Ciri Khusus Pada Tumbuhan Dan Fungsinya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 02, 2019
Ciri khusus pada tumbuhan dan fungsinya – Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang ada di alam semesta ini selain insan, hewan dan makhluk hidup lainnya. Anda semua pasti sudah banyak mengetahui perihal tumbuhan. Tumbuhan yang ada di dunia ini ada banyak sekali jumlahnya, bahkan kalau harus disebutkan satu persatu waktu satu hari tidak cukup untuk menyebutkannya. Hmmm, bisa dibayangkan tidak berapa banyak jumlah tumbuhan yang ada di dunia ini.

Bicara mengenai masalah tumbuhan, mendengar makna yang ada di atas, tentunya anda sekalian akan galau ketika anda harus mempelajari masalah tumbuhan. Kenapa demikian? Karena jumlahnya yang tidak sedikit, hal itu yang membuat insan menjadi mengalami kesusahan ketika mempelajari ilmu perihal tumbuhan.

Hmmm, sebetulnya anda sudah tidak perlu khawatir lagi pada ketika anda akan belajar perihal tumbuhan, karena orang orang ilmuwan telah mengpembagian terstruktur mengenai tumbuhan yang ada di dunia ini sesuai dengan jenis dan juga kelompoknya. Hal ini akan dapat membantu kita untuk mempermudah dalam mempelajari ilmu perihal tumbuhan.

Satu hal yang harus anda ketahui, bahwa selain telah dipembagian terstruktur mengenaikan tumbuhan yang hidup di dunia ini juga telah memiliki ciri ciri sendiri, dan hal itu juga akan memudahkan kita untuk mempelajarinya. Tahukah anda kalau tumbuhan tumbuhan yang hidup di dunia ini pada dasranya memiliki banyak manfaat untuk kita semua? Nah, pada kesempatan yang baik ini, saya akan mengulas seputar ciri khusus yang terdapat pada salah satu tumbuhan dan juga fungsinya.

Ciri khusus pada tumbuhan

Ciri khusus pada tumbuhan merupakan sebuah ciri yang khusus hanya dimiliki oleh tumbuhan itu saja, tanpa dimiliki oleh tumbuhan lain. Salah satu contoh tumbuhan yang memiliki ciri khusus merupakan tumbuhan kaktus. Tumbuhan kaktus memiliki ciri ciri khusus ialah :
  • Tumbuhan kaktus memiliki daun yang berupa duri duri kecil yang terdapat pada batang
  • Tumbuhan kaktus memiliki batang yang dilapisi oleh lilin 
  • Tumbuhan kaktus memiliki batang yang disusun dari jaringan spon 
  • Tumbuhan kaktus merupakan tumbuhan yang memiliki akar yang panjang

Ciri khusus tumbuhan dan fungsinya

Pada keterangan paling atas sudah saya terangkan bahwa pada kesempatan ini saya akan membahas perihal ciri khusus tumbuhan dan fungsinya. Diatas sudah saya berikan salah satu contoh tumbuhan yang memiliki ciri khusus. Contohnya merupakan tumbuhan kaktus. Nah, berikut ini merupakan makna perihal fungsi dari ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan kaktus.

Daun berduri yang dimiliki oleh tumbuhan kaktus berfungsi untuk mengurangi terjadinya penguapan. Lapisan lilin yang terdapat pada batang kaktus berfungsi untuk menghambat terjadinya proses penguapan. Hal ini dikarenakan supaya kandungan air yang ada di dalam batang supaya tidak cepat habis.

Jaringan spon yang tersusun pada batang kaktus dapat berfungsi untuk menyerap air yang telah dikumpulkan pada ketika hujan dan sekaligus digunakan untuk menyimpan air tersebut yang akan dijsaudara termudaan sebagai cadangan.akar panjang yang dimiliki oleh tumbuhan kaktus berfungsi untuk menyerap zat hara dan juga menyerap air yang terdapat di dalam tanah.

Tampilkan Komentar