Cara Mengatasi Flek Hitam Di Wajah

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 18, 2019
 Wajah yaitu potongan dari tubuh yang sangat berarti bagi seseorang terutama bagi penampilan. Yang pertama dikenali dari seseorang ialah cuilan wajahnya. Karena itu perawatan wajah juga sangat diharapkan baik itu secara tradisional maupun secara modern yang tentunya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jika kita mengulas mengenai perkara yang terjadi pada wajah sangat banyak sekali baik itu yang beresiko kecil ataupun yang beresiko tinggi bagi wajah. Salah satu yang sering menjadi kasus pada wajah salah satunya adalah flek hitam. Flek hitam ini sangat mengganggu sekali lantaran menciptakan wajah menjadi kusam serta kurang bersinar. 


  Flek hitam memang tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, akan tetapi flek hitam ini sangat mengganggu dan sering menjadi salah satu masalah kesehatan wajah yang menyeramkan bagi sebagian besar orang terutama wanita. Flek hitam ini merupakan suatu keadaan dimana kulit wajah terdapat bintik bintik hitam. Flek hitam ini bukan terjadi begitu saja melainkan ada penyebabnya. Banyak sekali yang menyebabkan wajah terkena flek hitam namun secara garis besar flek hitam terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan wajah. Udara kotor juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya flek hitam. 


 Berikut beberapa penyebab lain flek hitam di wajah :

  • Bekas bisul
  • Kulit sensitif
  • Makanan yang kurang baik
  • Polusi udara
  • Kesehatan wajah kurang terjaga

 Karena flek hitam sering terjadi di penggalan wajah maka tidak sedikit juga yang rela mengeluarkan biaya yang mahal untuk mengobati plek hitam tersebut. Selain itu di Pasaran juga banyak sekali beredar aneka macam produk untuk mengobati kasus flek hitam. Namun berbagai produk tersebut tidak seratus persen kondusif untuk dipakai. Tidak sedikit produk yang dijual di Pasaran merupakan barang ilegal yang kualitasnya diragukan bahkan bisa berakibat lebih parah. Untuk itu biar aman serta hasilnya memuaskan tidak ada salahnya untuk mencoba cara alami dalam mengatasi flek hitam tersebut. Pengobatan secara alami sudah banyak dilakukan serta balasannya memuaskan.

 Berikut cara mengatasi flek hitam dengan bahan alami :

1. Berwudhu untuk yang muslim
 Umat muslim bila ingin menunaikan ibadah sholat, membaca al qur’an diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu supaya terhindar dari kadast kecil. Berwudhu dalam agama islam diartikan sebagai suatu cara untuk menghilangkan hadast kecil dari badan sehingga badan terbebas dari hadast kecil. Berwudhu terdiri dari beberapa belahan yang salah satunya yaitu membasuh muka. Dengan seringnya berwudhu diyakini mampu mengatasi aneka macam masalah kesehatan wajah yang salah satunya yaitu menghilangkan flek hitam. 

2. Dengan bawang merah
 Masalah flek hitam pada wajah juga bisa diobati menggunakan jus dari bawang merah. Bawang merah ini sanggup menghilangkan bintik bintik hitam pada wajah serta memutihkan kulit lantaran bawang merah memiliki asam yang mampu memutihkan kulit. Siapkan bawang merah secukupnya dan kupas kulit potongan luarnya. Setelah itu blender bawang merah tersebut hingga halus untuk dibuat jus. Jika sudah halus tuangkan pada wadah. Oleskan jus bawang merah tersebut secara merata pada cuilan wajah memakai bola kapas. Biarkan selama kurang lebih 10 menit lalu cuci bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur sehingga alhasil maksimal.

