Buah Dan Sayuran Penurun Kolesterol

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 19, 2019
Sebelum membahas lebih jauh ihwal aneka macam kuliner yang bias menurunkan koleterol jahat dalam tubuh, sedikit kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu kolesterol. Apakah kolesterol ada yang baik bagi badan?.
Dalam istilah kesehatan, kolesterol diartikan sebagai lemak yang terdapat dalam darah yang diperlukan oleh tubuh. Kolesterol sendiri merupakan hasil yang didapat dari berbagai asupan makanan maupun dari hasil secara alami. Namun kolesterol sendiri jikalau terlalu banyak dalam tubuh bisa membahayakan tubuh.

Buah Dan Sayuran Penurun Kolesterol
Buah Dan Sayuran Penurun Kolesterol

Kolesterol sendiri terdiri dari 2 macam yaitu kolesterol jenuh dan kolesterol tak jenuh atau kolesterol baik dan jahat. Kolesterol jahat merupakan kolesterol yang sering memicu terjadinya berbagai penyakit seperti stroke ataupun serangan jantung. Kolesterol jahat ini sering disebut dengan sebutan LDL. Sedangkan kolesterol baik merupakan kolesterol yang berbanding terbalik dengan kolesterol jahat dan kolesterol baik sering disebut dengan HDL. HDL ini berfungsi dalam absorpsi asam lemak dalam tubuh.

Pada dasarnya semua yang berlebih kemungkinan besar tidak baik, begitupun dengan kolesterol. Jika kolesterol yang terkandung dalam badan terlalu banyak maka kemungkinan-kemungkina timbul berbagai penyakit yang dianggap berbahaya cenderung terjadi. Kolesterol yang berlebih dalam badan bisa menyumbat arteri lantaran kolesterol tersebut akan menumpuk dalam arteri. Jika sudah demikian maka pasokan darah keseluruh badan mampu terganggu bahkan mampu sampai terhambat. Penyakit stroke ataupun serangan jantung bisa terjadi kalau sudah dalam kondisi tersebut.

Untuk menghindari penumpukan-penumpukan kolesterol dalam badan atau dengan kata lain untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh hal harus diperhatikan adalah asupan makanan dalam tubuh. Karena faktor utama peningkatan kolesterol dalam badan yaitu dari kuliner. Banyak sekali kuliner-makanan yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol secara cepat.

Jika ingin terhindar dari kolesterol jahat ataupun menurunkan kadar kolesterol dalam badan biasanya dilakukan dengan cara mengonsumsi obat tertentu ataupun pergi ke dokter. Namun ternyata, ada juga cara yang lebih alami serta kondusif bagi kesehatan yaitu dengan cara mengonsumsi kuliner yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut merupakan beberapa kuliner yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu kuliner yang baik dikonsumsi serta bisa menurnkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dalam kacang-kacangan terkandung serat yang cukup tinggi yang baik bagi badan. Selain itu, serta yang terkandung dalam kacang-kacangan simpel larut dibandingakan dengan serat yang terkandung dalam jenis lainnya. Maka dari itu konsumsilah kacang-kacangan setiap hari secara teratur semoga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak sekali olahan kuliner yang sering dikonsumsi yang bahan utamanya menggunakan kacang-kacangan. Namun mengonsumsi kacang-kacangan untuk menurunkan kadar kolesterol lebih baik jika tanpa memakai bumbu seakan-akan garam dan sebagainya.

2. Alpukat
Alpukat termasuk kedalam salah satu buah yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam badan. Meskipun buah alpukat mempunyai kadar kandungan lemak yang cukup tinggi. Kadar lemak yang terkandung dalam alpukat tersebut adalah lemak tak jenuh yang baik bagi badan. Dengan mengonsumsi alpukat secara teratur maka akan menekan kolesterol jahat. Selain itu, alpukat sendiri mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh sehingga menjaga arteri tetap sehat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, alangkah baiknya jikalau mengonsumsi buah alpukat dikombinasikan dengan buah atau sayuran lainnya. Hal ini bertujuan supaya kadar lemak dalam alpukat bisa ditekan.

3. Bawang Putih
Mengonsumsi bawang putih secara teratur juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.Kandungan yang terdapat dalam bawang putih mampu membantu menurunakan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kita besar lengan berkuasa, mengonsumsi bawang putih secara langsung akan mendapat hasil lebih maksimal dibandingkan dengan mengonsumsi bawang putih dengan cara dimasak atau dipakai bumbu kuliner. Konsumsilah bawang putih secara teratur biar kolesterol dalam badan bisa dikurangi kadarnya.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang banyak sekali keuntungannya bagi kesehatan badan dan salah satunya yaitu sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun diantaranya yaitu vitamin E serta asam lemak tak jenuh. Dengan mengonsumsi minyak secara teratur sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan secara signifikan. Cara mengonsumsi minyak zaitun bisa dilakukan dengan berbagai cara serta mampu dipadukan dengan bhan makan.

5. Tomat
Likopen yang terkandung dalam buah tomat cukup tinggi. Likopen tersebut merupakan zat yang mampu menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh yaitu menjaga tubuh dari serngan jantung serta penyakit stroke. Selain itu ada juga kandungan lainya sanggup berperan sebagai penurun kolesterol yaiti vitamin B serta kalium. Dengan mengonsumsi tomat setiap hari secara teratur sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Untuki menerima hasil yang lebih maksimal dari tomat tersebut sebaiknya teomat tersebut dimasak terlebih dahulu semoga peresapan likopen oleh tubuh lebih simpel. Tomat yang dikonsumsi juga usahakan tomat yang sudah matang.

