Cara Mengatasi Dengkuran Saat Tidur

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 16, 2019
Tidur merupakan salah satu hal yang selalu dilakukan setiap hari dan merupakan saat untuk mengistirahatkan tubuh dari aneka macam aktivitas. Kekurangan tidur mampu menyebabkan banyak sekali hal yang negatif bagi tubuh. Tidur kurang bisa terjadi lantaran aneka macam hal dan salah satunya yaitu bila kita tidur mendengkur ataupun jikalau kita tidur dengan sahabat, anak atau siapapun namun orang tersebut tidurnya mendengkur. Hal itu bisa menjadi salah satu penyebab tidur terganggu karena bunyi dengkuran tersebut membuat tidur tidak nyaman. Pada artikel kali ini akan dibahas ihwal penyebab mendengkur saat tidur beserta cara mengatasinya secara alami.

Penyebab, Cara Mengatasi Dengkuran Saat Tidur
Penyebab, Cara Mengatasi Dengkuran Saat Tidur

Masalah mendengkur ketika tidur merupakan salah satu yang menimbulkan tidur terganggu serta kurang nyaman. Kebanyakan penderita mendengkur saat tidur ialah orang yang usianya sudah lanjut. Hal itu disebutkan oleh sebuah penelitian yang menyampaikan bahwa orang yang usianya sudah lanjut cenderung lebih mudah mengalami perkara dengkuran ketika tidur dibandung orang cukup umur ataupun bawah umur. Fakta tersebut dikuatkan lantaran otot-otot tenggorokan usia yang sudah lanjut kekencangannya berkurang sehingga susukan pernafasan pada tenggorokan mengalami penyempitan. Penyempitan kanal pernafasan menimbulkan proses pernafasan terhambat sehingga mengeluarkan bunyi yang sering disebut dengan dengkuran. Dengkuran saat tidur sendiri diartikan sebagai suatu keadaan dimana ketika tidur mengeluarkan suara yang diakibatkan lantaran adanya gangguan susukan pernafasan yaitu terjadi getaran pada jaringan akses pernafasan cuilan atas.

Pada dasarnya perkara dengkuran sendiri terbagi kedalam beberapa jenis sesuai dengan kondisi serta teladan dari dengkuran itu sendiri. Dengkuranyang terjadi dikala tidur mulai dari jenis yang ringan hingga dikategorikan jenis dengkuran berat. Berikut merupakan jenis-jenis dengkuran antara lain :
- Saat tidur terlentang : Jenis ini tergolong kedalam jenis dengkuran ringan
- Mulut Terbuka : Jenis ini diakibatkan karena adanya gangguan pada jaringan tenggorokan
- Mulut Tertutup : Jenis ini diakibatkan karena perkara pada pengecap
- Semua Posisi Tidur : Jenis ini tergolong kedalam jenis dengkuran parah dan harus mendapatkan penangan.

Pada jaman modern sekarang ini, banyak sekali alat maupun obat-obatan yang banyak diperjualbelikan di pasaran untuk mengatasi kasus dengkuran ketika tidur. Namun, semua itu belum mampu dipastikan akan keuntungannya yang akurat. Selain itu ada juga cara-cara alami yang mampu menjdai solusi untuk mengatasi kasus dengkuran saat tidur. Cara alami ini dianggap efektif dan mampu membantu mengurangi kasus dengkuran yang terjadi. Cara alami ini pula bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal maupun pembinaan khusus.

Berikut Penyebab Timbulnya Dengkuran Saat Tidur

1. Terjadi Gangguan Pada Hidung
Adanya gangguan pada hidung merupakan salah satu yang mampu menjadi penyebab seseorang mengalami tidur mendengkur. Gangguan-gangguan tersebut yang yang bisa menyebabkan terjadinya tidur mendengkur antara lain terjadinya penyakit polip pada hidung, alergi, kelainan bentuk pada hidung, ataupun hal lainnya yang bisa mengganggu hidung. Dengan adanya ganguan pada hidung maka udara yang dihirup maupun yang dikeluarkan tidak bisa berjalan normal dan berkibat timbulnya dengkuran.

