Khasiat Jamur Kuping Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 07, 2019
 Jamur memang sudah tidak asing lagi di indera pendengaran kita dan sudah banyak dibudidayakan karena banyak sekali peminatnya. Jamur jika dimasak mempunyai rasa yang enak serta mempunyai rasa yang khas oleh karena itu jamur banyak sekali peminatnya. Jamur yang tumbuh di Negara kita terdiri dari banyak sekali jenis serta ada jamur yang mengandung racun berbahaya sehingga tidak mampu dikonsumsi. Selain manfaat jamur sebagai kuliner, jamur juga mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jikalau tahu cara memanfaatkannya. Salah satu jamur yang mempunyai manfaat bagi kesehatan ialah jamur kuping.

Jamur Kuping
Khasiat Jamur Kuping Bagi Kesehatan

 Jamur kuping merupakan jamur yang sering tumbuh di pohon baik yang pohon yang masih hidup maupun pohon yang telah mati. Jamur kuping sendiri merupakan tumbuhan dari kelompok jelly fungi serta termasuk dalam kelas basidiomycota dan mempunyai nama ilmiah Auricularia auricula. Pada umumnya jamur kuping sering dijumpai di kawasan pedesaan lantaran masih banyak pohon-pohon serta tumbuh subuh di kawasan tropis. Pada umumnya jamur kuping sering dimanfaatkan sebagai materi kuliner yang mampu diolah dengan berbagai cara. Dinamakan jamur kuping lantaran bentuk jamur ini hampir menyerupai dengan indera pendengaran insan sehingga jamur ini dinamakan jamur kuping.

 Menurut salah satu sumber menyebutkan bahwa di Cina jamur kuping diolah menjadi ramuan banyak sekali obat serta mengakibatkan jamur kuping sebagai salah satu tanaman obat andalan untuk mengatasi penyakit. Hal itu bisa dibenarkan lantaran jamur kuping mengandung berbagai unsur kimia yang berlimpah dan baik bagi kesehatan. Kandungan zat kimia dalam jamur kuping yaitu lemak, zat besi, karbohidrat, protein, energi, air, serat, niacin, thianin, riboflavin, vitamin C, magnesium, natrium, kalsium, fosfor, abu, kalium.Jika dilihat dari unsur yang terkandung dalam jamur kuping, maka memang benar jamur kuping mampu menjadi andalan untuk mengobati aneka macam penyakit.

 Kandungan dalam jamur kuping tersebut bisa dijadikan obat untuk mengatasi banyak sekali penyakit pada tubuh. Salah satu penyakit yang sering diobati memakai jamur kuping yaitu stroke. Lendir jamur kuping juga diyakini sanggup menetralkan racun yang terdapat pada tubuh atau menetralkan racun kuliner saat dimasak dengan cara memasukan jamur kuping tersebut bersama makanan yang akan dimasak.

 Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menetralkan Racun
 Racun dalam tubuh maupun dalam masakan bisa dinetralkan memakai jamur kuping. Lendir jamur kuping mampu menetralisir racun karena mengandung unsur kimia yang sanggup menetrasilis racun. Jika kita sedang abadk jamur kuping juga mampu menetralkan racun pada kuliner dengan cara mencampurkan jamur kuping tersebut pada dikala memasak. Untuk menerima lendir pada jamur kuping yaitu dengan cara memanaskan jamur kuping tersebut.

2. Menurunkan Tekanan Darah
 Tekanan darah yang tinggi memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Atasilah segera dengan menurunkan tekanan darah memakai jamur kuping. Cukup dengan mengonsumsi air rebusan jamur kuping diyakini mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal kembali.

3. Mencegah Penyakit Anemia
 Jika tubuh terasa lemas kemudian kepala pusing mungkin anda terkena anemia. Anemia terjadi salah satunya akibat asupan zat besi yang kurang. Zat besi memang menjadi salah satu faktor penting terjadinya anemia. Jamur kuping bisa menjadi salah satu alternatf untuk mencegah terjadinya penyakit anemia karena jamur kuping mengandung zat besi yang tinggi. Dengan mengonsumsi jamur kuping secara teratur maka dapat mencegah terjadinya penyakit anemia.

4. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dalam Tubuh
 Selain itu juga ternyata jamur kuping bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Caranya cukup mudah sekali yaitu dengan merebus jamur kuping selama satu jam kemudian air rebusan tersebut diminum secara teratur. Cara tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Melancarkan Peredaran Darah
 Ramuan yang dibentuk dari jamur kuping juga mampu dijadikan sebagai obat untuk melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah terganggu bukan tidak mungkin akan menimbulkan berbagai penyakit lantaran pasokan darah sangat dibutuhkan oleh seluruh anggota tubuh serta sirkulasi dalam tubuh tidak normal. Ramuan jamur kuping sangat baik kalau dikonsumsi oleh orang yang mempunyai perkara dengan darah yaitu darah kental. Makara bila mengalami darah kental cobalah atasi menggunakan ramuan yang terbuat dari jamur kuping.

6. Menyehatkan Paru Paru
 Paru paru kita juga bisa mengalami kekeringan. Jika hal itu terjadi mampu mengakibatkan penyakit yang berbahaya bagi paru paru. Jamur kuping sanggup mengatasi masalah kekeringan pada paru paru lantaran ada zat kimia yang terkandung dalam paru paru yang dapat mengatasi masalah tersebut.

7. Sebagai Sumber Kalsium & Kaya Akan Berbagai Gizi
 Kandungan kalsium pada jamur kuping 2 kali lipat lebih banyak dari pada kalsium yang terkandung dalam susu. Maka dari itu jamur kuping dikatajan sebagai sumber kalsium yang baik. Kalsium merupakan zat kimia yang baik bagi pertumbuhan sehingga jamur kuping sangat baik dikonsumsi untuk kurun pertumbuhan. Selain sebagai sumber kalsium, jamur kuping juga mengandung banyak sekali kandungan gizi yang tinggi. Kandungan gizi jamur kuping antara lain protein, vitamin C, karbohidrat, niacin, thianin, riboflavin.

8. Mencegah Tumor & Kanker
 Jamur kuping juga mampu dijadikan obat untuk mencegah terjadinya tumor dan kanker. Hal itu dikarenakan dalam jamur kuping tersimpan kandungan kimia yang dinamakan polisakarida yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kanker serta tumor pada tubuh.

 Untuk memanfaatkan jamur kuping bisa dengan berbagai cara diantaranya mampu dimasak sebagai lauk pauk atau juga bisa dibikin ramuan.

 Cara untuk meramu jamur kuping yaitu :

 Siapkan jamur kuping secukupnya kemudian dicucu sampai bersih. Kemudian jamur kuping tersebut direbus sampai benar benar mendidih. Angkat saring dan dinginkan. Minumlah ramuan jamur kuping tersebut secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 Nah sehabis membaca artikel diatas ihwal Manfaat Jamur Kuping biar bisa menambah wawasan tentang tanaman obat dan obat tradisional alami. Jamur kuping memang sudah tidak aneh lagi karena jikalau dimasak mempunyai rasa yang enak serta khas. Namun selain itu juga jamur kuping mempunyai manfaat yang tidak kalah hebatnya untuk kesehatan tubuh. Sehingga jika kita mengonsumsi jamur kuping mampu menerima beberapa manfaat selain manfaat untuk dikonsumsi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Tampilkan Komentar