6. Ikan salmon
Omega 3 juga mampu menjadi salah satu zat yang sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sementara untuk menaikan kolesterol baik dalam tubuh dibutuhkan zat yang dinamakan trgliserida. Ke-2 zat tersebut terkandung dalam ikan salmon dengan kandungan yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur, selain mampu mencerdaskan otak juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Jadi alangkah baiknya jika kita mengakibatkan ikan salmon sebagai lauk-pauk dalam kehidupan sehari-hari.

7. Delima
Dalam sebuah penelitian di sebuah laboratirium menyebutkan bahwa kandungan zat dalam buah delima mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah delima dapat membantu memperlancar arteri yang tersumbat oleh kolesterol jahat serta mampu menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh. Untuk mengonsumsi buah delima alangkah baiknya jika buah delima tersebut dibuat jus.

8. Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran yang mampu menjaga kesehatan jantung. Zat yang terkandung dalam bayam akan melindungi jantung dari lemak yang melekat pada arteri. Konsumsilah bayam dengan cara dibentuk sayur secara teratur.

9. Jambu Merah
Zat yang terkandung dalam jambu merah seolah-olah vitamin C, vitamin E, selenium, karotenoid mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Penurunan kadar kolesterol jahat dalam badan dengan mengonsumsi buah jambu merah secara teratur diyakini akan menerima hasil yang maksimal serta cepat. Hal itu diakibatkan buah merah mengandung banyak sekali zat yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan cukup tinggi. Jambu merah juga mengandung zat likopen yang terdapat pada buah tomat sehingga jambu merah memiliki khasiat yang baik. Cara memanfaatkan buah jambu merah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh mampu dengan cara dibuat jus.

10. Teh
Minum teh saat pagi hari memang memiliki kepuasan tersendiri. Namun ternyata, selain itu minum the juga sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Kandungan zat seakan-akan flavonoid mampu menjadi salah satu zat yang menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan.Teh juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan serta mengandung serta yang cuckup tinggi. Kaprikornus bagi anda penggemar teh nikmatilah rasa serta manfaat dari the tersebut.

11. Blueberry
Blueberry memang tidak seterkenal buah anggur atau strawberry. Namun buah ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Buah blueberry sanggup mengatasi berbagai kasus yang menyerang tubuh dan salah satunya ialah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Dalam buah blueberry ada yang dinamakan dengan senyawa Pterostilbene yaitu suatu senyawa yang terdapat pada buah blueberry yang sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah blueberry ini mempunyai cara kerja yang sama cepat dengan obat kimia yang dijual. Kelebihan dari buah blueberry dengan obat kimia ialah buah blueberry tidak mempunyai pengaruh samping yang berarti yang membahayakan tubuh. Konsumsilah buah blueberry segar secara teratur supaya kolesterol jahat dalam badan dapat berkurang.

12. Coklat
Siapa yang tidak tahu coklat serta siapa yang tidak menyukainya. Hamper semua orang menyukai coklat lantaran rasanya yang cantik serta nikmat. Dalam rasa coklat yang nikmat tersebut ternyata tersimpan manfaat yang baik yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Manfaat coklat sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam tubuh sangat baik dikarenakan coklat mengandung zat flavonoid serta coklat sanggup menjadi antioksidan yang baik bagi badan.

13. Jeruk Nipis
Pada kenyataannya jeruk nipis banyak dimanfaatkan sebagai suplemen dalam bumbu kuliner ataupun penghilang rasa busuk. Padahal jeruk nipis bisa menjadi salah satu buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Senyawa dalam jeruk nipis yaitu senyawa flavonoid sanggup menjaga kesehatan jantung karena mampu menghambat kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsilah jeruk nipis secara teratur untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Cara pemanfaatan jeruk nipis yaitu ambilah satu buah jeruk nipis lalu iris tipis. Setelah itu masukan irisan jeruk nipis tersebut dalam gelas berisi air air panas dan biarkan selama setengah jam. Minumlah air tersebut 2 kali sehari secara teratur.

14. Mangga
Selain rasanya yang khas dan anggun, jeruk nipis juga bisa menjadi salah satu solusi buah-buahan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Cara pemanfaatanya cukup simpel tinggal dimakan secara langsung. Berbagai kandungan dalam buah mangga bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Zat kandungan tersebut antara lain vitamin C, serat, dan masih banyak lagi zat lainnya yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan.

15. Apel
Siapa yang tidak kenal buah apel. Buah yang satu ini memang banyak sekali penggemarnya karena buah dan rasanya sangat khas sekali. Buah apel juga mengandung banyak sekali zat yang mempunyai fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan. Mengonsumsi buah apel berarti membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan secara alami.

16. Anggur
Buah anggur juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah anggur memiliki kandungan zat yang sama yaitu senyawa flavonoid. Dengan mengonsumsi buah anggur baik secara pribadi atau dibuat jus secara teratur bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan.

Kolesterol berlebih dalam tubuh memang tidak baik bagi kesehatan lantaran mampu berdampak timbulnya berbagai penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit yang berbahaya. Untuk itu atasilah sedini mungkin supaya kolesterol dalam badan tidak berlebih terutama kolesterol jahat. Untuk mengatasi biar kolesterol dalam badan tidak berlebih cobalah salah satu makanan yang sudah dijelaskan diatas. Karena makanan-makanan tersebut diyakini sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam badan.

Tampilkan Komentar