Daun Alpukat Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 23, 2019
 Siang hari dikala terik matahari menyengat, ketika itu kita minum jus alpukat sangat nikmat sekali dan menyegarkan tentunya. Alpukat memang menjadi salah satu buah yang menjadi pavorit kalau dibentuk jus. Selain lezat dan menyegarkan buah alpukat juga banyak keuntungannya seakan-akan yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan. Pada artikel kali ini akan dibahas lagi manfaat dari tanaman alpukat tersebut yaitu mengenai daunnya. Memang tanaman alpukat banyak sekali keuntungannya seolah-olah artikel kali ini mengenai daunnya.

Manfaat Daun Alpukat Bagi Kesehatan
Gambar Daun Alpukat (Sumber : google.com)

 Tumbuhan alpukat awal mulanya berasalah dari benua Amerika yaitu tepatnya dari Negara Mexico serta Amerika Tengah. Pada perkembangannya tanaman ini banyak dibudidayakan menjadi perkebunan monokultur di Amerika Tengah dan Selatan. Di Negara kita sendiri tanaman ini banyak tumbuh di kebun-kebun atau dipekarangan rumah hanya sebagai untuk dikonsumsi saja. Tanaman alpukat yang sering dimanfaatkan ialah buahnya yaitu untuk makanan seakan-akan dibuat jus. Selain itu daunnya juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional alami.

 Daun alpukat memang sudah dimanfaatkan sejak dahulu abad sebagai salah satu obat tradisional yang ampuh. Daun alpukat berwarna hijau serta mempunyai panjang hingga 25 centimeter. Daun alpukat sendiri bersifat anti kuman, kelat memiliki rasa pahit serta bersifat sebagai peluruh kencing. Daun alpukat bisa dimanfaatkan untuk kesehatan mulai dari mengobati kencing kerikil hingga obat darah tinggi. Daun alpukat juga mampu menjadi penghambat tumbuhnya basil seakan-akan baccilus sp, pseudomonas sp, escherichea sp serta staphyloloccus sp. Dalam daun alpukat terkandung saponin, flavonoid serta alkaloid sehingga daun alpukat mampu dijadikan sebagai salah satu obat tradisional yang ampuh.

 Berikut manfaat serta cara penggunaan daun alpukat bagi kesehatan

1. Obat Darah Tinggi
 Darah tinggi juga bisa diobati menggunakan daun alpukat karena dalam daun alpukat terkandung zat yang mampu menurunkan darah tinggi.
Bahan : Daun alpukat 4 lembar
             Daun randu 5 tangkai
             Gula merah 2 jari
             Teki 3 rimpang
            Buah pela 1 buah
            Biji pinang ½ butir
 Caranya : Cuci higienis semua bahan kecuali gula merah. Setelah itu Rebuslah semua materi menggunakan air sebanyak 3 gelas. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 2 seperempat gelas saja dan angkat lalu saring. Minumlah ramuan tersebut 3 kali hari secara teratur dengan hukum minum ¾ gelas setiap kali minum sesudah masbodoh. Lakukan cara tersebut secara rutin supaya menerima hasil yang maksimal.

2. Obat Batu Ginjal
 Manfaat selanjutnya dari daun alpukat yaitu sebagai obat tradisional mengatasi watu ginjal. Jika mengalami watu ginjal cobalah obati memakai daun alpukat. Caranya cukup mudah yaitu siapkan daun alpukat sebanyak 7 lembar kemudian dicuci hingga bersih. Kemudian daun alpukat tersebut diseduh dengan air panas sebanyak 100 ml. Saring ramuan tersebut supaya terpisah antara daun alpukat dan airnya. Minumlah ramuan tersebut 2 kali seharai yaitu pagi dan sore hari secara teratur hingga watu ginjalnya keluar.

3. Mengatasi Sakit Kepala
 Sakit kepala memang sangat mengganggu. Sakit kepala banyak macamnya mulai migran, sakit kepala ringan hingga sakit kepala seakan-akan 7 keliling. Atasilah sakit kepala tersebut memakai daun alpukat. Siapkan beberapa lembar daun alpukat kemudian seduh dengan air panas sebanyak segelas. Saring dan setelah hambar minumlah ramuan tersebut sampai habis.

4. Mengatasi Sakit Perut
 Jika mengalami sakit perut tidak ada salahnya mencoba pengobatan secara tradisional menggunakan daun alpukat.
Bahan : Daun alpukat 5 gram
             Daun pegagan 6 gram
             Akar temu kelinci 5 gram
             Kunyit 6 gram
 Caranya : Bersihkan semua materi tersebut dengan cara dicuci. Setelah itu materi materi tersebut direbus dengan air sebanyak 100 ml sampai benar benar mendidih. Angkat saring dan dinginkan. Minumlah ramuan tersebut sehari sekali hingga habis.

5. Obat Sakit Pinggang
 Siapkan daun alpukat sebanyak 5 lembar lalu cuci bersih. Setelah itu daun alpukat tersebut direbus menggunakan air sebanyak 2 gelas. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa setengahnya. Biarkan selama 1 malam lalu angkat dan saring. Pada esok harinya air rebusan tersebut diminum hingga habis serta lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur.

6. Mengatasi Nyeri Lambung
 Atasilah nyeri lambung menggunakan daun alpukat. Karena berdasarkan penelitian daun alpukat bisa dijadikan sebagai obat tradisional alami untuk mengatasi nyeri lambung. 5 lembar daun alpukat dicuci higienis lalu direbus memakai air 100 ml hingga mendidih. Setelah itu angkat saring dan acuh taacuhkan. Minumlah air rebusan tersebut hingga habis dan ulangi secara teratur.

7. Mengatasi Mentruasi Tidak Teratur
 Mengatasi menstruasi tidak teratur menggunakan daun alpukat caranya sama dengan no. 6.

8. Menghilangkan Sariawan
Untuk mengatasi sariawan, cara menciptakan ramuannya yaitu siapkan beberapa lembar daun sariawan muda kemudian dicuci higienis. Setelah itu haluskan daun alpukat tersebut dan tempelkan pada penggalan yang bersariawan. Biarkan melekat selama 10 menit. Lakukan cara tersebut secara teratur sehari 3 kali.

9. Menghitamkan Rambut
Daun alpukat juga ternyata mampu mengakibatkan rambut menjadi hitam berkilau. Zat yang terkandung dalam daun alpukat mampu menciptakan rambut menjadi hitam berkilau kembali. Ambilah daun alpukat muda kemudian basuh higienis. Gunakan daun alpukat muda tersebut sebagai materi untuk keramas dengan cara menggosokan pada rambut secara merata. Biarkan selama 15 menit agar zat dalam daun alpukat meresap sempurna. Bilas dengan air sampai higienis dan memakai sampoo. Lakukan cara tersebut secara rutin agar rambut menjadi hitam berkilau.

Perhatian : Menurut beberapa mahir ada daun alpukat yang mengandung racun da nada daun alpukat yang bereaksi sehabis mengonsumsi dalam ukuran banyak. Kaprikornus semoga lebih aman kalau ingin memanfaatkan daun alpukat bagi kesehatan atau kecantikan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya aman.

 Daun alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sudah banyak bukti akan keuntungannya tersebut. Namun biar lebih maksimal konsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan daun alpukat untuk obat tradisional.

Tampilkan Komentar