2. Obesitas Atau Kelebihan Berat Badan
Keadaan dimana seseorang memiliki berat badan yang lebih juga mampu menjadi penyebab timbulnya mendengkur dikala tidur. Hal itu dikarenakan orang yang mempunyai berat tubuh yang lebih memiliki jaringa lemak yang sangat tinggi serta otot pada tubuh lemah sehingga mengakibatkan terjadinya mendengkur dikala tidur. Selain itu juga kelebihan berat badan akan mengalami pembesaran jaringan tenggorokan sehingga akses pernafasan mengalami penyempitan maka timbulah mendengkur ketika tidur.

3. Gaya Hidup Yang Kurang Sehat
Kebiasaan hidup yang kurang sehat juga mampu menjadi kepingan dari penyebab timbulnya seseorang mengalami kasus mendengkur dikala tidur. Banyak sekali pola hidup kurang sehat yang sering dilakukan bahkan tidak menghiraukan dampak yang ditimbulkannya. Merokok merupakan kebiasaan yang tidak sehat bagi tubuh meskipun sudah tertera efek yang bakal ditimbulkan bagi kesehatan pada bungkus rokok tersebut namun tetap saja tidak dihiraukan. Merokok juga bisa mengakibatkan terjadinya mendengkur dikala tidur karena efeknya mampu menimbulkan peradangan tenggorokan. Selain rokok mengonsumsi minuman beralkohol juga menjadi salah satu contoh hidup yang kurang sehat yang bisa memicu mendengkur saat tidur.

4. Usia
Kekencangan otot-otot tenggorokan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Sehingga orang yang usianya tidak lagi muda cenderung lebih banyak mengalami kondisi mendengkur dikala tidur dibandingkan dengan orang yang usianya masih muda. Maka faktor usia menjadi salah satu penyebab seseorang mendengkur dikala tidur.

5. Kondisi Fisik
Pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa pria cenderung lebih banyak mengalami mendengkur dikala tidur dibandingakn dengan perempuan. Hal itu diakibatkan karena saluran pernafasan laki-laki lebih sempit dibanding dengan wanita. Sehingga laki-laki lebih banyak mengalami mendengkur saat tidur dibandingkan dengan wanita.

Pada dasarnya mendengkur selalu dianggap hal yang wajar-wajar saja dan jarang penderitanya untuk melaksanakan tindakan bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Padahal mendengkur saat tidur mampu diatasi dengan cara-cara alami yang bisa dikategorikan mudah serta mampu dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke dokter maupun ke rumah sakit dengan biaya yang mahal. Cara alami ini bisa dibilang pengaruhtif dan sanggup mengatasi perkara mendengkur ketika tidur.

Berikut Cara-Cara Alami Mengatasi Mendengkur Saat Tidur

1. Senam Tenggorokan
Pada dasarnya mendengkur terjadi akibat adanya gangguan ditenggorokan yaitu adanya penyempitan saluran pernafasan ditenggorokan. Untuk mengembalikan kondisi tersebut ke kondisi normal yaitu dengan cara senam tenggorokan. Senam tenggorokan ini lakukan sebelum kita akan tidur. Caranya adalah pertama-tama buka lisan selebar mungkin lalu salah satu rahang direnggangkan ke salah satu sisi dengan cara dipegang kurang lebih selama 25-30 menit. Jika sudah selesai lakukan juga hal yang sama pada rahang yang lainnya. Julurkan juga lidah semaksimal mungkin sesudah melakukan perenggangan rahang. Lakukan senam tenggorokan tersebut secara rutin dan teratur pada ketika akan tidur.

2. Mengatur Posisi Tidur
Cara selanjutnya untuk mengatasi mendengkur saat tidur yaitu dengan mengatur posisi tidur. Pada saat tidur terlentang mulut akan cenderung terbuka. Nah pada ketika itu pengecap akan terdorong kedalam tenggorokan sehinga terjadi penyumbatan susukan pernafasan. Jika sudah demikian secara otomatis maka akan timbul mendengkur. Untuk mengatasi hal tersebut cobalah rubah posisi tidur dengan cara tidur menyamping. Tidur menyamping akan mampu mengatasi masalah tidur mendengkur karena tidur menyamping ekspresi tidak akan terbuka seolah-olah ketika tidur terlentang.

3. Menurunkan Berat Badan
Umumnya orang yang mendengkur saat tidur adalah orang yang mempunyai berat tubuh lebih atau kegemukan. Untuk mengatasi perkara mendengkur ketika tidur cobalah dengan menurunkan berat tubuh. Banyak cara untuk menurunkan berat badan seakan-akan olahraga, diet, mengatur teladan makan dan lain-lain. Dengan mengurangi berat badan secara otomatis lemak yang ada dalam tubuh akan berkurang sehingga pembuluh darah tidak mengalami penyempitan. Lakukan penurunan berat tubuh seideal mungkin sehingga perkara mendengkur ketika tidur dapat teratasi dan anda bisa tidur dengan hening serta nyaman.