3. Dengan pepaya
 Buah pepaya sangat baik untuk mengatasi aneka macam kasus kesehatan kulit terutama dibagian wajah mulai dari kasus bisul, komedo sampai masalah plek hitam. Pepaya yang digunakan pada umumnya ialah pepaya yang sudah matang. Namun untuk mengatasi bintik bintik hitam di wajah (plek hitam) pepaya yang digunakan yaitu pepaya yang masih muda. Caranya siapkan pepaya muda secukupnya kemudian diparut. Gosoklah penggalan muka yang terdapat plek hitam dengan parutan pepaya tersebut secara merata serta biarkan selama 25 menit. Bilas dengan air hingga bersih dan lakukan secara rutin dan teratur supaya karenanya maksimal.

4. Dengan jus tomat
 Cara jitu selanjutnya untuk mengatasi plek hitam di wajah yaitu menggunakan jus tomat. Tomat banyak sekali mengandung vitamin yang mampu mencerahkan serta menjaga kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari jus tomat sebagai obat plek hitam sangatlah muda. Tomat yang sudah di jus ditambahkan air perasan jeruk lemon kemudian diaduk sampai rata. Oleskan jus tomat tersebut pada pecahan wajah secara merata dan biarkan beberapa menit supaya menyerap sempurna. Bilas dengan air sampai higienis atau memakai pembersih wajah. Agar akhirnya maksimal lakukan cara tersebut setiap hari secara rutin.

5. Menggunakan pengecap buaya
 Lidah buaya memang sangat populer akan keuntungannya bagi kesehatan rambut. Nutrisi yang banyak terkandung dalam lidah buaya mampu menjaga kesehatan rambut dengan baik. Namun selain sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut, lidah buaya juga mempunyai manfaat yang tidak kalah baiknya sebagai obat penghilang plek hitam di wajah. Cara penggunaannya adalah dibentuk sebagai masker wajah. Siapkan pengecap buaya secukupnya lalu cuci sampai bersih. Setelah itu lidah buaya tersebut diparut dan dicampur dengan minyak zaitun. Aduk sampai menyatu kemudian oleskan masker lidah buaya tersebut pada serpihan wajah secara merata. Setelah 5 menit kemudian bilas dengan air sampai higienis dan lakukan secara teratur.

6. Menggunakan bengkoang
 Bengkoang memang sudah tidak asing lagi akan keuntungannya bagi kesehatan wajah. Untuk mengatasi kasus plek hitam pada wajah menggunakan bengkoang caranya sangat praktis serta sederhana. Siapkan 1 buah bengkoang sebesar kepalan tangan atau lebih kemudian buang kulitnya. Cuci bersih lalu parutlah semua bengkoang tersebut. Oleskan parutan bengkoang tersebut pada penggalan wajah yang terdapat flek hitam secara merata. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan setiap hari secara teratur sampai flek hitamnya hilang secara maksimal.

7. Menggunakan buah jeruk
 Cara alami lainnya untuk mengatasi flek hitam ialah menggunakan buah jeruk. Buah jeruk merupakan salah satu buah-buah sebagai sumber vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga buah jeruk sanggup mengatasi perkara flek hitam diwajah. Selain itu juga buah jeruk akan mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati. Caranya potong buah jeruk secara tipis. Setelah itu tempelkan irisan buah jeruk tersebut pada bagian wajah yang terdapat flek hitamnya. Biarkan beberapa menit lalu cuci sampai bersih. Penggunaan buah jeruk ini sangat cocok untuk usia di atas 40 tahun alasannya adalah sel sel kulit mati dapat terangkat.

8. Menggunakan mentimun
 Satu lagi yang tidak ajaib lagi untuk mengatasi kasus kesehatan wajah yaitu mentimun. Mentimun ini memiliki nilai tambah yaitu mampu melembabkan kulit wajah. Cara penggunaannya sama seperti penggunaan buah jeruk yaitu mentimun dipotong tipis tipis kemudian ditempelkan pada potongan wajah yang ada flek hitamnya. Lakukan pengobatan memakai mentimun ini secara rutin dan teratur.

 Itulah artikel yang bisa disampaikan mengenai Cara Mengatasi Flek Hitam Secara Alami. Jika ada kekurangan dalam penulisan silahkan ditambahkan pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah. Kunjungi juga artikel terkait lainnya mengenai Manfaat Tanaman Anthurium Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tampilkan Komentar