dengan mengonsumsi kol secara teratur sanggup menjaga dan mengontrol tekanan darah.

9. Menyehatkan Kulit

Kol memang baik sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan tersebut mampu melindungi kulit dari kerusakan balasan radikal bebas. Dengan demikian kulit akan tetap sehat serta terhindar dari penuaan dini.

10. Obat Sambelit

Serat merupakan salah satu unsur nutrisi yang baik bagi pencernaan. Kol mengnadung serat yang tinggi sehingga kol baik untuk organ organ pencernaan serta mencegah supaya terhindar dari perkara sambelit.

Kol atau Kubis ternyata menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga tidak ada salahnya kalau menimbulkan kol sebagai obat tradisional alami dalam kehidupan sehari-hari. Selain menghasilkan manfaat yang baik bagi kesehatan, kol juga mudah didapat serta tergolong bernilai hemat. Itulah artikel yang mampu disampaikan mengenai manfaat kol bagi kesehatan. Semoga bermanfaat serta menambah ilmu wacana tumbuhan obat tradisional. Kunjungi juga artikel menarik lainnya yang sangat bermanfaat mengenai Buah Naga Yang Berkhasiat Bagi Kesehatan.

Tampilkan Komentar