4. Berhenti Merokok
Untuk orang yang suka merokok cobalah untuk berhenti merokok. Itu mampu menjadi salah satu cara supaya terbebas dari masalah mendengkur dikala tidur. Efek merokok memang sangat banyak sekali dan salah satunya yaitu bisa mengakibatkan iritasi pada selaput hidung serta tenggorokan. Akibat iritasi tersebut maka akan berakibat terjadinya penyempitan saluran pernafasan dan ujungnya menyebabkan kasus saat tidur yaitu mendengkur. Maka dari itu berhentilah merokok biar tidak terjadi iritasi yang menyebabkan mendengkur.

5. Stop Minum Alkohol
Cara lain untuk mengatasi perkara mendengkur saat tidur yaitu berhenti minum minuman beralkohol bagi yang suka meminum minuman beralkohol. Alkohol mampu menciptakan otot-otot tenggorokan kurang kekencangannya serta berakibat menyempitnya saluran pernafasan. Oleh karena itu berhenti minum minuman yang mengandung alkohol dan anda dapat menggantinya dengan minuman sehat seakan-akan jus dan yang lainnya.

6. Menghirup Uap Air Sebelum Tidur
Coabalah menghirup uap air sebelum tidur supaya terhindar dari masalah mendengkur saat tidur. Cara ini dilakukan sebelum akan tidur dan dianggap sangat pengaruhtif. Caranya sangat mudah yaitu ambilah handuk kemudian basahi dengan air hangat atau agak panas. Dekatkan handuk tersebut pada hidung serta hiruplah uap airnya. Lakukan kurang lebih selama 10-15 menit. Cara ini dapat membantu membersihkan rongga hidung dari lendir. Karena lendir merupakan salah satu penyebab yang menyumbat kanal pada hidung.

7. Mengatur Posisi Kepala Saat Tidur
Posisi kepala ketika tidur juga bisa menghipnotis seseorang mendengkur ketika tidur. Cobalah untuk menaikan kepala lebih tinggi dari badan dikala tidur. Cara ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi perkara mendengkur dikala tidur. Denga posisi kepala lebih tinggi dari tubuh akan mempermudah pengecap mendorong ke depan. Dengan demikian tidak akan terjadi penyumbatan terusan pernafasan dikala tidur dan terhindar dari perkara mendengkur saat tidur.

8. Olahraga Teratur
Rajin berolahraga bisa juga mengatasi kasus mendengkur ketika tidur. Hal ini dikarenakan dengan berolahraga akan membantu mengencangkan otot-otot tenggorokan dan otot terusan pernafasan lainnya. Olahraga ini juga mampu menurunkan berat badan yang menjadi salah satu penyebab timbulnya dengkuran. Kaprikornus dengan berolahraga secara teratur mampu mengencangkan otot-otot saluran pernafasan serta mampu menurunkan kasus berat badan. Sehingga kasus dengkuran dapat teratasi.

9. Mengontrol Udara Saat Tidur
Usahakan udara dalam kamar selalu terjaga kelembabannya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi masalah dengkuran. Untuk menjaga kelembabaan udara pastikan pentilasi udara berfungsi dengan baik. Karena jika udara dalam kamar kering sangat besar lengan berkuasa terhadap timbulnya masalah dengkuran saat tidur.

Mendengkur saat tidur memang bukan suatu masalah yang berbahaya seolah-olah penyakit jantung atau lainnya. Namun, mendengkur dikala tidur menciptakan tidur tidak nyaman baik bagi si penderita maupun orang lain yang tidur berdekatan. Karena suara dengkuran mengganggu kualitas tidur. Tidur tidak akan nyaman serta menciptakan kualitas tidur tidak maksimal. Cobalah cara-cara alami diatas untuk mengatasi perkara dengkuran ketika tidur. Jika cara-cara alami diatas kurang dampaktif konsultasilah ke dokter. Semoga artikel yang dimuat kali ini bermanfaat dan selamat mencoba cara- cara diatas yang telah disebutkan. Baca juga artikel menarik lainnya perihal Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan.

Tampilkan Komentar